Mengenal Para Jomblo’ers dan Jomblowati Dalam Harvest Moon: The Lost Valley

Harvest-Moon-The-Lost-8

Natsume mengumumkan seri Harvest Moon terbaru mereka selama E3 2014 pertengahan tahun ini. Game yang disebut sebagai Harvest Moon: The Lost Valley tersebut dikembangkan untuk Nintendo 3DS, dan dianggap sebagai titik evolusi franchise Harvest Moon. Natsume akan membuat game ini disukai pemain hardcore serial tersebut, namun dengan tetap membuatnya juga menarik di mata pemain baru yang pertama kali mencoba dunia Harvest Moon.

Harvest-Moon-The-Lost-10

Menurut Natsume, dalam The Lost Valley yang akan dirilis 4 November mendatang ini ada dua pilihan karakter utama (pilih salah satu, namanya Pete atau Claire). Mereka dikisahkan sedang berjalan di pegunungan, dan tiba-tiba terperangkap dalam badai salju. Meskipun berhasil menemukan tempat perlindungan berkat bantuan Harvest Sprite, namun ada masalah yang harus dipecahkan sebagai balasan keselamatan dari para Sprite, yaitu mengembalikan 4 musim ke lembah yang menjadi setting (Lost Valley), karena saat ini hanya musim dingin saja yang eksis, dan membuat lembah tersebut kurang nyaman ditempati. Kalian memerlukan bantuan para penduduk, Harvest Sprite, Harvest Goddess, dan bahkan juga King of the Underworld untuk menjalankan misi tersebut.

Harvest-Moon-The-Lost-9

Selain karakter kalian, sepanjang game juga ada karakter NPC lain untuk berinteraksi. Natsume menyebutnya sebagai Bachelor dan Bachelorette (ya, para bujangan dalam game, yang tentu saja, bisa dinikahi), selain itu juga ada Villager (mereka entah memiliki istri/suami atau anak) serta para Harvest Sprite, yang menjadi salah satu ikon serial Harvest Moon dan selalu ada dalam setiap serinya. Setiap karakter, khususnya para bujangan, memiliki peran dan karakternya sendiri, dan mereka akan berkembang juga di Lost Valley seiring hubunganmu dengan mereka makin dalam. Seperti Bachelor Gilbert, pengelana yang akan mengajari kalian bagaimana cara memancing. Caranya berbicara juga unik, tertata seperti puisi. Makin jauh, dia juga memberi banyak pengetahuan mengenai sejarah dunia. Berikut daftar pada bujangan dan bujangwati yang bakal kalian temui sepanjang permainan.

Harvest-Moon-The-Lost-7
Tony

Tony merupakau putra tertua Brutus. Seperti ayahnya, dia juga dilatih untuk menjadi Blacksmith. Tony sebenarnya berbakat, namun sayangnya dia sebenarnya tidak ingin menjadi Blacksmith. Bujangan ini digambarkan memiliki karakter sensitif, serius, namun juga lembut, meskipun dia kerap dia menentang aturan ayahnya. Kalian perlu merayunya dengan baik agar dia mengungkapkan apa ambisi sebenarnya, dan membantunya untuk meraihnya!

Harvest-Moon-The-Lost-6
Gilbert

Kurang rasanya sebuah Harvest Moon tanpa seorang penyair. Gilbert (ada hubungan dengan bard lain bernama sama dari serial Final Fantasy?) menjadi penyair keliling yang mau saja menetap di Lost Valley jika dia memiliki alasan kuat untuk tinggal di sana. Seperti tipikal karakter penyair lainnya, kata-katanya adalah puisi, dan dia memiliki pengetahuan luas mengenai sejarah (terutama mengenai para Harvest Sprite) yang bisa menjadi menjadi aset dalam membantu permainan kalian. Dan seperti tipikal bard, dia rendah hati, dan lembut, serta akan mudah menyesal ketika membuat kesalahan, meskipun hatinya juga seakan tertutup begitu rapat. Darinya kalian bisa belajar cara memancing, satu keahlian yang sangat penting dibutuhkan untuk selamat melalui musim dingin yang panjang. Mampukah kalian memenangkan hatinya?

Harvest-Moon-The-Lost-5
Hunter

Jika Gilbert kurang macho, bagaimana dengan Hunter ini? Petani di Lost Valley yang memiliki keahlian dalam mengelola hewan ternak. Demikian dia dan hewan peliharaan Citizen di game ini bakal mudah akrab. Dan bisa lebih, seandainya kalian juga mampu dekat dengannya. Bukan sekadar ahli merawat hewan, Hunter yang pembawaannya tenang ini juga memiliki pengetahuan luas mengenai resep-resep pakan ternak, dan dia menjadi salah satu karakter yang akan mengajarimu mengenai beternak dan resep makanannya. Sepertinya dia lebih tertarik dengan pasangan berkaki empat. Namun kalian bisa juga meyakinkannya, bahwa untuk masa depan yang lebih baik, yang berkaki dua seperti karaktermu tentu saja lebih pantas.

