[Spoiler Alert!] Jangan Baca Artikel Ini Sebelum Film The Avengers: Age of Ultron dirilis!

Setelah beberapa hari yang lalu trailer perdana The Avengers: Age of Ultron bocor secara online (baca: Bedah Tuntas Teaser Perdana Avengers: Age of Ultron), seluruh dunia seakan langsung bereaksi membicarakan trailer ini. Tidak heran mengapa sampai demikian, karena trailer-nya sendiri begitu epik dengan munculnya Ultron, salah satu musuh paling menakutkan dalam dunia Marvel; pertarungan antara kedua raksasa, Iron Man dalam armor Hulkbuster melawan Hulk; dan kemunculan tokoh-tokoh baru. Tetapi tentu saja, alasan utama yang menyebabkan mengapa trailer ini banyak dibicarakan adalah karena banyaknya ‘misteri’ didalamnya!

Dan salah satu misteri terbesar tersebut adalah kemunculan aktor bernama Andy Serkis.

[Kanan] Caesar | [Tengah] Andy Serkis | [Kiri] Gollum
[Kanan] Caesar | [Tengah] Andy Serkis | [Kiri] Gollum

Mulai dari Gollum (Lord of the Rings) hingga Caesar (Planet of the Apes), jika ada penghargaan Oscar dengan kategori ‘King of Motion Capture Performance’ maka Andy Serkis-lah orang yang pantas mendapatkannya. Andy Serkis bahkan memiliki studionya sendiri, The Imaginarium Studios, untuk pembuatan animasi digital berdasarkan performance capture. Tidak hanya membantu Mark Rufallo dalam memerankan Hulk, Andy Serkis juga akan memainkan ‘seseorang’ karakter dalam The Avengers: Age of Ultron.

[Kiri] Ulysses Klaw dan [Kanan] Andy Serkis. Mirip banget kan?
[Kiri] Ulysses Klaw dan [Kanan] Andy Serkis. Mirip banget kan?

Ada sebuah adegan dalam trailer dimana Andy Serkis akan memainkan seorang karakter manusia dengan jenggot unik dan mirip dengan karakter Ulysses Klaw, seorang supervillain dalam komik yang bertarung melawan The Avengers dan Black Panther. Dia memiliki kemampuan untuk mengendalikan suara sedemikian rupa dan menggunakannya sebagai senjata dan mengubah wujud fisiknya.

Jika Serkis benar-benar memainkan Klaw, dan karena Ultron membuat The Vision (baca: Marvel Tunjuk Paul Bettany Untuk Perankan Vision dalam The Avengers: Age of Ultron!), maka kemungkinan besar adalah Ultron meminta bantuan Klaw untuk menggunakan Vibranium dalam pembuatan The Vision.

Ya, Vibranium: logam super langka yang dipakai untuk membuat perisai Captain America dan berasal dari Wakanda, kampung halaman Black Panther.

The Black Panther Ladies and Gentlemen!
The Black Panther Ladies and Gentlemen!

Adanya Ussyles Klaw dan Vibranium merupakan satu indikasi yang menunjukkan akan munculnya Black Panther. Masih belum cukup? Baiklah, kita menuju bukti ke-2.

Kemunculan Perdana Ultron
Kemunculan Perdana Ultron

Saat pertama kali Ultron muncul, wujudnya sangatlah tidak karuan. Tubuhnya terbentuk secara acak dari bagian-bagian armor tua dan terpakai milik Tony Stark. Setelah itu, dimunculkan pasukan Ultron yang terlihat lebih lengkap dan garang, keluar dari dalam air (gambar dibawah).

Ultron Bot
Salah satu pasukan Ultron

Lalu, jika kita melihat salah satu adegan dimana semacam logam cair dituangkan menuju tangan robot:

Apply Hot Metal To Your Robotic Arm
Apply Hot Metal To Your Robotic Arm

Dan kita urutkan kronologinya, maka salah satu kemungkinan paling logis adalah: muncul versi akhir Ultron (diperankan oleh James Spader) yang memiliki mata dan mulut, dan secara keseluruhan seperti wajah manusia seperti gambar dibawah ini.

"There Are No Strings On Me"
“There Are No Strings On Me”

Ultron dalam versi komik memiliki tubuh yang terbuat dari Adamantium. Ya, benar: Adamantium milik Wolverine. Sayangnya Wolverine dan X-Men dimiliki oleh studio Fox, sehingga penggunaan kata Adamantium dilarang digunakan oleh studio Marvel.

Jadi, kemungkinan besar adalah Adamantium ini akan digantikan oleh Vibranium.

Hal ini semakin diperkuat ketika Chris Hemsworth, pemeran Thor, mengatakan dalam Comic-Con beberapa bulan yang lalu bahwa Ultron hanya bisa melawan Thor setelah meng-upgrade dirinya dengan vibranium. Dan tampaknya Vibranium ini juga yang akan memberikan Ultron kekuatan untuk menghancurkan persai milik Captain America. Karena dalam dunia Marvel, ada sebuah aturan tidak tertulis dimana hanya logam yang memiliki tingkat kekerasan yang setara atau lebih tinggi-lah yang dapat menghancurkan logam tersebut. (Adamantium dengan Adamantium, dan Vibranium dengan Vibranium).

Perisai Captain America Yang Hancur
Perisai Captain America Yang Hancur

Hanya sekedar berbagi informasi, kehancuran perisai ini mirip dengan versi komik The Avengers: Age of Ultron. Nampaknya versi film The Avengers: Age of Ultron ini akan sama-sama kelam dan penuh dengan rasa putus asa seperti dalam versi komik.

Desperate... Desperate...
Desperate… Desperate…

Dengan dipastikan akan munculnya Vibranium, dan juga kemungkinan besar munculnya Ulysses Klaw, maka tentu saja muncul spekulasi akan hadirnya Black Panther nanti. Ya, saya tahu Black Panther tidak muncul sama sekali dalam teaser trailer perdana The Avengers: Age of Ultron, tetapi siapa yang dapat memastikan ketidakmunculannya? Bisa saja ini merupakan suatu kejutan dari Joss Whedon, sang sutradara, ketika The Avengers: Age of Ultron dirilis nanti (kecuali jika kamu sudah membaca artikel ini hingga bagian ini).

1 - 0 Untuk Black Panther!
1 – 0 Untuk Black Panther!

Saya sendiri sangat berharap akan kemunculan Black Panther dalam The Avengers: Age of Ultron.  Superhero yang satu ini bisa dikatakan sebagai ‘Batman-nya Marvel’ karena sama-sama jenius, memiliki banyak persenjataan, ahli dalam melakukan penyelidikan layaknya detektif, dan tentu saja, sama-sama ahli dalam bertarung (Captain America saja pernah kalah melawan Black Panther). Oh, dan selain itu, kemunculan Black Panther ini juga berguna sebagai pengobat rasa kecewa karena tidak munculnya Ant-Man alias Hank Pymm, sang kreator asli Ultron dalam versi komiknya.