Di Buku Inilah Masa Depan Ekonomi Kreatif Indonesia Dirancang

duniaku-ekonomikreatif

Tidak bisa dipungkiri, ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor yang berkembang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Diprediksi, perkembangannya bakal semakin pesat dalam lima hingga sepuluh tahun mendatang. Bahkan rumor yang sempat muncul sebelumnya menyebutkan, bahwa Presiden Jokowi siap memberikan perhatian khusus terhadap sektor ini dengan memecah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menjadi dua, yaitu Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif (baca: Akankah Masa Depan Industri Game Indonesia Berada di Tangan Lembaga Ini?).

Namun sampai saat ini, Presiden Jokowi masih belum juga mengumumkan siapa menteri dan kepala badan yang akan mengisi pos tersebut. Sembari menunggu kepastian dari Presiden Jokowi, untuk sementara kita bisa terlebih dulu membaca buku Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Ekonomi Kreatif yang berjudul Ekonomi Kreatif: Kekuatan Baru Indonesia Menuju 2025 yang diterbitkan oleh Kemenparekraf baru-baru ini.

Buku yang bisa kamu dapatkan secara gratis ini terdiri atas lima bagian. Bab pertama yang merupakan Pendahuluan berisi evolusi dari konsep pengembangan ekonomi kreatif serta penjelasan mengenai mengapa ekonomi kreatif perlu dikembangkan di Indonesia. Bab kedua menjelaskan perkembangan ekonomi kreatif Indonesia, termasuk memaparkan bagaimana kondisinya dibandingkan dengan negara lain, serta potensi yang dimiliki di masa yang akan datang. Bab ketiga berisi arahan strategi rencana pembangunan jangka panjang nasional yang sudah ditetapkan melalui UU No. 17 tahun 2007.

duniaku-parekraf

Sedangkan bab 4 menjadi inti dari buku ini yang menjelaskan kerangka strategis pengembangan ekonomi kreatif selama sepuluh tahun mendatang hingga 2025. Bab 4 ini berisi rencana pengembangan yang meliputi berbagai aspek seperti ruang lingkup, isu strategis yang dihadapi, visi dan misi serta tujuan pengembangan ekonomi kreatif ini. Buku ini ditutup dengan kesimpulan dan saran yang berisi pokok pikiran utama dari keseluruhan isi serta langkah-langkah yang harus dilakukan ke depan agar rencana yang sudah disusun bisa berjalan dengan efektif.

Buku ini disusun sistematis dengan bahasa yang tidak terlalu berat agar mudah dipahami oleh semua kalangan. Kemenparekraf sendiri menargetkan buku ini bisa dibaca oleh para pelaku industri ekonomi kreatif, mulai dari kalangan pemerintah, bisnis, intelektual, komunitas, media, pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umum. Diharapkan masing-masing kalangan tersebut bisa mendapatkan gambaran terkait industri ekonomi kreatif secara keseluruhan. Sebagai contoh bagi pemerintah, buku ini diharapkan dapat memberikan acuan dan panduan dalam mengembangkan program dan kegiatan terkait ekonomi kreatif di Indonesia. Atau bagi kamu yang masih berstatus mahasiswa atau pelajar, buku ini bisa memberikan inspirasi bagimu untuk bekerja dan berkarya di bidang ekonomi kreatif.

Penasaran seperti apa bukunya? Kamu bisa men-download-nya secara gratis di halaman ini. Tetapi sebelum bisa men-download-nya, kamu harus terlebih dahulu mendaftarkan dirimu melalui halaman ini.


SHARE
Previous articleDaftar Terlengkap 54 Fitur Baru Super Smash Bros. for Nintendo Wii U!
Next articleReview Ouija: Mengagetkan, Tapi Tidak Lebih Bagus dari Board Game Indonesia
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.