Inilah The Expendables Indonesia: Pasukan Garuda 7

Bagaimana serunya jika sederetan bintang laga papan atas yang pernah berjaya di era 80-90an, seperti Barry Prima, George Rudy, dan Willy Dozan disatukan dalam sebuah film? Hmm, tentu bakal dahsyat sekali! Bahkan bisa disebut sebagai ‘The Expendables‘-nya Indonesia. Sambutlah Garuda 7!

Teaser Poster Garuda 7
Teaser Poster Garuda 7

Proyek Garuda 7 sudah diumumkan sejak tahun 2013 silam. Rencananya proses syuting akan dimulai bulan Januari tahun depan. Film disutradarai oleh Bagus Ariatama, di bawah bendera rumah produksinya. Proyek ini juga melibatkan produser asal Inggris, Bey Logan (Lady Bloodsport), bernama Lifevolution Pictures. Meski menggunakan nama ‘Garuda’, bukan berarti film ini punya kaitan dengan film superhero yang juga mengusung nama Garuda (baca: Inilah Tampilan Pahlawan Super Indonesia, Garuda Superhero).

Film ini bercerita tentang para pensiunan badan intelijen Indonesia yang membentuk kelompok agen mata-mata baru bernama Garuda 7. Mereka memutuskan untuk kembali beraksi demi melindungi harta karun Nusantara yang sudah ada sejak jaman Presiden Soekarno, yang kini sedang menjadi incaran para kriminal internasional.

... tapi kok cuma enam?
… tapi kok cuma enam?

Bintang-bintang laga yang akan beraksi dalam film ini antara lain adalah Barry Prima (Golok Setan), George Rudy (Serigala Jalanan), Willy Dozan (Duel: The Last Choice), Dede Yusuf (Jalan Membara), Avent Christie (Lelaki Sejati), Fendi Pradana (Saur Sepuh), dan sederet aktor lain.

Di teaser trailer perdananya, saya belum menemukan nama-nama legendaris macam Teddy Purba (Gundala Putra Petir), Ratno Timoer (Sunan Kalijaga dan Syech Siti Jenar), Benny G. Rahardja (Tutur Tinular), Anto Wijaya (Singgasana Brahma Kumbara), dan Lamting (Saur Sepuh/Tutur Tinular). Semoga saja nama-nama beken ini juga terlibat dalam film ini.

Inilah The Expendables Indonesia: Pasukan Garuda 7

Berry Prima, George Rudy, Willy Dozan, dan Dede Yusuf kembali berlaga!

Abaikan

Seperti yang tertera di promo posternya, deretan bintang internasional yang sudah dipastikan bergabung antara lain adalah Verdy Bhawanta (Mortal Enemies), Tim Man (Raging Phoenix), Ron Smoorenburg (Who Am I), Brahim Achabbakhe (Man of Tai Chi), Kazu Patrick Yang (Dragonwolf), serta tak ketinggalan Mark Dacascos (Brotherhood of the Wolf).

garuda5Yang menarik, sutradara Bagus Ariatama juga berusaha mendekati bintang-bintang action internasional, seperti Michael Dudikoff, Lorenzo Lamas, Richard Norton dan bintang Hong Kong, Simon Yam, untuk bergabung. Tampaknya seperti The Raid, film ini dipersiapkan tak hanya untuk tayang di Indonesia saja, tapi juga go international.

Saya pribadi, yang tumbuh bersama film-film laga 80-90an, sangat mengapresiasi film ini. Menurut saya budaya Indonesia bisa dikenalkan ke dunia internasional lewat beladiri, seperti halnya yang sudah dilakukan oleh film The Raid sebelumnya. Satu hal yang mengganjal, yaitu judul filmnya: Garuda 7. Kesannya seperti seri ketujuh dari suatu franchise film. Atau mungkinkah film ini terinspirasi dari novel Garuda 5: Utusan Iblis?

Garuda 5: Utusan Iblis adalah novel karya F.A. Purawan, yang juga mengangkat beladiri Indonesia. Sekilas, judulnya memang mirip ya?

 

 


SHARE
Previous articleSatu Lagi Film Yang Wajib Kamu Tonton Bulan Ini: Interstellar!
Next articleAngry Birds Kini Hadir di Line Rangers
Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.