8 Hal Yang Buat Captain Toad Jadi Ikon Nintendo Paling Imut

Captain-Toad-1

Selama event E3 2014 Juni lalu, Nintendo benar-benar all out mengeluarkan semua ikon dunia mereka untuk mendukung Wii U. Seperti terlihat dari salah satu judul barunya, Captain Toad: Treasure Tracker, game action platformer yang sarat unsur pemecahan puzzle yang dikembangkan untuk Wii U oleh studio first-party-nya, Nintendo EAD Tokyo, dan mengetengahkan aksi salah satu karakter dari kerajaan Jamur, Toad.

Captain-Toad-2

Game ini bakalan dirilis di Jepang minggu depan, tepatnya 13 November 2014, dan kemudian menyusul versi Barat-nya di Amerika Serikat pada 5 Desember, dan Eropa pada 2 Januari tahun depan. Mengiringi perilisan versi Jepangnya yang tinggal menghitung hari, Nintendo meng-update channel YouTube mereka dengan beberapa video baru, dan salah satunya berupa demo gameplay selama 10 menit, yang cukup bisa memberi gambaran jelas seperti apa gameplay game ini. Langsung saja kalian lihat di bawah trailer tersebut.

8 Hal Yang Buat Captain Toad Jadi Ikon Nintendo Paling Imut

Cute overload!

Abaikan

8 Hal Yang Buat Captain Toad Jadi Ikon Nintendo Paling Imut

Cute overload!

Abaikan

8 Hal Yang Buat Captain Toad Jadi Ikon Nintendo Paling Imut

Cute overload!

Abaikan


1

Captain yang Tak Kalah Imut, Toadette!


Selain ketiga video tersebut, informasi terakhir mengenai Captain Toad adalah karakter imut lainnya selain si Toad yang bisa kalian kendalikan selama permainan. Dia adalah jamur cewek yang sudah malang melintang di dunia Kerajaan Jamur, yaitu Toadette.

Captain-Toad-4

Toadette merupakan karakter yang berulang keluar di dalam serial Mario. Awalnya dikenalkan sebagai rekan Toad yang playable dalam Mario Kart: Double Dash!!, kemudian selalu muncul dalam game lainnya sebagai karakter playable, sekaligus juga menjadi karakter pendukung di Paper Mario: The Thousand-Year DoorDance Dance Revolution: Mario Mix, dan Mario Party DS. Penampilannya memang mirip dengan karakter toad lainnya, namun dalam Captain Toad: Treasure Tracker, Toadette dibuat mirip dengan Captain Toad, dimana dia mengenakan kostum petualang.


2

Karakter Imut Kalian Bisa Digandakan


Captain-Toad-6

Toadette diperkenalkan melalui sebuah trailer awal Oktober lalu. Trailer tersebut juga menunjukkan jika dalam game akan ada banyak staget yang bisa kalian jelajahi. Seperti terlihat dalam trailer, banyak area dan mekanis baru ditampilkan di sana, dan beberapa diantaranya meenggunakan layar sentuh pada GamePad untuk mengendalikan karakter, sekaligus juga memerlukan kerja sensor gyroscope pada kontroler. Misalnya, kalian perlu memiringkan kontroler tersebut untuk membidik dan kemudian menembak. Dalam video di bawah Nintendo juga mengkonfirmasikan item Double Cherry sebagai item (item yang pertama kali muncul di Super Mario 3D World, dan bisa menghasilkan replika karakter ketika digunakan), selain menunjukkan imutnya Captain Toadette, yang sempat diculik juga dalam game ini, dan perlu kalian selamatkan.

Captain Toad: Treasure Tracker – Toad will not Track Treasure alone! (Wii U)

8 Hal Yang Buat Captain Toad Jadi Ikon Nintendo Paling Imut

Cute overload!

Abaikan


3

Sebuah Misi Penyelamatan Jamur yang Imut


Captain-Toad-7

Game yang sejatinya sebagai spin-off serial Super Mario ini awalnya berasal dari mini-game dalam Super Mario 3D World, serta game puzzle platformer ini menjadi salah satu yang mendukung mainan figurine ber-NFC Amiibo (baca: “Mainan Hidup” Amiibo Menampakkan Wujudnya, Bersama Puluhan Game Eksklusif Nintendo!).

