Dua Fitur Terbaru PlayStation 4 ini Pastinya Bikin Xbox One Keok!

PlayStation-4-2

Citizen pasti sudah mengetahui apa saja detail fitur yang akan diimplementasikan Sony ke dalam update software terbaru PlayStation 4, yang memiliki kode nama Masamume, melalui artikel kami sebelumnya (baca: Masamune Menjadi “Senjata” Baru Sony, Siap Menyayat Xbox One Sampai Habis!). Salah satu fitur update Masamune yang paling ditunggu gamer adalah Share Play. Dan menjelang diberikannya update tersebut, atau PlayStation 4 system software update v2.00, yang renananya bisa diunduh Selasa besok tanggal 28 Oktober, Sony memberikan video baru yang memperlihatkan seperti apa salah satu fitur paling inovatif dalam PlayStation 4 tersebut dijalankan.

PlayStation-4-Share-Play

Share Play bisa diaktifkan melalui tombol Share DualShock 4. Dengannya, kalian bisa mengundang teman untuk masuk bergabung dengan game kalian, bahkan meskipun mereka tidak memiliki kopi gamenya. Teman bisa masuk langsung sebagai pengguna local multiplayer atau mengambil alih kontroler kalian untuk membantu melalui sebuah puzzle atau lokasi yang kalian kesulitan melewatinya. Misalnya, untuk mainkan mode koperatip Far Cry 4 dengan hanya 1 kopi game saja (baca: Mengenal Ajay Ghale, Protagonis Utama dari Far Cry 4!). Lihat saja video berikut untuk lebih jelasnya:

Introducing Share Play on PS4 | #4theplayers

Dua Fitur Terbaru PlayStation 4 ini Pastinya Bikin Xbox One Keok!

Satu syaratnya, butuh koneksi internet cepat...

Abaikan

Sony menyebut Share Play seakan seperti “sofa di dunia maya”. PS4 bakal membuat sebuah pengalaman local co-op online, namun dengan rekan bermain tidak berada di sampingmu (duduk bersama dalam satu sofa), melainkan dia bisa saja berada ribuan kilometer dari posisi Citizen bermain saat ini. Share Play memungkinkan kalian mengundang seorang teman di jaringan PS4 untuk ikut bermain selama satu jam — meskipun mereka tidak memiliki kopian gamenya.

PlayStation-4-Update-7

Share Play memiliki tiga fungsi utama:

  • Share Screen – Membagikan layar dengan teman, memungkinkan mereka mengamati permainanmu. Cocok gamer PS4 yang ingin melihat teman mereka bermain dan kemudian memberikan tips (bisa juga untuk kalian yang punya pasangan gamer dan lagi dalam kondisi Long Distance Relationship, bosan chatting bisa mencoba cara kencan ala Share Play tersebut). PlayStation Plus tidak diperlukan untuk memanfdaatkan fitur tersebut.
  • Hand over my controller – Memberikan kontroler DualShock 4 kalian ke teman. Ya, seakan-akan demikian, karena itu kontroler virtual (kecuali kalian punya portal kemana-sajanya Doraemon dan bisa langsung berikan kontroler yang sebenarnya ke temanmu di negara lain). Setelah kendali game kalian berikan ke teman, Citizen bisa melihat mereka bermain dan itu bisa saja semacam bantuan untuk melalui keadaan sulit dalam suatu game. Teman tidak perlu memiliki kopian gamenya, atau bahkan mengunduh keseluruhan gamenya, untuk menggunakan fitur ini. Juga cocok untuk mengenalkan (baca: pamer!) sebuah game ke teman jika Citizen memiliki game baru. Untuk satu ini, maka sang host (yang memberikan kontroler) memerlukan menjadi anggota PlayStation Plus, sedangkan guest-nya tidak.
  • Hand over another controller – Ini yang menarik. Jika suatu game mendukung local multiplayer, kalian bisa membuat teman masuk dalam permainanmu sebagai player kedua. Teman tidak perlu memiliki gamenya, atau mengunduh keseluruhan gamenya untuk menggunakan fitur ini. Keduanya harus menjadi anggota PlayStation Plus untuk menggunakan fitur ini.

Menurut kalian, game PS4 apa saja ya yang harus mendukung fitur Share Play ini?


SHARE
Previous articleInilah Samsung Galaxy yang Segera Kebagian Android Lollipop
Next articleHanya Pemain Game Online Yang Paham Perjuangan Ini
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.