10 Game Berikut Ini Bisa Membuatmu Pipis di Celana!

Halloween-21

Pada bulan Oktober, dibeberapa negara, terutama negara barat seperti Amerika Serikat, selalu dirayakan Halloween. Halloween adalah perayaan tahunan yang dirayakan tepatnya tanggal 31 Oktober. Halloween sendiri berasal dari festival Samhain yang dirayakan oleh orang Kelt zaman kuno. Festival ini merupakan perayaan akhir musim panen dimana mereka menyembelih hewan dan menimbun makanan untuk persiapan musim dingin. Orang-orang ini  percaya, saat Halloween atau pada tanggal 31 Oktober, adalah saat dimana dunia orang mati dan dunia orang hidup menyatu. Arwah orang-orang mati ini mereka percayai akan membawa penyakit dan bencana. Oleh karena itu, mereka mengenakan kostum seram untuk menakuti-nakuti arwah orang mati tersebut. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa banyak orang terutama anak-anak mengenakan kostum seram saat Halloween.

Mungkin kita di Indonesia jarang menemui ada perayaan Halloween seperti yang ada di negara-negara barat. Namun bukan berarti kita tidak bisa ikut merayakannya lho. Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk merayakannya adalah dengan bermain game. Tentunya bukan game-game sembarangan, akan tetapi untuk mendapatkan sensasi Halloween yang sesungguhnya, kita harus bermain game-game yang bernuansa horror.

Bingung memainkan game apa untuk menemani malam Halloween-mu? Berikut ini ada sepuluh game pilihan dari Duniaku untuk menemanimu!


1

DreadOut


dreadout

Kita mulai dengan game yang dibuat oleh salah satu developer Indonesia, Digital Happiness. DreadOut bercerita tentang sekelompok anak SMA yang terjebak dalam sebuah kota yang telah lama ditinggalkan. Dalam game ini kamu akan bermain sebagai Linda. Dengan menggunakan gadget-nya, kamu harus keluar dari kota yang penuh dengan hantu.

Gameplay-nya mirip dengan Fatal Frame, kamu menggunakan cahaya blitz kamera untuk mengalahkan atau mengusir hantu-hantu yang ada. Akan tetapi, berbeda dengan Fatal Frame, DreadOut memiliki nuansa yang lebih modern. Banyak hantu lokal yang muncul dalam game ini, mulai dari Sundel Bolong, Kuntilanak hingga Babi Ngepet. Game yang bagus untuk mempopulerkan hantu-hantu lokal ke dunia internasional.


2

The Evil Within


evil-within

Jika kamu kangen akan sebuah game yang benar-benar ‘survival-horror’, maka The Evil Within akan mengobati rasa kangenmu tersebut. The Evil Within bercerita tentang Sebastian Castellanos yang sedang menyelidiki kasus pembunuhan masal. Saat penyelidikan, Sebastian mendapati sebuah kekuatan misterius dibalik pembunuhan tersebut yang akhirnya membawanya ke dunia lain. Nah, tugasmu disini adalah bermain sebagai Sebastian dan berusaha untuk keluar dari dunia lain itu hidup-hidup sambil memecahkan misteri yang ada.

Game ini digarap oleh Shinji Mikami, sang ayah dari game survival horror dan orang yang menggarap seri Resident Evil. Akan tetapi, berbeda dengan Resident Evil yang sarat akan fiksi ilmiah, The Evil Within akan lebih fokus ke supernatural layaknya Silent Hill. Dalam game ini, jangan harap kamu akan menemukan senjata berat yang bisa memberondong musuh dengan tembakan bertubi-tubi. Kamu bisa menggunakan berbagai senjata seperti pistol, pisau, kapak, panah dan senjata lainnya, tapi jangan harap kamu akan terlihat hebat, karena The Evil Within akan benar-benar membuatmu terlihat lemah. Kemampuanmu dalam bertahan hidup akan benar-benar diuji dalam game ini. Sudah siap?


3

Alien Isolation


Alien-Isolation-3

Alien: Isolation mengambil setting cerita yang tidak berbeda jauh dengan filmnya tahun 1979. Dalam game ini, kamu bermain sebagai Amanda Ripley, anak dari Ellen Ripley yang merupakan tokoh utama dalam film originalnya. Jika kamu pernah memainkan Outlast maka kamu akan langsung akrab dengan gameplay Alien: Isolation. Ya, karena model dari gameplay-nya tidak jauh berbeda: kamu hanya bisa berlari dan bersembunyi ketika bertemu dengan Xenomorph.

Kamu mungkin akan mendapatkan senjata seperti pistol, pelontar api, ataupun senjata lainnya, tetapi senjata-senjata tersebut hanya berguna untuk melawan manusia lain atau robot android yang kamu temui. Senjata itu hampir tidak berguna sama sekali untuk melawan Xenomorph. Kamu tidak akan dapat membunuh Xenomorph dengan senjata tersebut, melainkan hanya ‘mengalihkan perhatiannya’. Intinya, hanya dua hal yang bisa kamu lakukan ketika bertemu dengan Xenomorph: berlari dan sembunyi. Game ini menjanjikan banyak sekali hiburan, ketegangan, jumpscare dan juga… kematian!


4

Counter Strike Online Zombie


cso-zombie

Berbeda dengan tiga game sebelumnya yang lebih beraroma survival horror, dalam mode Zombie di Counter Strike Online (CSO) ini kamu bisa bekerja sama dengan teman-temanmu untuk menghadapi gerombolan zombie yang datang. Selain penampilan zombie dalam game ini yang cukup menyeramkan (meskipun tidak dalam taraf membuatmu kaget seperti tipikal game horor), tingkat kesulitannya semakin lama akan semakin kuat dan menuntut pemain agar lebih agresif dan kerja sama tim yang baik.

