Presiden Jokowi Bisa Belajar dari Game-Game Ini untuk Melawan Perlambatan Ekonomi

duniaku-pakjokowi

Selamat kepada Pak Jokowi dan Jusuf Kalla (JK)! Hari ini, pasangan presiden terpilih ini resmi dilantik menggantikan presiden sebelumnya, Pak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Pak Budiono. Resmi mulai hari ini pula, Pak Jokowi dan JK pun resmi memulai tugas barunya untuk memimpin negara yang kita cintai ini menuju ke arah yang lebih baik. Memimpin sebuah negara tentunya lebih kompleks dan rumit dibandingkan dengan memimpin kota, sebuah hal yang selama ini sudah dilakukan Pak Jokowi saat memerintah Solo dan Jakarta.

Pak Jokowi dan JK, untuk memimpin Indonesia Anda berdua bisa belajar dan mendapatkan inspirasi dari banyak media. Salah satunya dengan cara yang menyenangkan, tentunya dengan bermain game. Nah, kali ini kami memiliki beberapa daftar game yang bisa bapak mainkan dan serap pelajaran yang ada di dalamnya untuk diimplementasikan dalam masa pemerintahan selama lima tahun ke depan.


1

Jangan Ekspor Bahan Mentah. Ekspor Barang Jadi


duniaku-pakjokowi-1
Barang olahan pasti lebih mahal dari bahan mentah

Dalam game Hay Day,  barang jadi seperti Keju, Pie, dan Selai jauh lebih cepat terjual dan diminati daripada barang mentah seperti susu atau gandum, mengapa? Karena waktu yang dibutuhkan untuk membuat barang jadi tersebut cukup lama dan tentunya harga jualnya jauh lebih mahal daripada barang mentah. Kita tidak ada masalah untuk membuat barang-barang jadi karena resource kita cukup banyak bukan? Lebih laris dan harga jual lebih mahal, mengapa tidak?

Ini bisa dicontoh Presiden Jokowi dalam menentukan kebijakan ekspor Indonesia selama lima tahun ke depan. Daripada mengekspor bahan baku yang murah, mengapa tidak mengolahnya terlebih dahulu di dalam negeri sebelum diekspor? Selain bisa menjual lebih mahal, tentu membuka pengolahan di dalam negeri bisa membuka lapangan kerja baru.


2

Tetap Blusukan, Untuk Tahu Masalah yang Terjadi


duniaku-pakjokowi-2

Dalam game-game online seperti Final Fantasy XVI: A Realm Reborn, kamu juga pasti harus blusukan untuk menemukan masalah-masalah yang dihadapi oleh para NPC yang kesusahan. Biasanya, NPC tersebut akan memberimu quest guna menyelesaikan masalah yang terjadi di area tersebut.

Hal ini sama dengan blusukan-nya pak Jokowi saat ia menjabat menjadi gubernur dan saat kampanye Capres, dengan blusukan, selain mendapatkan simpati rakyat, Presiden juga bisa menggunakan cara ini untuk mengetahui masalah rakyatnya dengan lebih dekat dan akurat! Jadi, selama menjadi presiden nanti, Presiden Jokowi jangan lelah untuk blusukan guna memantau masalah yang dihadapi rakyat ya!


3

Seimbangkan Sumber Daya dengan Pertahanan Negara


Jangan sampai timpang di salah satu sisi
Jangan sampai timpang di salah satu sisi

Sumber daya alam dan pertahanan negara menjadi dua aspek yang penting guna menjaga stabilitas negara dalam menghadapi ancaman. Namun keduanya harus diperhatikan secara seimbang, jangan sampai berat sebelah. Contohnya dalam Clash of Clans, dimana jika kamu kaya dalam sumber daya alam tetapi kurang dalam hal tentara untuk mempertahankannya, maka sumber daya alam tersebut akan cepat habis digerogoti oleh pihak luar.

Guna menjaga kekayaan sumber daya alam Indonesia, penting bagi presiden Jokowi untuk mempelajari hal ini. Jangan sampai Indonesia kekurangan tentara di perbatasan negara, sehingga kekayaan alamnya bisa dengan mudah diklaim oleh bangsa lain. Setuju?

1
2
3

SHARE
Previous articleLink Makin Tangguh di Atas Punggung Epona Dalam DLC Master Quest Hyrule Warriors
Next articleBane Dirumorkan Akan Bermain Dalam Film X-Men: Apocalypse
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.