Presiden Jokowi Bisa Belajar dari Game-Game Ini untuk Melawan Perlambatan Ekonomi

Yuk, bersama-sama melawan perlambatan ekonomi dengan tips dari game-game berikut ini!


4

Persiapkan Tentara Khusus untuk Segala Ancaman


duniaku-pakjokowi-4

Dengan latar belakang bukan dari kalangan militer, tentunya Pak Jokowi dan pak JK tentunya harus belajar banyak hal dalam rangka memperkuat pertahanan negara Indonesia. Salah satunya adalah mempersiapkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk menghadapi berbagai ancaman yang mungkin terjadi baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Bingung menyiapkan seperti apa tentara dan persenjataan yang dibutuhkan, Pak Jokowi dan JK bisa belajar dari Counter Strike Online yang bisa di-download di sini. Untuk melawan teroris, Pak Jokowi perlu menyiapkan tentara khusus yang bukan hanya bisa mahir berperang, tapi juga bisa menyusup masuk ke markas-markas tersembunyi para teroris. Dan ya, Indonesia sepertinya perlu tentara dan persenjataan khusus untuk menghadapi Zombie. Sebagai tindakan preventif saja sih, siapa tahu jika nantinya benar-benar ada zombie, Indonesia sudah punya tentara untuk menangkalnya…


5

Menyelesaikan Masalah Gak Harus dengan Perang


duniaku-pakjokowi-5

Dalam hidup bertetangga dengan negara lain, ada kalanya kita terlibat perselisihan yang bisa berujung kepada konflik. Namun tidak semua konflik bisa diselesaikan dengan perang. Belajar dari Civilization V, ada banyak cara diplomasi untuk menyelesaikan konflik tanpa harus mengerahkan tentara bersenjata.

Konflik selesai, negara aman dan damai, plus tidak perlu menghamburkan banyak biaya untuk perang yang bisa menewaskan banyak korban…


6

Teamwork Harus Oke


duniaku-pakjokowi-6

Pak Jokowi dan JK tentunya tidak hanya akan berdua dalam menyelesaikan berbagai masalah di Indonesia. Ada susunan kabinet dan menteri yang siap mendukung di belakang mereka. Nah, teamwork adalah satu hal yang harus dimiliki kabinet pemerintahan Pak Jokowi lima tahun ke depan agar segala program kerja bisa berjalan dengan maksimal.

Bicara mengenai teamwork yang bagus, Pak Jokowi mungkin bisa mengajak anggota kabinet untuk bermain Dota 2. Di Dota 2 teamwork mutlak diperlukan untuk menghancurkan markas lawan, sekaligus mempertahankan markas kita. Setiap menteri tentunya harus paham dengan role atau peran mereka, jangan sampai mencampuri atau salah menjalankan role menteri lain. Setelah paham dengan role masing-masing, tentunya harus menjalankan role tersebut dengan maksimal agar tercapai tujuan yang diinginkan. Siapa yang bakal menjadi support? Siapa tanker-nya?


7

Pembangunannya Harus Lebih Merata


duniaku-pakjokowi-7

Masih banyak daerah di Indonesia yang belum terjamah. Padahal, kita tahu sendiri bahwa negara Indonesia ini memiliki banyak sekali sumber daya alam. Nah, bisa dipastikan kalau daerah-daerah tersebut memiliki potensi yang dapat membuat negara Indonesia menjadi lebih maju. Pak Jokowi harus lebih blusukan lagi sepertinya, kali ini ke tempat yang belum terjamah.

Jika ada waktu, coba deh Pak Jokowi  game Rise of Nations. Dalam game ini, akan terasa sekali bahwa suatu bangsa tidak akan bisa berkembang dengan hanya resource atau sumber daya yang itu-itu aja. Pemain harus membuat kota baru di tempat lain untuk memanfaatkan sumber daya di kota tersebut. Oh, dan kota baru ini adalah cara paling ampuh untuk memperbesar pendapatan keuangan bangsa dalam game, lho! Tentunya hal ini juga berlaku di dunia nyata.

TENTANG PENULIS
Doni

Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.