Parah!! Game Buatan Indonesia Juara Dunia Dicontek Developer Korea

infectonator rip off

Kabar kurang menyenangkan kembali muncul. Kali ini, Infectonator, salah satu game buatan indonesia ini dicontek oleh developer dari Korea. Developer korea yang mencontek game besutan Toge Productions ini sendiri bukan perusahaan sembarangan, karena developer tersebut pernah membuat Line Pokopang yang cukup dikenal dalam platform LINE. Infectonator sendiri adalah salah satu game yang cukup populer di Armor Games, lantas dibuat juga dalam versi mobile. Apresiasi tertinggi yang pernah diraih oleh Infectonator yaitu “Game of the Year 2012” versi Armorgames

Infectonator sendiri bukan kali ini saja “dikerjain” oleh developer luar. Sebelumnya, pernah ada porting ilegal dari game tersebut beredar di Google Play Store (baca : Porting Ilegal Infectonator 2 Muncul di Google Play Store ). Perbedaannya, walaupun kali ini game developer Korea tersebut mencontek ide dari Infectonator mentah-mentah, namun juga memoles grafik dan gameplay-nya sehingga tampak lebih menarik. Berbeda dengan kasus porting ilegal sebelumnya, kali ini Toge Productions tidak bisa asal melaporkan developer tersebut ke Google Play Store karena bukan termasuk dalam kategori game bajakan.

boss

Saat dihubungi oleh Duniaku, CEO dari Toge Productions Kris Antoni mengaku sangat menyayangkan kejadian ini. Dia menyatakan harusnya developer Korea tersebut berkolaborasi atau setidaknya berkomunikasi dengan Toge Productions. Seharusnya, dengan adanya kolaborasi tersebut diharapkan kedua pihak bisa sama sama diuntungkan dengan lebih larisnya IP Infectonator. Selain itu Kris menyatakan, jika ada dukungan yang lebih besar dari stakeholder, Toge Productions tentu bisa membuat game yang lebih polish.

Sepertinya, jalan satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah memberikan feedback kepada developernya melalui halaman ini untuk tidak seenaknya saja mencontek ide game yang sudah populer duluan. Untuk melihat seberapa miripnya kedua game ini, yuk lihat screenshot-nya dibawah ini.

Infectonator (Aslinya)

ss2

ss4

ss3

ss

Zombie Virus (Contekannya)

screenshot

peta dunia

Kelihatan kan miripnya dimana Citizen ?


SHARE
Previous articleKolaborasi Spesial Anime dan Manga Untuk Memerangi Pembajakan!
Next articleSepuluh Game Bisa Kamu Mainkan Gratis di Steam Akhir Minggu Ini!