Tokoh-tokoh Game Indonesia Ini Bikin Hati Sejuta Wanita Meleleh

Kadangkala masyarakat beranggapan kalau gamer itu antisosial, kuper, dan tidak memperhatikan penampilan. Apalagi melihat kebiasaan gamer warnet yang lebih sering memilih tidak mandi daripada kehilangan kesempatan boss raid. Namun pendapat itu rasanya sama sekali tidak benar pada beberapa beberapa tokoh ini.

Sejenis dengan pemimpin bisnis di bidang lain yang dikagumi, seperti Sandiaga Uno atau Gita Wirjawan, tokoh-tokoh game di Indonesia biasanya juga menjaga penampilan dengan seksama. Lebih lagi karena industrinya masih berusia baru-baru saja booming, biasanya tokohnya juga masih muda, bahkan ada beberapa yang tampangnya masih mirip abg!.

Kita juga perlu memahami bahwa tokoh yang terlibat di industri game biasanya lebih fokus ke dunia digital, sehingga agak jarang bekerja di ruang terbuka. Hal ini menjadikan penampilan mereka lebih terawat daripada pekerja lapangan. Yuk, lihat daftar tokoh game Indonesia yang rasanya bisa bikin hati sejuta wanita meleleh ini.

PS. Penempatan tokoh bukan berdasarkan urutan kegantengannya.


1

Arief Widhiyasa


arief-widhiyasa

Arief Widhiyasa merupakan founder dari Agate Studio yang bertempat di Bandung. Sempat mengenyam pendidikan di Teknik Informatika ITB selama tiga tahun, Arief memutuskan untuk memfokuskan diri ke bisnis pengembangan game yang dirintis bersama belasan founder lainnya.

Pengorbanan Arif untuk tidak menamatkan kuliahnya rasannya sudah terbayar lunas, Perusahaan gamedev yang dirintis olehnya merupakan salah satu perusahaan gamedev ternama di Indonesia. Bahkan karena seringnya mendapatkan penghargaan dari institusi dalam dan luar negeri, ruang tamu kantornya penuh dengan piala atau piagam. Karya dari Agate Studio sendiri juga telah mendunia, salah satunya adalah football saga yang menjadi wakil kategori permainan interaktif di Anugerah Kekayaan Intelektual (baca: “Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa (AKIL) Tahun 2014” Bukti Nyata Pemerintah untuk Mengurangi Plagiarisme)

Mengenal Arif secara pribadi, kami berpendapat bujang yang sedang berpacaran ini merupakan pribadi yang supel, humoris, dan memiliki senyum yang bisa bikin dunia berhenti berputar. Oh ya, ada rumor bahwa nama perusahaan yang dipimpinnya merupakan singkatan dari “arief ganteng” lho.


2

Andi Suryanto


andi suryanto

Dikenal sebagai the grand daddy Industri game nasional, Andi Suryanto merupakan salah satu orang yang babat alas di bisnis game nasional, khususnya di bidang publishing. Dimulai pada tahun 2003, beliau membangun perusahaan yang dinamainya Lyto dan sukses besar dengan salah satu judul yang dipublikasikan: Ragnarok Online.

Sebagai salah satu pioneer di industri game Indonesia, tentu saja beliau melewati proses yang sangat berat. Bisa dibayangkan karena pada saat itu internet di Indonesia mayoritas masih menggunakan dial-up modem yang bayarnya 10k-an per jam. Namun karena visi dan tangan dinginnya, Lyto sukses besar menjadi publisher yang sering dijadikan role model oleh banyak pelaku bisnis lain yang muncul kemudian.

Selain menjadi salah satu tokoh senior di Industri ini, beliau sekarang menjabat sebagai presiden di Asosiasi Game Indonesia. Asosiasi yang punya tujuan untuk memajukan industri game nasional ini sekarang berusaha keras untuk bisa menjaga dominasi pemain lokal di kancah nasional (baca: Liputan Musyawarah Nasional Asosiasi Game Indonesia Yang Pertama!). Kami sangat mengagumi ketokohan dan kepemimpinan beliau untuk memimpin pelaku bisnis game Indonesia melewati masa masa sulit ini.


