Kalian Mutlak Butuh Cahaya Ketika Berada Dalam Dunia Alone in the Dark

Alone-in-the-Dark-Illu-1

Walaupun Atari pada Januari 2013 lalu sempat nyaris bangkrut, namun ternyata mereka survive, dan kini serius menekuni bisnis game social casino, serta masih mencoba mengangkat franchise alamanya. Selama PAX Prime akhir pekan lalu, untuk pertama kalinya mereka menunjukkan seperti apa Alone in the Dark: Illumination. Game yang dibuat eksklusif PC Windows dengan rencana rilis akhir tahun ini itu mencoba membawa nama Alone in the Dark yang sudah kita kenal sebagai game action survival horror, berubah menjadi action co-op yang membutuhkan kerjasama melalui 4 anggota tim. Bahkan aslinya judul game ini adalah Alone in the Dark: Online, karena salah satu syarat bisa memainkannya adalah koneksi internet yang konstan.

Alone-in-the-Dark-Illu-5

Alone in the Dark: Illumination merupakan game keenam dari serial Alone in the Dark, dan menjadi yang pertama yang mengharuskan syarat permainan online serta koperatif selama gameplay-nya. Ya, memang nuansanya masih horor, namun mekanisnya lebih terfokus keaction third-person shooter, dengan karakter yang pengembangannya berdasarkan class. Bayangkan sebuah Left 4 Dead, namun dibumbui dengan lebih banyak unsur supranatural. Selama bermain, kalian akan memilih salah satu class karakter (keturunan dari para karakter game sebelumnya), dan bermain secara co-operative bersama tiga pemain lainnya yang harus bekerjasama dalam memecahkan misteri dalam sebuah setting action-horror (baca: Alone in the Dark Illumination Seperti Left 4 Dead Bernuansa Supranatural).

Alone-in-the-Dark-Illu-2

Game yang dikembangkan oleh developer Pure FPS ini berbeda dengan Alone in the Dark terakhir yang dirilis tahun 2008 lalu, dan menyampaikan ceritanya secara gamblang melalui cutscene serta dialog. Kali ini, Pure FPS menceritakan cerita Illumination secara tidak langsung, dan kalian perlu mempelajarinya melalui progress dan interaksi dengan yang lain, mirip dengan Left 4 Dead (baca: Tidak Baik Main Sendirian Dalam Gelap, Co-Op yang Pas Butuh 4-Player!). Kalian juga bakal memahami setiap anggota class karakter dalam game seiring berjalannya cerita.

Alone-in-the-Dark-Illu-4

Illumination dimulai dengan hunter yang mulai mengetahui ketika minion Cthulhu menculik seorang penyihir, class kedua yang akan kalian kendalikan. Pengungkapan anggota class karakter tersebut akan terus berlanjut sampai keempat class, termasuk di sana priest dan engineer, diselamatkan atau terbuka untuk penerapan single-player.

Alone-in-the-Dark-Illu-3

Seperti dalam Alan Wake, musuh dalam Illumination dipengaruhi cahaya. Kalian harus mengakfitkan sumber cahaya untuk mengalahkan musuh. Ditambah lagi, class hunter dilengkapi pelontar api, yang bisa menciptakan sumber cahaya selama melalui area tertentu, atau bisa digunakan untuk membakar musuh.

Membuat keadaan lebih susah, lokasi musuh dan bahkah layout-nya dibuat random. Pintu yang terbuka selama satu permainan bisa saja pada permainanmu selanjutnya bakal terkunci. Level yang lebih jauh malah bisa berubah lebih drastis setiap kali kalian memasukinya. Level diselesaikan dengan menjelajahinya dari awal map, sampai akhir, dimana kalian mendapati ruangan mirip dengan safe house-nya Left 4 Dead menjadi tujuannya. Bedanya, dalam Illumination, pintu safe house besar bentuknya dan hanya dioperasikan secara mekanis, butuh waktu tertentu untuk terbuka, menjadikan ruangan dimana pintu tersebut berada bisa menjadi pertahanan terakhir sambil menunggu akses untuk selamat.

Alone-in-the-Dark-Illu-6

Meskipun game ini disebut sebagai shooter co-op (ya, karena memang menjadikan Left 4 Dead sebagai acuan), namun ternyata komponen online-nya belum tentu siap ketika game ini dirilis November 2014 ini (belum ada tanggal pastinya). Melihat game Alone in the Dark sebelumnya yang biasa-biasa saja, kami tidak heran jika kini developer mencoba mengambil mekanis dan komposisi class yang cukup digemari dari game lainnya, dalam hal ini co-op dalam Left 4 Dead, dan gaya permainan Alan Wake. Masukkan di sana atmosfer yang gelap, makin mencekam dengan kisah yang terinspirasi dari cerita serbuan kekuatan kegelapan dengan desain makhluk ala H.P. Lovecraft, serta dukungan kekuatan grafis Unreal Engine 4.

Atari dan developer baru saja merilis trailer pertama dari game ini, yang bisa kalian lihat di bawah:

Alone in the Dark: Illumination – Pre-Order Trailer

Kalian Mutlak Butuh Cahaya Ketika Berada Dalam Dunia Alone in the Dark

Sebuah game yang ngakunya memadukan Alan Wake, Resident Evil dan Left 4 Dead...

Abaikan

Trailer tersebut untuk mengiringi masa pre-order game ini melalui Steam. Masuk saja ke tautan berikut untuk pre-order Illumination (pre-order Alone in the Dark: Illumination). Untuk pemesanan awal, kalian mendapatkan Alone in the Dark: Illumination “Eldritch Edition,” dan di dalamnya berisi skin limited-edition karakter dan senjata, sekaligus akses awal versi beta game ini ketika akan diluncurkan versi betanya. Sayangnya, tidak disebutkan pastinya kapan Illumination dirilis, hanya harganya saja, yang ditawarkan US $29.99 di Steam. Sejauh ini hanya dikonfirmasikan versi PC Windows saja, belum ada kepastian versi konsolnya.


SHARE
Previous articleJudul Resminya Diumumkan! Simak Trailer Baru Furious 7!
Next articleAssassin’s Creed Unity Juga Bakal Hadirkan Setting Perang Dunia Kedua?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.