Samsung Siapkan Exynos 7 Octa, Khusus Untuk Android 5.0 Lollipop

Samsung-Exynos-7-Octa-1

Samsung baru saja konfirmasikan keluarga baru chipset Exynos. Melalui Exynos 7 Octa, yang kini ditenagai empat core Cortex-A57 dan empat core Cortex-A53, serta keduanya dikembangkan melalui proses 20 nm, Samsung pun sudah siap membuat chipset ini maksimal menjalankan OS Android 5,0 Lollipop, karena memang chipset ini juga sudah 64-bit.

Meskipun langkah ini telat setahun sejak Apple mengkonfirmasikan jika iPhone 5s mereka dengan prosesor Apple A7 adalah chip 64-bit pertama untuk smartphone consumer, namun setahunan ini masih banyak pergolakan mengenai perlunya memasukkan prosesor 64-bit untuk perangkat mobile. Namun dengan Google yang juga membuat Android Lollipop mereka kompatibel dengan sistem 32 dan 64-bit, maka kita bisa katakan jika tahun depan sistem 64-bit akan mulai meluas.

Samsung-Exynos-7-Octa-2

Exynos 7 Octa mengkombinasikan Cortex-A57 untuk kebutuhan kinerja tinggi, dan Cortex-A53 sebagai inti untuk menghemat daya. Keduanya dibangun dengan setup ARM 64-bit octa-core, selain juga membawa fitur baru teknologi prosesor ARM sudah diracik Samsung sejak lama. Penggunaan proses 20 nm juga menjamin kehematan daya (selain kinerja dan multimedia yang meningkat), dan chipset ini menjadi yang kedua menerapkannya setelah Exynos 5430 pada Samsung Galaxy Alpha. Kemudian seperti chipset octa-core yang diterapkan sejak Galaxy S4, Samsung juga menerapkan fitur Heterogeneous Multi Processing atau HMP, yang memungkinkan sistem untuk mengaktifkan dan menidurkan beberapa core bergantung kebutuhan proses

Sumber: Samsung


SHARE
Previous articleAktris Ini Akan Muncul di Batman vs Superman: Dawn of Justice Sebagai… Robin!?
Next article“Future Past” Kembali Menjadi Event X-Men di 2015
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.