Akhirnya, Ada Solusi Backward Compatibility untuk Xbox One!

Xbox-One

Satu hal yang membuat para penggemar Xbox pusing ketika Xbox One dirilis di pasaran adalah ketidak mampuannya untuk memainkan game-game lawas Xbox 360 alias backward compatibility. Tidak ada jalan lain, jika kamu tetap ingin memainkan game-game Xbox 360, mau tidak mau kamu harus menyimpan DVD dan juga konsolnya, serta menyandingkannya di ruang bermainmu bersama dengan Xbox One yang kamu miliki. Satu hal yang cukup ribet memang.

duniaku-xbookduo-1

Namun akhirnya masalah tersebut akhirnya dipecahkan oleh seorang modder bernama Ed Zarick. Bagi kamu yang terus mengikuti berita-berita di Duniaku mungkin sudah sedikit tahu tentang modder satu ini. Ya, Ed adalah seorang modder yang beberapa waktu lalu sempat membuat Playbook 4 dan Xbook One (baca: Siapkan Uang 17 Juta Untuk Mendapatkan PS4 Portabel Ini!), versi portabel dari PS4 dan Xbox One yang dikemas dalam bentuk mirip sebuah laptop lengkap dengan layarnya. Kali ini, Ed juga memecahkan masalah backward compatibility tersebut dengan memperkenalkan laptop serupa yang diberi nama dengan Xbook Duo!

Akhirnya, Ada Solusi Backward Compatibility untuk Xbox One!

Yap, dengan ini Xbox One bisa memainkan game-game Xbox 360!

Abaikan

Singkatnya, Xbook Duo ini mirip dengan Playbook 4 maupun Xbook One. Yang membedakan adalah dalam Xbook Duo berisi Xbox 360 dan Xbox One sekaligus plus sebuah layar 22 inci. Jadi, masalah backward compatibility pun terpecahkan, dimana dengan memiliki satu laptop ini, kamu bisa memainkan Xbox One, sekaligus tetap bisa memainkan game-game Xbox 360 lamamu!

duniaku-xbookduo-2

Menurut Ed, meskipun berisi dua konsol, ukuran dari Xbook Duo ini hampir sama dengan Playbook 4 maupun Xbook One namun sedikit lebih tinggi. Xbook Duo memiliki dua disc tray, satu untuk Xbox One dan satu lagi untuk Xbox 360. Untuk menghemat tempat, Ed pun menggabungkan sumber daya dari dua konsol tersebut menjadi satu. Kamu bisa dengan mudah berpindah-pindah dari memainkan Xbox One ke Xbox 360 dengan menggunakan tombol yang sudah disediakan.

duniaku-xbookduo-3

duniaku-xbookduo-4

Namun sayang, Ed tidak menjual Xbook Duo layaknya Playbook atau Xbook One yang sudah dijual sebelumnya. Xbook Duo ini baru sebatas prototype saja. Namun ke depan, Ed tidak menutup kemungkinan Xbook Duo ini bakal dijual layaknya PlayBook maupun Xbook One.

Sepertinya jika jadi dijual nantinya, pasti kamu membutuhkan uang lebih dari Rp 17 juta untuk menebusnya ya…

[Sumber: Kotaku]


SHARE
Previous articleBeli Xbox One Sekarang, Dapatkan Cashback Rp. 600 Ribu!
Next articleSquare Enix Kembali Pamer Final Fantasy Type-0 HD
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.