Twitch Larang Penggunanya “Setengah Telanjang” Di Depan Kamera

Twitch-3

Layanan streaming online terkenal Twitch baru saja membuat perubahan signifikan pada bagian “Rules of Conduct”, khususnya untuk berurusan dengan para broadcaster yang mengenakan pakaian minim, atau bahkan tampil topless.

Jika kalian sering menikmati video dari banyak channel Twitch, ada diantaranya yang justru seakan lebih menjual penyiarnya, seperti dengan membuat mereka sangat menarik dengan kostum yang menggoda. Atau ada juga channel lainnya justru menempatkan posisi kamera sedemikian rupa, sehingga bagian tubuh penyiarnya yang terlihat lebih menyita perhatian dibandingkan gameplay game yang saat itu diulas.

Praktek tersebut sedikit membuat tujuan utama Twitch dipertanyakan. Padahal juga banyak yang mengenalnya sebagai penyedia layanan video live streaming yang terfokus pada video panduan bermain video game yang dibagikan oleh para penggunanya, selain juga broadcast suasana kompetisi e-sport (seperti League of LegendsDOTA 2, dan Pokémon). Penampilan para penyiar yang disengaja terlihat menggoda tersebut sebenarnya sudah lama menjadi topik hangat di kalangan komunitas, dan meminta pihak Twitch untuk bertindak. Dan baru kali ini mereka memberi penegasan.

Twitch-2

Melalui update pada Rules of Conduct yang dipos kemarin, Twitch khususnya melarang apa yang mereka sebut “sexually suggestive clothing” atau pakaian yang memperlihatkan kesan seksual. Keseluruhan pos Twitch tersebut bisa kalian baca di bawah:

Dress…appropriately Nerds are sexy, and you’re all magnificent, beautiful creatures, but let’s try and keep this about the games, shall we? Wearing no clothing or sexually suggestive clothing – including lingerie, swimsuits, pasties, and undergarments — is prohibited, as well as any full nude torsos, which applies to both male and female broadcasters. You may have a great six-pack, but that’s better shared on the beach during a 2-on-2 volleyball game blasting “Playing with the Boys.” We sell t-shirts, and those are always acceptable. #Kappa

Hashtag #kappa merupakan istilah gaul Twitch yang menggambarkan sarkasme atas obyek yang ingin dilaran dalam aturan baru di atas.

Sebelumnya, akhir Agustus 2014 lalu layanan streaming yang mulai beroperasi Juni 2011 lalu ini resmi diambil alih oleh Amazon dengan nilai US $970 juta, atau sekitar Rp. 11,3 triliun (baca: Amazon “Mendepak” Google, Dapatkan Layanan Streaming Game Guide Twitch). Menjadi bagian dari Amazon akan membuat Twitch berbuat lebih banyak lagi bagi komunitas gamer. Mereka akan dapat menciptakan alat dan layanan lebih cepat dari yang bisa mereka lakukan sendiri. Perubahan ini akan berarti besar bagi komunitas pengguna Twitch, dan akan membawa Twitch bisa dijangkau lebih banyak orang di seluruh dunia. Dan tentunya dengan aturan baru ini, semua channel Twitch bisa layak dinikmati oleh semua usia.

Bagaimana menurut kalian Citizen? Apakah setuju melarang wanita berkostum “sedikit terbuka” menyiarkan sebuah channel streaming di Twitch? Atau, kalian justru menikmati channel seperti itu?

Sumber: Twitch


SHARE
Previous articleRumor : Pemeran Sherlock Holmes bakal Menjadi Doctor Strange!
Next articlePlayStation 4 Membuka Peluang Mata Pencaharian Baru, Menjadi Joki Ngegame!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.