Masamune Menjadi “Senjata” Baru Sony, Siap Menyayat Xbox One Sampai Habis!

PlayStation-4-5

Selama Gamescom 2014 Agustus lalu Sony mengkonfirmasikan jika mereka akan memberikan beberapa fitur baru untuk PlayStation 4. Saat itu yang sudah diungkapkan adalah fungsi Share Play, dukungan untuk share video permainan ke YouTube, serta bisa memoles interface konsol kalian menggunakan theme. Update ini jelas makin menyempurnakan PS4, dan terus membuat konsol tersebut di atas angin dengan banyak fitur software yang berguma bagi gamer, bukan untuk para penikmat layanan hiburan secara streaming. Bahkan bicara hiburan, Sony pun tidak segan men-tackle langkah Microsoft, seperti terakhir juga memberikan opsi menonton Blu-Ray 3D melalui PS4 (baca: Sony Menjawab Tantangan Mirosoft, Blu-Ray PlayStation 4 Juga Siap Tampil 3D!). Dan untuk update barunya kali ini, kemarin Sony Computer Entertainment membeberkan seperti apa fitur-fitur baru lainnya dari system software 2.00 yang memiliki kode nama Masamune tersebut.


PS4 System Software – USB Music Player, Warna Home Screen


PlayStation-4-Update-1

Update yang belum diungkapkan kapan bakal tersedia untuk kita ini akan memasukkan USB music player agar kalian bisa mendengarkan musik sembari bermain game, opsi merubah warna home screen, tile “Players You May Know” di bagian “What’s New,” mempermudah menyortir dan menyaring konten perpustakaan game PS4 kalian, dan masih banyak lagi. Berikut detail masing-masing fitur tersebut: 

PlayStation-4-Update-7

• Share Play: Share Play bisa diaktifkan melalui tombol Share DualShock 4. Dengannya, kalian bisa mengundang teman untuk masuk bergabung dengan game kalian, bahkan meskipun mereka tidak memiliki kopi gamenya. Teman bisa masuk langsung sebagai pengguna local multiplayer atau mengambil alih kontroler kalian untuk membantu melalui sebuah puzzle atau lokasi yang kalian kesulitan melewatinya. Misalnya, untuk mainkan mode koperatip Far Cry 4 dengan hanya 1 kopi game saja (baca: Mengenal Ajay Ghale, Protagonis Utama dari Far Cry 4!)

PlayStation-4-Update-6

• YouTube Support: Selain Facebook, klik gameplay bisa di-upload ke YouTube melalui cara yang sama dengan tombol Share DualShock 4.

PlayStation-4-Update-8

• USB Music Player: Pengguna PS4 bisa memainkan musik kalian sendiri di background selama memainkan game. Setelah kalian masukkan flash disk USB yang berisi file musik ke PS4, muncul opsi baru USB Music Player. Sementara ini file yang didukung MP3, MP4, M4A, dan 3GP.

PlayStation-4-Update-5

• Change colors: Selain kustomisasi theme, pengguna PS4 bisa juga merubah warna latar belakang home screen dari light blue ke salah satu warna barunya: gold, blue, red, green, purple, pink, dan gray.

• Players You May Know: PS4 kini menyarankan pada kalian pemain yang mungkin dikenal melalui bagian ‘What’s New’, dan langsung merekomendasikan gamer teman yang paling sering diajak main.

PlayStation-4-Update-9

• Enhancements to Live Broadcasting: Masamune membawa banyak perbaikan untuk live broadcasting pada PS4. Melalui aplikasi Live From PlayStation, pengguna PS4 bisa memilih channel Featured, yang berisi broadcast resmi dari PlayStation, broadcast dari mereka yang berada dalam daftar friend list, dan sembarang channel game yang kalian follow. Ditambah lagi, Live From PlayStation kini ada fungsi filter untuk mencari broadcast dari suatu game tertentu, sekaligus dukungan broadcast yang di-archive.

PlayStation-4-Update-10

• Content Area and Library: Melalui Content Area, yang menunjukkan game dan aplikasi terbaru yang biasa kalian gunakan, kini didesain ulang untuk mempermudah menemukan dan akses konten. Kini menampilkan 15 aplikasi atau game yang paling sering digunakan, dan item lainnya akan ditambahkan ke dalam Library. Library PS4 juga diperbaiki fungsi filter dan sort untuk membantu mengatur konten berdasarkan tipe (game / app / TV & video), nama (a – z or z – a), yang paling sering digunakan, atau kapan di-install.

• Enhanced Voice Commands: Opsi mengendalikan PS4 dengan perintah suara juga diperbaiki. Kini kalian bisa mengucapkan ‘PlayStation’ untuk memulai perintah, dan ‘All Commands,’ untuk melihat apa saja daftar perintah yang didukung. Voice command baru ditambahkan untuk live broadcasting, termasuk itu “Start broadcast,” “End broadcast,” dan “Find face.”

• Add To Library: Game gratis bulanan bagi pengguna PlayStation Plus mendapat tambahan tombol‘Add to Library’ di PlayStation Store. Tombol tersebut menambahkan game ke library kalian tanpa perlu mengunduhnya dulu.

• Back Up Data: Data PS4 kini bisa di-backup dan dipulihkan kembali menggunakan USB storage. Opsi ini membackup semua data konsol, termasuk setting, save data, screenshot, video clip, hingga download data.

PlayStation-4-Update-2 PlayStation-4-Update-3 PlayStation-4-Update-4


PS Vita dan PS TV Dapatkan Update 3.35, Live From PlayStation


PlayStation-Vita-Update-

Selain system software 2.00 Masamune untuk PS4, secara bersamaan Sony juga memberikan pembaruan untuk PlayStation TV, PS Vita, dan PlayStation App. Untuk PS Vita dan PS TV, mereka memberikan software 3.35, dengan opsi utama Live From PlayStation. Melalui update ini, kalian pengguna PS Vita dan PS TV mendapatkan dukungan Remote Play empat pemain untuk PS TV. Dan aplikasi Live From PlayStation memungkinkan kalian pengguna handheld dan konsol mikro tersebut melihat streaming live gameplay dari PS4. Oh ya, keluarga PS Vita juga mendapatkan theme yang sama seperti PS4.


PlayStation App Meningkat ke Versi 2.0


PlayStation-App-3

Kemudian aplikasi PlayStation App untuk smartphone dan tablet, yang tersedia gratis melalui Apple App Store dan Google Play Store, juga mendapatkan update ke versi 2.0, bersamaan nanti dengan ketersediaan update PS4 dan PS Vita. Update ini memberikan layout baru untuk tablet, kemudian Sony juga menata ulang tata letak interface home screen.

Sumber: Sony


SHARE
Previous article5 Fakta Terbaru Guilty Gear Xrd -SIGN- Yang Perlu Kalian Ketahui
Next articleBegini Caranya Jika Mau Eksis di Tengah Perang The Lord of the Rings
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.