Emily
Emily

Bujangwati pertama kita adalah Emily. Dia bekerja sebagai pelayan di restoran ibunya, sambil dia belajar mengenai bisnis keluarga tersebut. Mudah tersenyum, lincah dan bersemangat! Emily ini juga sangat takut pada serangga, selain itu, dia berjiwa petualang, dan karena itulah tidak mudah menyerah. Seperti ibunya, Hanna, dia mudah didekati, dan mencintai pekerjaannya. Selain itu, dia juga jago masak, dan ikut ambil bagian dalam Cooking Festival! Kalian perlu berusaha ekstra keras untuk mengalahkannya di dapur, dan sekaligus mendapatkan hatinya!

April
April

April dikenal sebagai gadis yang lembut. Putri Iris, yang berkelana sampai ke Lost Valley untuk memburu dan bunga ini memiliki mata seindah mata ibunya, bahkan rambut pirangnya pun sama. April juga akan menggantikan usaha ibunya yang ahli dalam bidang tanaman, dsan saat ini berlatih untuk menggantikan pekerjaan ibunya! April menyukai bunga, dan dia berharap bisa mengumpulkan semuanya yang tumbuh di Lost Valley dan membuat karangan bunga darinya (meskipun dia selalu tidak percaya diri dengan hasil karyanya). Lembut, murah hati, dan juga baik, jika mencari pasangan yang susah bad mood, April bisa menjadi pilihan. 

Catherine
Catherine

Catherine sedikit berbeda dengan para bujangwati lainnya, karena dia tumbuh di dalam sebuah mansion yang mewah. Dan jika kalian menyukai tantangan, Catherine bisa menjadi cewek terberat untuk ditaklukkan. Sikapnya dingin, dan karena itulah dia tidak memiliki banyak teman. Jika kalian tetap bersikeras menjadikannya pasangan, siap-siap saja stock sabar yang banyak, sampai akhirnya bisa menemukan bahka dia ini sebenarnya kesepian. Catherine banyak menghabiskan hidupnya sendiran dalam mansion, dan dia diajar untuk hidup mandiri, bahkan jangan mudah percaya pada orang lain. Dia gengsi mengakuinya, namun jauh di dalam hatinya, dia sebenarnya membutuhkan teman, hubungan dengan manusia lain, dan juga rasa kasih sayang.

Harvest-Moon-The-Lost-8

Seperti dalam seri sebelumnya, kalian bisa berinteraksi dengan mereka, dan makin dalam hubungannya, sampai mengarah ke jenjang pernikahan. Trailer terbaru yang dirilis Natsume menjelaskan seperti apa sistem marriage tersebut, dan bisa kalian lihat di bawah:

Mengenal Para Jomblo’ers dan Jomblowati Dalam Harvest Moon: The Lost Valley

Yang jelas mereka ini bukan JONES...

Abaikan

Selama di Lost Valley, kalian juga bakal bertemu karakter spesial, seperti penyihir. Ada dua yang sudah dikonfirmasikan. Pertama, Tabitha, witch yang mengakui dirinya sebagai yang nomer satu di dunia, meskipun pada kenyataannya dia sebenarnya malas. Jika bisa mengelabui orang lain melakukan pekerjaan untuknya, dia memilih cara tersebut. Keahlian sihirnya terfojus pada tumbuhan dan obat-obatan. Selama permainan diceritakan dia memiliki rival penyihir cowok bernama Gareth, meskipun rivalitas dengan wizard tersebut tidak ditunjukkan terang-terangan. Tabitha juga tidak suka dengan orang yang pemalu. Dia mulai muncul di saat karakter kalian membutuhkan bantuan menyelesaikan task yang berkaitan dengan Harvest Goddess.

Harvest-Moon-The-Lost-1

Sedangkan  Gareth juga sama seperti rivalnya, mengakui dirinya sebagai wizard yang paling berbakat, walaupun sikapnya yang aneh tidak membuktikan klaim tersebut. Seperti Tabitha, sihir Gareth akan kalian butuhkan ketika mendapat tugas yang berhubungan dengan Harvest God.


SHARE
Previous articlePrediksi Alur Cerita Saint Seiya Legend of Sanctuary!
Next articleBegini Cara Mencari Jejak Penyihir Cantik dalam Trailer The Witcher 3: Wild Hunt
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.