Berkah Google dan HTC Rujuk, Nexus 9 Dapatkan Speaker BoomSound

Nexus-9-1

Kemarin Google mengadakan event media, dan seperti yang sudah banyak diduga sebelumnya, mereka mengkonfirmasikan Google Nexus 6, tablet Nexus 9, merilis (dan merubah nama) Android L sebagai Android 5.0 Lollipop (baca: Android L), serta menjadi yang paling baru, adalah Nexus Player. Nexus Player menjadi perangkat Android TV resmi pertama yang dirilis Google, dan seperti perangkat mereka lainnya, Google menyerahkan pada OEM untuk memproduksi.

Nexus-9-7

Ada nama ASUS di sana. Sedangkan untuk Nexus 6 seperti yang kami laporkan sebelumnya, diproduksi oleh Motorola Mobility (baca: iPhone 6 Plus Tidak Sendirian, Google Diduga Siapkan Nexus 6 Dengan Ukuran Jumbo). Untuk Nexus 9 (baca: Nexus 6 Dibatalkan Untuk Android Silver, Kini Google Juga Siapkan Nexus 9?), kita menyambut kembali HTC, yang sempat absen menggarap gadget Nexus sejak terakhir mereka memberikan Nexus pertama, Nexus One / HTC Passion awal 2010 lalu.

Nexus-9-3

Setelah Nexus 6 yang kami ulas di artikel sebelumnya, giliran Nexus 9. Tablet ini sudah lama dirumorkan eksis, dan juga sudah diketahui siapa produsennya. Awalnya dikenal sebagai HTC Volantis, Nexus 9 menjadi Nexus kedua yang menjalankan chipset nVidia setelah Nexus 7 pertama yang dirilis tahun 2012 lalu. Google memilih chipset nVidia Tegra K1, sehingga menjadikan keseluruhan kinerjanya seharusnya setara dengan SHIELD Tablet-nya nVidia.

Nexus-9-2

Bahkan dimensi layarnya tidak terlalu berbeda dibandingkan SHIELD Tablet yang 8-inchi (baca: Tablet nVidia). Google dan HTC memilih dimensi layar 8.9-inchi. Yang paling menarik, dengan prosesor tersebut, Nexus 9 ini berkesempatan merasakan game-game eksklusif Tegra K1 (baca: nVidia Siapkan Banyak Game yang Optimalkan Tegra K1 Untuk Shield Tablet). Nexus 9 akan tersedia pada 3 November 2014 mendatang, dengan pilihan internal storage 16 GB dengan harga US$399 (sekitar Rp. 4,9 jutaan) dan 32 GB dengan harga US$479 (sekitar Rp. 5.9 jutaan). Detail spesifikasi Nexus 9 ini sendiri bisa kalian lihat di bawah ini:

Nexus-9-4

  • Layar: Dimensi 8.9-inchi bermaterial  LCD IPS, resolusi QXGA (1536 x 2048 – pixel), dengan aspect ratio 4:3 seperti tipikal iPad, berpelindung Gorilla Glass 3
  • Prosesor: 64-bit NVIDIA Tegra K1, Quad-Core  2.3GHz
  • RAM: 2GB LPDDR3 dengan bandwith 12.8 GB/s
  • Kamera (belakang): 8-megapixel, dengan bukaanf/2.4, Auto-focus, ada flash LED, merekam video Full HD (1080p)
  • Kamera (depan): 1.6-megapixel, dengan bukaan lensa f/2.4, merekam video HD 720p
  • Internal Storage: 16GB atau 32GB
  • Kapasitas baterai: 6700-mAh
  • Sensor: GPS, Ambient light sensor, Gyroscope, Accelerometer, Magnetometer, Barometer
  • Konektivitas: 3.5 mm combo headphone/microphone jack, Bluetooth 4.1, Wi-Fi (802.11b/g/n/ac @ 2.4 GHz & 5 GHz Dual-band) (MIMO+HT40), Micro-HDMI, dual-side NFC, Micro USB 2.0, docking pin
  • Dimensi: 153.68 × 228.25 × 7.95 mm
  • Berat: 425 gram untuk versi WiFi, 436 gram untuk versi 4G LTE
  • OS: Android 5.0 Lollipop

Nexus-9-5

Google dan HTC juga menydiakan docking keyboard khusus yang terhubung pada docking pin-nya. Kemudian seperti HTC baru lainnya, ada dua corong speaker meghadap depan dan diproses dengan output BoomSound. Pre-order juga dimulai 17 Oktober besok, atau sehari setelah event Apple yang bakal mengkonfirmasikan Apple iPad barunya yang rencananya berlangsung malam ini. Ada tiga pilihan warna yang bisa dipesan untuk tablet 9-inchi ini.

Nexus-9-8

Berbeda dengan rumor sebelumnya yang menduga Nexus 9 menggunakan material aluminium, ternyata yang resmi ini tidak. namun material plastik polycarbonate-nya tetap terlihat seperti aluminium yang disikat — dan yang terpenting, profilnya tetap saja sangat tipis! Sisi belakangnya memiliki permukaan lembut yang menambah cengkeraman selama menggenggamnya, serta konstruksi melengkung (pada ujung-ujungnya) yang sama seperti Nexus 7 dan Nexus 5.

Nexus-9-9

Nexus 9 juga memiliki fitur charge cepat (Turbo Charging) seperti Nexus 6. Kemudian fitur keren lainnya yang dibenamkan Google ke dalam Android 5.0 Lollipop, adalah opsi ketut dua kali untuk membangunkan layar (ya, seperti LG, Oppo dan Huawei), serta juga ada fungsi perintah “Ok Google!” yang bisa diaktifkan meskipun layarnya dalam posisi “off” (seperti milik Motorola Moto X).

Nexus 9: For movers and makers

Berkah Google dan HTC Rujuk, Nexus 9 Dapatkan Speaker BoomSound

Prosesornya pun Tegra K1, cocok menjadi pilihan gadget baru para mobile gamer...

Abaikan

Sumber: Google (12)


SHARE
Previous articleGoogle Nexus 6 Seperti Permen Lollipop Raksasa Dengan Nilai 8 Jutaan!
Next articleNexus Player Bisa Menjadi Konsol Game Pertama Google, Tapi Bentuknya Bikin Ilfil

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.