Era Kreatif Sudah Didepan Mata, Terima Kasih Bu Mari Elka Pangestu

parekraf

Industri kreatif Indonesia patut berbangga dan bersyukur telah mendapatkan kesempatan berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Selama masa yang sedemikian singkat, kementerian yang satu ini telah menaruh pondasi bagi industri kreatif Indonesia. Tidak main main, selama masa yang biasanya hanya cukup untuk belajar tersebut, kementerian ini telah mencetuskan beberapa kegiatan yang sukses seperti pekan produk kreatif indonesia dan kota kreatif.

Salah satu pencapaian lain yang perlu kita garis bawahi adalah perhatian kementerian yang satu ini terhadap masa depan industri kreatif. Bentuk perhatiannya adalah adalah penciptaan rencana induk industri kreatif yang mewadahi semua subsektor. Berbeda dengan produk pemerintah yang biasanya disusun secara seadanya, kali ini parekraf melibatkan stakeholder masing masing industri untuk bukan hanya memberikan masukan–tapi ikut merumuskan kebijakan pemerintah kedepannya.

indonesia kreatif

Dalam penyusunan rencana induk yang berisi 16 subsektor tersebut, tersusun tugas besar bangsa di industri kreatif–yang masing masing stakeholder menyadari bahwa tanpa adanya kolaborasi tidak mungkin bisa terwujudkan. Menganut adagium “if you fail to plan, you plan to fail” rencana ini ditujukan agar stakeholder industri kreatif indonesia memiliki visi dan tahu apa yang harus dilakukan untuk mewujudkannya.

Rencana induk ini tentunya hanya langkah pertama dari banyak langkah lainnya untuk bisa membangun industri kreatif Indonesia lebih maju. Namun demikian tentu kita tentu sama sama bisa melihat masa depan kita bersama, yaitu era kreatif. Terima kasih bu Mari Elka Pangestu terhadap pengabdian ibu, kalaupun nanti ibu tidak menjabat sebagai menteri, semoga kita bersama bisa bisa bergandengan tangan menjadikan industri kreatif masa depan kita–sekarang juga.

 


SHARE
Previous articleBumi Kita Depresi, Dan Civilization: Beyond Earth Mengajak Kita Meninggalkannya!
Next articleKolaborasi Spesial Anime dan Manga Untuk Memerangi Pembajakan!