3

Kris Antoni


kris antoni

Kris Antoni merupakan CEO dari salah satu game developer tersukses di Indonesia, Toge Production. Didirikan pada awal 2009, perusahaan besutan dari beliau sudah menorehkan tinta emas sebagai game indonesia yang dianugerahi Best Game of the Year oleh Armor Games pada tahun 2012 (baca: Infectonator 2 Borong Dua Gelar dalam Armor Games 2012 Game of The Year!)

Diawali dengan dua orang, sekarang Toge Production sudah memiliki tidak kurang dari 18 game. Gamedev ini sudah mantab menatap masa depan dengan ekspansinya di beragam platform populer. Walaupun usianya masih terbilang sangat muda, Kris tak terbantahkan, merupakan salah satu pemain kunci di dream team industri game nasional.

Mengenal beliau secara pribadi, kami berpendapat Kris yang belum lama menikah ini merupakan pribadi yang karismatik, visioner, sekaligus memiliki determinasi tinggi. Kami tidak heran jika nantinya game developer Indonesia akan mendapatkan ketenaran di level dunia dengan karya dari tangan dinginnya.


4

Dien Wong


wong lok dien

Kalau Wong Fei Hung adalah maestro beladiri, kami yang hidup di Industri game menganggap Wong Lok Dien adalah maestro gamedev Indonesia. Merupakan galur pertama gamedev Indonesia, beliau sekarang menjadi nahkoda game developer besar (kalau bukan yang terbesar) Indonesia, yang bernama Altermyth.

Berusia lebih dari 11 tahun, Altermyth merupakan salah satu game developer paling senior di Indonesia. Selama masa hidupnya, tak terhitung pencapaian yang pernah direngkuh oleh perusahaan berkelas maestro ini ini, salah satunya adalah kerjasama porting game Final Fantasy untuk Android dan IOS.

Kami sendiri meyakini, melalui tangan beliau, akan ada game Indonesia yang bisa sejajar dengan dengan game berkelas dunia. Dikenal dengan gaya rambut uniknya, papa ganteng ini biasa dipanggil Master Wong.


5

Riki Kawano Suliawan


riki suliawan

Sebagai pendatang baru. Riki sudah layak diperhitungkan sebagai salah satu pemain besar di Industri game nasional. Buktinya, walaupun baru mulai terjun pada tahun 2011, kakak Riki sekarang sudah dipercaya untuk memimpin salah satu Top Five game publisher di industri game nasional, yaitu Qeon.

Sadar merupakan pemain baru, pada saat itu salah satu strategi Qeon adalah dengan menyuguhkan game yang high profile ke pasar Indonesia. Walaupun belum tergolong sangat sukses, strategi tersebut dapat mengantarkan Qeon sebagai salah satu nama yang cukup disegani. Selain menahkodai perusahaan publisher, Riki-senpai juga terlibat di salah satu perusahaan jasa keuangan terbesar di Indonesia sebagai Direktur.

Dengan usia yang tergolong sangat muda, tidak salah lagi kk Riki merupakan salah satu orang yang bisa menjadi contoh kesuksesan generasi baru konglomerat di Indonesia.


6

Indra Gunawan


indra gunawan

Indra Gunawan adalah nama baru bagi dunia game Indonesia. Kiprahnya baru dimulai satu setengah tahun silam. Tapi dia adalah nama yang tidak bisa diremehkan. Selain karena kegantengannya, pria asal Bandung ini juga didaulat menjadi CEO Artoncode Indonesia, salah satu studio gamedev yang sedang naik daun belakangan.

Berbeda dengan tokoh-tokoh kebanyakan di industri game, kk Indra asalnya bukan seorang penggemar game. Pria yang baru meninggalkan masa lajangnya awal tahun ini adalah murni businessman! Segala langkahnya penuh kalkulasi dan semuanya diukur dengan data. Tidak heran apabila perusahaan game yang dipimpinnya melejit dengan cepat.

