Inilah Fitur Terbaru Android 5.0 Lollipop yang Belum Kalian Ketahui!

Android-5-35

Dewasa ini, platform mobile yang sudah umum dipilih untuk bermain game mobile ada dua, iOS dan Android. Keduanya baru saja mendapatkan revisi software, dengan iOS mengawalinya pertengahan September 2014 lalu menjadi iOS versi 8. Dibandingkan pendahulunya, memang tidak banyak yang bisa dirasakan perubahannya, karena desain yang masih sama dengan iOS 7. Apple hanya mengunggulkan layanan baru bernama HealthKit, yang terintegrasi dengan aplikasi Health. Sesuatu yang sudah biasa kita temui di Android sejak awal tahun ini. Sebaliknya untuk Android, ada banyak yang bisa ditemui dari revisi terbarunya. Bahkan Google menyebutnya sebagai upgrade terbesar OS Android sejak pertama kali diperkenalkan.

Android-5-37

Selama Google I/O 2014 Annual Developers Conference yang akhir Juni 2014 lalu, Google mengumumkan banyak inovasi dan fitur baru untuk OS Android mereka. Satu yang menjadi fokus event tersebut tidak lain versi baru Android, penerus Android 4.4 KitKat, yang saat itu masih dalam tahap Developers Preview disebut sebagai Android L. Saat itu Google menyebut Android L sebagai update paling ambisius untuk OS Android mereka hingga saat ini, dan mengenalkan pembaruan antar muka Android secara menyeluruh.

Android-5-36

Salah satu perubahan yang paling menonjol adalah didesain ulangnya antar muka keseluruhan Android dengan bahasa desain responsif yang disebut sebagai “material design”. Perubahan lainnya yang akan membuat pengalaman mengoperasikannya lebih menyenangkan adalah sistem notification yang memungkinkan notification diakses langsung dari lockscreen, dan ditampilkan di dalam aplikasi lainnya, semacam banner melayang di sisi atas layar. Dan membuat kinerjanya lebih sigap, adalah perubahan di sisi internal melalui Android Runtime (ART) yang resmi menggantikan Dalvik untuk peningkatan kinerja aplikasi, selain diklaim lebih hemat baterai.

Android-5-38

Dan berlanjut pertengahan Oktober 2014 kemarin, Google resmi mengkonfirmasikan nama OS baru mereka sebagai Android 5.0 Lollipop. Android 5.0 dianggap sebagai lompatan besar karena memberikan banyak perubahan untuk platform ini. Paling kentara adalah antar muka barunya, banyak sekali fitur baru, dan mungkin detail yang tidak akan kalian rasakan di permukaan, seperti penggunaan runtime ART sebagai standar. Dan sesuai kodratnya, Lollipop akan diberikan Google untuk pertama kali untuk beberapa perangkat baru mereka, seperti Nexus 6, Nexus 9 dan Nexus Player (melalui sub-platform AndroidTV), Nexus lainnya, serta perangkat dengan identitas Google Play Edition dalam beberapa minggu dan bulan ke depan. Beberapa gadget tersebut juga sudah kami ulas sebelumnya, jadi pastikan kalian tidak ketinggalan mengenal kehebatannya.

Android-5-39

Kami sudah mengulas banyak mengenai apa saja yang baru di Android 5.0 Lollipop dalam artikel sebelumnya (baca: Google Umumkan Android 5.0 Lollipop. Merombak Antar Muka, Kinerja Cepat, Dan Lebih Hemat Baterai). Dari artikel tersebut, kita mengetahui jika Material Design bukan sekadar perubahan tema warna saja, namun ada banyak yang bisa dieksplorasi di balik visual yang seakan menjadi selimut terluarnya. Berikut kami paparkan penjelasan lebih dalam fitur-fitur antar muka dan juga sistem yang baru diterapkan Google melalui Android 5.0 mereka. Oh ya, buka juga artikel berikut (baca: Android 5.0 Lollipop Bakal Membuat Smartphone Berikut Ini Terasa Lebih Manis!) untuk mengetahui smartphone apa saja yang sudah dipastikan mendapatkan manisnya permen lollipop ini.

Hint: Di salah satu halaman artikel ini, kami berikan bonus, semua file wallpaper default yang diberikan Google untuk Android 5.0 Lollipop. Coba kalian cari, ada di halaman berapa!?

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12

SHARE
Previous articleTokoh-tokoh Game Indonesia Ini Bikin Hati Sejuta Wanita Meleleh
Next articleGawat! Otaku Inggris ini Dipenjara Gara-gara Gambar Loli!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.