Belajar Dari Skandal, Inilah Cara Meminang Personel JKT48 [Update]

Saya mungkin tidak ingin memperpanjang lagi masalah skandal JKT48. Toh dulu saya juga sudah ikut “urun rembug” memperpanjangnya di media ini (Baca : Fans Kecewa, Ternyata Personel JKT48 Tidak “Suci” Lagi). Belajar dari skandal tersebut dan artikel budaya ini, sekalian saja saya beri tips untuk para fans JKT48 yang ingin meminang salah satu oshi nya.

Baca saja tulisan ini sampai selesai, pasti nanti paham juga, kalau kamu hidup di jaman ini! pasti berhasil, kalau gagal uang kembali 1.000%.

featured
tinggal pililh!

Logika Idol dan Manajemennya

Bagi kamu yang menganggap oshi kamu itu bidadari yang rumit, jauh, canggih. Buang jauh jauh prasangka itu, mereka sama “level” nya dengan cewek yang kamu temui tiap hari di sevel atau mall. Keberadaan mereka sebagai idol itu hanya berdasarkan hukum sederhana yaitu “supply and demand”.

Manajemen Idol itu tahu tahu “komoditasnya” berjumlah sedikit dan menarik bak bidadari sehingga “supply” nya rendah. Sedangkan kamu ? ABG yang makan mi instan tiap hari untuk bisa nabung lihat konser (dan beli CD?), coba bayangkan seberapa banyak orang mirip dengan kamu!, maka sudah jelas “demand” nya tinggi.

Satu satunya cara supaya “supply dan demand” ini tetap tak seimbang adalah menambah jumlah fans–yap seperti kamu kamu ini. Di sisi lain, mereka meninggikan “supply” bukan dengan mengurangi jumlah personelnya, tapi dengan menaruh diri mereka semakin tinggi posisinya dan semakin tak terjangkau.

Salah satu penerapan dari logika ini bisa kita lihat di label harga yang ditaruh pada CD nya. Awalnya harga yang dibandrol adalah 40 ribu, agak lama harganya dinaikkan menjadi 50 ribu. Mungkin hanya kamu yang bisa cerita seberapa laris salaman- eh CD nya itu.

Kalau kalian fans bisa menurunkan “demand” kalian dengan cukup puas dengan lihat idol mu di youtube. Pasti akan terbentuk kesetimbangan baru, model bisnis baru dan kali ini fans berkesempatan untuk punya nilai tawar lebih tinggi.

Logika Fans dan Bisnis

Duhai fans JKT48 yang budiman, percayalah! tujuan adanya “golden rules” adalah murni bisnis–ditujukan untuk mengeruk uang, waktu dan harapan yang ditukar dengan “harapan” yang sebenarnya semu. Sekali kali tidak ada alasan lain dan sungguh sungguh saya katakan sejujur jujurnya. Mungkin sampai saat ini hanya kalian saja yang belum sadar bahwa inilah nasib yang kalian pilih –tapi sudahlah, uang kalian masih terlalu berharga untuk kantong manajemen idol group ini.

Kamu bisa saja menampik fakta itu!! kamu bisa terus larut dalam ilusi yang dibangun dengan keeelokan joget lightstick-nya, bau parfum personelnya atau halus tangannya saat masuk di bilik yang serasa milik berdua itu. Bilik berbayar yang didalamnya kamu hanya untuk diberikan ilusi dan secuil waktu mereka–ah nikmatnya. Bisa juga kamu mengamini! tapi bukankah dirimu dan segala masa depanmu sudah kamu serahkan ke altar persembahan oshi mu?.

Nah, baik yang menampik atau mengakui, pun rasanya agak elok kalau kita intip logika yang harusnya ada di benakmu sekarang.

1. Logikanya, kalau kamu mendekat sama cewek apapun (termasuk yang ada di idol group), pasti punya harapan tertentu. Tidak mungkin kalau kamu hanya kagum atau pengen berteman doang.

2. Logikanya, semakin kamu dekat, harusnya yang kamu kagumi juga semakin mendekat kan ? bukan malah memberikan waktu yang “semestinya” untuk kalian kepada  (fans lainnya) dengan imbalan uang (beli CD).

3. Logikanya kalau oshi mu itu tidak semakin dekat kepadamu, alias gitu gitu saja, tentu dia tidak berminat kan terhadap dirimu, itulah saatnya kamu mencari kesibukan baru.

Kalau paham sama rentetan logika ini, maka tidak berlebihanlah kalau menganggap kita sama sama bego. Kamu bego memilih kesukaan, saya yang punya media bego tidak menulis artikel ini dari dulu. Klop!

Cukup, Jadi Gimana Caranya Meminang?

Bagi kamu yang masih betah baca artikel ini, kesabaran selalu memberikan berkah, kali ini berkahnya adalah tips meminang oshi mu. Tenang! tips nya hanya terdiri atas dua langkah kok.

Langkah 1. Tobat jadi fans JKT48.

Saat kamu menjadi fans beratnya, kamu hanya akan dianggap sebagai “sapi perah” oleh idol kamu–mereka tinggal pilih cara “memeres” nya saja. Dengan hanya menjadi fans, rasanya tidak ada harapan bagi kamu untuk melewati salah satu jurang “friendzone”  yang paling dalam yaitu “fanszone“.

Kalau tidak percaya sama logika diatas, coba lihat baik baik orang yang sukses memacari bidadari kamu sekarang, ada potongan fans JKT48 kah ? Pernah beli puluhan salaman–eh CD kah ? Pernah bawa lightstick kemana mana kah?

featured

featured

645616_20141017080004

1112166_20141017082115

Gak ada potongan fans JKT sama sekali kan ? apalagi potongan Wota, mungkin sama yang berbau Anime dan Manga saja mereka gak doyan. Yang jelas, mereka adalah kaum remaja normal ibukota kebanyakan, mungkin metroseksual dan mungkin juga lulusan luar negeri (Baca : Kamu Yang Balik Dari Kuliah di Luar Negeri Pasti Merasakan Ini). Oke…kalau sudah sadar, boleh baca langkah selanjutnya (Step 2).

1
2

SHARE
Previous articleNetizen Meradang, Tayangan Langsung Acara Nikahan Buat Apa ?
Next articleBocor! Puluhan Concept Art Berisi Plot Kisah dalam Star Wars Episode VII!
Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.