Tapi kami yakin senjata utama kk Indra bukan hanya pada perhitungan bisnis. Dia punya pesona yang sulit dibantah. Tak heran banyak sekali perusahaan lain yang terpikat olehnya. Sebut saja Vandaria (baca: Vandaria dan Artoncode “Membakar” Antusiasme Gamer dan Penikmat Novel dengan Winterflame!), Lyto (Lyto Mobi Luncurkan Faunia Paw, Game Puzzle Adiktif Jawara IGS 2013!), Ace Adventure dari Malaysia (IGS 2014: Indonesia dan Malaysia Berkolaborasi untuk Membuat Belajar Kimia Lebih Menyenangkan!), bahkan sampai Emtek Group, perusahaan induk dari SCTV (Artoncode Indonesia, Bersama Emtek Group Siap Wujudkan Platform Lintas Animasi-Game!). Luarrr biasa!!


7

Vincentius Hening Ismawan


vincentius

Vincentius Hening Ismawan, yang juga salah satu founder Agate ini merupakan salah satu punggawa yang berhasil membawa Agate Studio sebagai nama yang patut mewakili Indonesia di mata dunia. Dari tangan cekatannya, Agate bisa menciptakan peluang peluang bisnis dan kerjasama dengan brand lokal maupun internasional. Salah satu karya kakak ini adalah kerjasama dengan Pocari dan Hilo Jungle Rescue (baca: Nikmati Banjir Hadiah Gadget Keren di Game Buatan Lokal “HiLo Jungle Rescue”).

Sebagai pribadi yang menyenangkan, sangat supel dan mempunyai relasi dimana-mana, tentunya banyak fans yang patah hati kepada saat kakak ini memutuskan untuk berumah tangga.


8

Ihsan Wahab


ihsan wahab

Ihsan Wahab yang sekarang bekerja di salah satu perusahaan konten digital ini merupakan salah satu alumni dari Altermyth Pandawa. Sebagai salah satu punggawa dari perusahaan penerbitan game, beliau pernah sukses meluncurkan game yang berjudul Throne of Demons atau TOD (baca: Liputan Event Getting Deeper With TOD Bersama Altermyth Pandawa!). Mas Ihsan ini dikenal sebagai pribadi yang humoris, namun juga sangat serius.


9

Eka Pramudita Muharram


Eka Pramudita Muharram

Merupakan lulusan dari DKV ITS, arek Suroboyo ini mengawali kariernya dengan bergabung sebagai artist di ElvenTales. Eka kemudian membangun startup-nya sendiri, yaitu Mojiken Studio, yang telah melahirkan beberapa karya yang cukup fenomenal (baca: Mojiken Studio Rilis Vamp’s Revenge, Gado-gado Genre yang Adiktif!Gimana Kalau Visual Novel Jepang Memiliki Rasa Nusantara?Belial: Art of the Devil, Proyek Kolaborasi Indonesia-ASEAN Bernuansa Castlevania!)

Dianggap tampan oleh salah satu staff majalah Zigma & Omega, yang juga sekaligus kontributor Duniaku.net, gamedev ini juga sudah berkolaborasi dengan Square Enix melalui salah satu programnya (baca: Square Enix Collective, Program Baru untuk Developer Indie).


10

Shafiq Husein


Shafiq Husain

Shafiq yang sekarang berkiprah di Touchten Games ini merupakan salah satu tokoh yang banyak dikenal di Industri game nasional. Sebagai Business Relation Manager, Shafiq membawa karya-karya Touchten menggebrak dunia game Indonesia setahun belakangan ini (baca: Teka Teki Saku, TTS Berhadiah Langsung dari TouchTen Games!TouchTen Rilis Jumpin’ Apeach, Game KakaoTalk Berhadiah Tiket Nonton Asian Dream Cup 2014!Touchten Games Siapkan Proyek Game Platformer Shooter Berjudul Brilliant Girl!)

Selain dikenal sebagai sosok yang humoris dan outgoing, mas Shafiq ini ternyata seorang penggila Harry Potter. Ini berbahaya, mas Shafiq bisa-bisa menggunakan sihir Lumos untuk menerangi hatimu. Akkk!!


11

Jeffry Anthony


jeffry-ant

Jeffry Anthony merupakan salah satu pemain yang berkecimpung Industri IT dan game nasional. Salah satu karyanya adalah Bouncity yang memiliki ide luar biasa, namun kurang sukses di pasaran. Sebagai salah satu dari mantan anggota Fantastic Five, dia juga pernah terlibat di beberapa project luar biasa seperti Wayang dan Tiket.com.

