Waktunya Pensiunkan Google Maps, Nokia Berikan Peta Offline-nya ke Semua Android

Nokia-HERE-Maps-2

Setelah beberapa bulan hanya tersedia versi betanya untuk Android Samsung Galaxy, aplikasi peta yang bisa beroperasi secara offline, dan selama ini menjadi unggulan Nokia, yaitu HERE (baca: Nokia HERE), kini bisa dinikmati semua perangkat Android. Aplikasi tersebut kini bisa diunduh secara manual oleh semua perangkat Android, dan Nokia mengatakan jika kini aplikasi tersebit makin baik karena sudah memasukkan banyak feedback dari pengguna versi beta-nya.

Peta HERE menjadi salah satu produk Nokia yang terus dipertahankan meskikun produsen ponsel Finlandia tersebut sudah menjual semua lini bisnis ponsel mereka kepada Microsoft (baca: Nokia Resmi Milik Microsoft Mulai 25 April, Namanya Berubah Menjadi Microsoft Mobile Oy). Mereka memperbaiki aplikasi pemetaan tersebut dan menantang para pemain lain, seperti Google Maps yang masih terbatas karena harus online, dan peta standar Apple yang pernah mendapat hujatan karena bug yang memalukan (baca: Tragedi Apple dan iOS 6, Aplikasi Peta iPhone 5 Ternyata Menyesatkan!). Bisa jadi Nokia ingin memastikan peta offline mereka ini bekerja dengan baik, dan mereka mengujinya dulu dengan Samsung melalui smartwatch Tizen dan smartphone Galaxy, sampai kini membuka aksesnya ke semua Android.

Nokia-HERE-Maps-3

Peta HERE membutuhkan minimal OS Android 4.1 Jelly Bean, dan jatah memory RAM 1GB untuk memaksimalkan fitur offline aplikasi ini. Tidak seperti aplikasi pemetaan lainnya, HERE tidak perlu koneksi internet, namun lebih bergantung pada sistem GPS saja. Peta dari wilayah kalian tentu harus terlebih dahulu diunduh dan disimpan di di storage Android. Aplikasi ini belum tersedia di Google Play Store, namun bisa diunduh manual dari http://here.com/beta/android. Untuk detail panduan menginstall file .apk-nya bisa kalian lihat dari tautan ini.


SHARE
Previous articleAndroid 5.0 Lollipop Juga Dipastikan Hadir Untuk HTC, Samsung dan LG Segera Menyusul
Next articleNgakak Dulu! Hanya Orang Bego yang Bikin Produk Setolol Ini!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.