Yap, bagi kamu yang takut bermain sendirian, tapi tetap ingin merayakan Halloween dengan bermain game, mode Zombie dari CSO ini bisa menjadi pilihan. Apalagi kamu bisa tetap kumpul bersama teman-temanmu di dalam game, tanpa harus keluar dari rumah. Pastikan saja zombie-nya tidak sampai menghantui pikiranmu, karena di alam mimpi kalian tidak bisa memberondongnya dengan tembahan seperti ketika bermain gamenya. Tertarik? Kamu bisa mengunduh gamenya dari tautan berikut ini.


5

Outlast


outlast

Sebuah rumah sakit jiwa selalu menjadi tempat yang cocok dalam setiap cerita horor.Yah, orang sakit jiwa atau orang gila selalu memiliki perilaku yang tidak dapat diprediksi bukan? Tapi bagaimana jadinya jika orang-orang itu memiliki penampilan yang seram seperti misalnya: mulut dan mata yang terjahit, badan besar dan menjijikkan, atau wajah yang terkoyak-koyak? Outlast akan menjawab semua itu.

Game ini kental sekali dengan elemen kejutan yang akan membuatmu melompat kaget. Adegan kejar-kejaran dengan orang-orang gila itu benar-benar mendebarkan. Belum lagi ketika kamu sedang bersembunyi dan tokoh yang kamu mainkan tidak bisa berhenti mengeluarkan nafas berat orang yang ketakutan.


6

Silent Hill 2


silent hill 2

Jika ada satu judul dari seri Silent Hill yang masuk ke dalam list ini, maka Silent Hill 2 adalah judul yang tepat. Semua yang dicari dari sebuah game horor ada disini. Game ini memiliki nuansa yang seram yang pekat mulai dari opening hingga ending.

Game ini menciptakan sebuah suasana yang akan membuat kamu merasa tidak nyaman dan gugup, baik dalam segi gameplay maupun story. Belum lagi puzzle yang membingungkan dan juga monster-monster misterius yang kamu hadapi seperti misalnya, yang paling ikonik: Pyramid Head.


7

F.E.A.R


fear

Game ini mungkin lebih dikenal sebagi game shooter daripada game horor, tetapi F.E.A.R. masuk kedalam list karena antagonis utamanya yang menyeramkan, Alma, seorang gadis kecil yang bisa memutilasi manusia hanya dengan kekuatan pikiran. Disetiap pojok ruangan atau koridor, kamu akan bisa melihat kemunculan sekilas Alma diiringi dengan lampu yang mati dan menyala berkali-kali.

F.E.A.R. bisa dikatakan sebagai game pertama yang memaksimalkan sudut pandang orang pertama atau first-person perspective untuk menciptakan jumpscare, menggunakan tangga dan lorong yang panjang untuk mempersempit pandangan pemain.


8

Resident Evil 4


resident evil 4

Sebenarnya, kami ingin memasukkan semua judul Resident Evil ke dalam list ini. Akan tetapi, kami pikir hal itu tidak adil, karena banyak juga game lain yang layak untuk masuk ke dalam list. Jadi, kami akan memilih Resident Evil 4 sebagai wakil dari semua game Resident Evil.

Grafis yang indah (pada zamannya), story yang menarik, dan gameplay yang luar biasa bagus membuat game ini wajib untuk dimainkan. Monsternya pun beragam mulai dari raksasa, El Gigante, hingga si kembar pembawa gergaji, ‘Bella Sister’.


9

Dead Space


dead space

Visceral Games menciptakan sebuah game yang mengerikan diluar angkasa hitam yang luas dan sunyi. Dalam game ini kamu akan berperan sebagai salah satu tokoh paling tidak beruntung sedunia, Isaac Clarke. Isaac yang seorang engineer ini memiliki tujuan awal untuk memperbaiki pesawat luar angkasa USG Ishimura sambil mencari keberadaan pacarnya. Akan tetapi, semua tidak berjalan sesuai dengan rencana.Seluruh awak dalam pesawat tersebut ternyata telah berubah menjadi monster bernama Necromorph, dan Isaac terpaksa harus bertahan hidup menggunakan alat-alat seadanya.

Dead Space memiliki 2 sekuel: Dead Space 2 dan Dead Space 3. Meskipun sekuel tersebut bukanlah game yang jelek dan memiliki fitur-fitur baru, tetap saja ke-‘seram’-an dan originalitas masih berada pada game pertama.


10

Fatal Frame II: Crimson Butterfly


fatal frame 2

Banyak yang berpendapat bahwa seri Fatal Frame adalah game paling seram yang pernah dibuat, dan memang pendapat ini tidak sepenuhnya salah. Seri kedua yang berjudul Fatal Frame II: Crimson Butterfly membawamu menuju sebuah desa yang terputus dari dunia nyata.

Suasana dalam game akan membuatmu merasa tak nyaman. Kamu akan dikelilingi oleh roh-roh jahat yang tidak terlihat dengan mata telanjang. Kamu hanya bisa mendengarkan mereka menggeram dibelakangmu, merayap dalam kegelapan. Satu-satunya cara untuk mengalahkan atau mengusir mereka adalah dengan menggunakan sebuah kamera tua, dan harus dari jarak dekat! Cheese!!

Itulah sepuluh game pilihan kami untuk menemanimu dalam merayakan malam Halloween. Ada game horror lain yang menjadi favoritmu? Share pendapatmu di kolom komentar ya!


SHARE
Previous articleMainan Ini Bisa Bikin Dedek Bayi Selfie Sendiri!
Next articleiPhone 6 Bakal Lebih Laku Jika Dibuat Dengan Spec Setinggi Huawei Honor 6
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.