Saat ini Jeffry-senpai merintis startup baru yang memiliki visi untuk menjadi pemain video on demand besar di Asia. Mengenal dirinya, kami berpendapat bujangan ini merupakan pribadi yang menarik, namun sangat misterius. Bagi yang tiba-tiba memutuskan jadi fansnya, bisa stalking Jeffry-senpai melalui akun FB ini. Tapi jangan heran, jika mendadak akun FB-nya mati, dan dia berganti identitas lagi. Misterius!


12

Anton Budiono


anton-budionox

Anton Budiono adalah salah satu sesepuh di industri game Indonesia. Kiprahnya berawal dari Matahari Studio, akar rumpun yang sama dengan Master Wong dan Kris Antoni. Papah ganteng ini punya segudang pengalaman di bidang pengembangan game dan IP. Dia pernah menggawangi Redeye Studio di Singapura dan Stormidea di Jakarta.

Saat ini, Anton-senpai dipercaya menjadi CTO Artoncode Indonesia dan GM Vandaria International. Dari tangan dinginnya ini lahir konsep-konsep hebat, seperti Winterflame untuk Vandaria (baca: Perburuan Mencari Harta Karun di Booth Vandaria dan Artoncode), Combo Card Game (baca: Card Game Combo: Karya Lokal Dengan Universe Yang Luas!), dan Harmoni Karaoke (baca: “Harmoni Karaoke” Mengenalkan Lagu Anak-Anak Yang Mulai Terlupakan). Sederet prestasi ini jadi lebih mengesankan ketika kita mengetahui bahwa usianya sekarang baru 40 tahun! Emang gak semuda kamu sih, tapi kan kalo kamu seusia dia juga gak bakalah seganteng ini.


13

Billy Marshall Kenawat


billy

Billy Marshall baru menjabat sebagai Public Relation Altermyth selama setahun terakhir. Sebelumnya kakak satu ini sibuk menggeluti bidang event dan komunitas. Menurut kamu gimana tampangnya berdasarkan foto di atas? Ganteng gak? Sikapnya yang kalem dan cermat dalam bertindak dinilai menjadi modal kuat Kak Billy sebagai PR dan… modal ‘charm’ dirinya di mata para gamer perempuan tentunya!


14

Frederick Tirta


fred

Frederick Tirta, akrab dipanggil Erick, memulai karirnya bukan di Indonesia. Lulusan AS ini pernah menjadi concept artist selama tiga tahun di Innovative Renderworx, sebuah studio indie di Texas yang menggarap desain grafis, animasi, dan efek khusus. Erick kembali ke Indonesia 2011 dan turut membangun industri game Indonesia dengan menjadi game designer di Touchten Games. Tidak hanya bisa mendesain game, Erick juga ahli dalam animasi 3D lho. Kaum hawa mana yang tidak terpesona dengan cowok serba bisa seperti Erick?


15

Edria Albert Varian


edri

Cowok yang biasa dipanggil Edri ini merintis Aruline Studio bersama teman-temannya sejak masih kuliah di ITB. Walau terlihat kalem, Edri dipercaya oleh teman-temannya untuk memimpin Aruline (baca: Belajar Matematika dengan Cara Asyik Bersama Countastic!). Uniknya, kantor Aruline bertempat di rumahnya yang juga berfungsi sebagai rumah kos bagi beberapa anggota Aruline. Saat bepergian, Edri selalu membawa kamera untuk menyalurkan hobi fotografinya. Hasil jepretannya bisa kita lihat di laman Flickr ini. Mau dong difoto oleh Edri…

Nah, gak salah kan pilihan Duniaku?! Terus gantengan mana nih, kamu sama tokoh-tokoh game di atas? Masa sama gamedev aja kalah ganteng sih?!

Belum puas?

Eits, tunggu dulu! Masih ada satu lagi tokoh terganteng yang kami siapkan. Tokoh satu ini adalah Public Figure dan sudah punya ratusan fans di Page Officialnya. Penasaran? Yuk, lanjut ke… Halaman 2.

1
2

SHARE
Previous articleSeorang Transgender Juga Bisa Jadi Gamer dan Sukses
Next articleInilah Fitur Terbaru Android 5.0 Lollipop yang Belum Kalian Ketahui!