Review The Book of Life: Mengenal Tradisi Meksiko Lewat Animasi Unik dan Lucu

the book of life

Menyambut Halloween kali ini tidak harus dengan sesuatu yang selalu menyeramkan. Meski jagat perfilman diisi dengan sederet film bertema horor, rasanya satu film ini cocok untuk sedikit melepas ketegangan.

The Book of Life diketahui sebagai film untuk memperingati salah satu budaya di Meksiko, “Day of the Dead”. Ada banyak sejarah serta pengetahuan tentang Negeri Sombrero ini yang dimunculkan dengan modern ditambah sentuhan humor yang segar. Sehingga film ini masih bisa disaksikan anak-anak ataupun orang dewasa.

the book of life 2

Cerita yang ditampilkan diawal pun membawa sekumpulan anak-anak yang berkunjung ke sebuah museum. Dalam museum tersebut lah, mereka diceritakan sebuah kisah dalam buku bernama The Book of Life.

Dalam The Book of Life hadir dua pemuda, Manolo (Diego Luna) dan Joaquin (Channing Tatum) yang mencintai wanita yang sama, Maria (Zoe Saldana). Dengan kemampuan dan latar belakang yang berbeda, Manolo berasal dari keluarga Matador. Sementara Joaquin adalah anak dari pahlawan militer, keduanya bersaing dengan sehat demi merebut hati Maria dan keluarganya. Namun, kehadiran dua dewa, La Muerte (Kate del Castillo) penjaga Land of the Remembered dan Xibalba (Ron Perlman) penjaga Land of the Forgotten membuat persaingannya menjadi rumit.

Xibalba-and-La-Muerte The-Book-of-Life-Movie-2014

Selain romansa ketiganya, film ini juga menyajikan pergolakan hati dari Manolo, Joaquin, dan Maria dengan keluarganya. Manolo yang bercita-cita menjadi musisi mendapat pertentangan dari ayahnya yang ingin anaknya meneruskan tradisi keluarga sebagai Matador. Sementara Joaquin terus berada di bawah bayang-bayang ayahnya yang dahulu dikenal sebagai penjaga kota.

Pilihan Maria yang terus menuruti perintah orang tuanya juga menjadi pelajaran yang baik bagi penonton anak-anak. Sementara pilihan lagu-lagu hits modern sukses mengelitik penonton ketika dinyanyikan Manolo dengan gayanya. Salah satu yang favorite adalah lagu Creep milik Radiohead yang dinyanyikan Manolo untuk menghibur Maria.

book-of-life10 book-of-life-image01

Dari animasi, disajikan dalam 3D film ini tidak terlalu menampilkan hal tersebut. Tetapi visual dari The Book of Life sangat menarik dengan dipenuhi warna-warni dari tiga alam yang berbeda, sampai masing-masing karakternya.

Film yang diproduseri Guillermo del Toro dengan director Jorge R. Gutierrez, menyajikan banyak hal yang menarik. Cerita, tradisi, serta unsur humor yang dikemas cerdas menjadi kesatuan yang membawa penontonnya menikmati film ini selama 95 menit.

the book of life 3

Poin penting lainnya adalah nama-nama pengisi suara, seperti Channing Tatum, Diego Luna, Zoe Saldana, Ron Perlman, Christina Applegate, sampai Ice Cube yang pasti akan menambah rasa penasaran penonton terhadap The Book of Life yang sudah tayang pada 17 Oktober 2014.


SHARE
Previous articleYuk Kenali Para Tokoh Sejarah yang Akan Muncul dalam Assassin’s Creed Unity!
Next articleRasakan Petualangan yang Seru dan Menegangkan di Point Blank Halloween Update!
Lulusan Politeknik Negeri Jakarta yang belum puas kuliah, tapi udah sering nulis di media online. Suka game dari kecil, tapi gak pernah fokus. Alhasil, cuma bisa nge-PES doang. Namun, dunia jurnalistik membawanya ingin mengetahui semua hal di dunia, terutama Game dan Sepak Bola. Dan sekarang, Ia coba mewujudkannya!