Captain-Toad-5

Captain Toad dan Toadette sedang dalam misi perburuan harta karun, memanjat struktur untuk mendapatkan Power Star. Segera setelah mendapatkannya, mereka melihat sebuah bulu terjatuh dari langi ketika Wingo, burung raksasa yang digambarkan “menyukai segala hal yang bersinar”, termasuk Power Star, mengambil bintang tersebut. Toadette berusaha mengambilnya kembali, sedangkan Captain Toad dalam kondisi tidak berdaya. Wingo pun berhasil kabur dengan bintang dan Toadette—meninggalkan Captain sendiri. Captain Toad pun harus melalui semua level mengumpulkan Power Stars untuk melawan Wingo dan menyelamatkan Toadette.


4

Lobaknya Pun Digambarkan Begitu Cute


Captain-Toad-8

Dalam Captain Toad: Treasure Tracker yang diadaptasi dari mini-game “Adventures of Captain Toad” yang pertama kali dikenalkan dalam Super Mario 3D World (kini dengan kedalaman dan variasi yang beragam), kamu mengendalikan Captain Toad, yang berkelana melalui banyak rintangan untuk mencapai tujuan akhir suatu platform, yaitu harta karun gold star dan gem — dalam mini-game aslinya, kamu perlu menemukan lima star untuk menyelesaikan level, namun di sini hanya ada satu golden star, plus tiga bonus gem yang bisa dikumpulkan. Selama melalui level tersebut, Captain Toad tidak bisa melompat seperti layaknya ikon protagonis Mushroom Kingdom lainnya, namun dia bisa menarik keluar akar tanaman, yang kemudian memunculkan entah itu koin atau lobak (sesekali juga Diamonds) yang bisa dilemparkan pada musuh, sekaligus bergerak lebih cepat dengan berlari.

Captain-Toad-3

Tanaman tersebut juga bisa berperan sama seperti Coin Blocks dalam game platformer Mario, dan di dalamnya tersimpan entah itu satu coin atau 10 coin yang harus kalian tarik dalam batasan waktu. Lobak yang ditemukan bisa dilempar ke musuh, seperti dalam Super Mario Bros. 2.


5

Tubuh Imutmu Menjadi Senjata!


Captain-Toad-9

Dia juga bisa mengumpulkan kapak, dan dengannya Toad bisa menyerang musuh, atau menggunakannya untuk bertahan dari serangan mereka untuk sementara. Namun senjata utama Toad adalah tubuhnya sendiri, dan efek gravitasi. Kamu cukup menemukan titik yang tepat dimana dia bisa terjun ke bawah dan menindih musuh, atau juga mengakses dimana lokasi harta buruannya. Plus untuk mendukung itu semua, dia sebaiknya menghindari saja bentrok dengan musuh, dan juga tembakan proyektil mereka.


6

Pastikan Kenali Dulu, Karena Levelnya Juga Cute!


Captain-Toad-10

Toad mampu meredam dua kali serangan musuh, sebelum dia tewas, dan bisa mengumpulkan jamur untuk memulihkan health-nya. Sudut pandang kameranya bisa diputar ke segala arah untuk mempermudah kalian melihat stage dari sudut pandang yang berbeda. Keseluruhan desain levelnya dibuat senada, berbentuk kubus besar dengan sudut isometris yang juga memiliki labirin berukuran mini di dalamnya. Memutar dan mengamati level dengan mamutar sudut pandang kamera sangat berguna sebelum memutuskan menjalanan Toad, dan itu bisa digunakan untuk menandai dimana lokasi area rahasia yang biasanya berisi gem bonus. Toad juga bisa melihat level platform tersebut dengan lebih seksama menggunakan tampilan first-person melalui GamePad Wii U.

Captain-Toad-11

Setiap level dalam game ini juga menyimpan 3 diamond, seperti Green Stars dan juga stamp untuk dikumpulkan. Tidak seperti mini-game The Adventures of Captain Toad, level di sini tidak memiliki batasan waktu. Tujuannya adalah mencapai Power Star di salah sati bagian stage tersebut.


7

Mutlak Memerlukan (Tablet yang Ga Begitu Imut Sih!) GamePad


Captain-Toad-12

Captain Toad murni memerlukan GamePad Wii U selama permainan, karena kamu bisa menyentuh layar GamePad untuk menggerakkan platform, sekaligus juga sensor gyroscop dalam kontrolernya untuk membidik dan melemparkan lobak selama mengendarai kereta tambang. Dan sekali lagi, butuh observasi penuh atas level yang sedang dilalui Toad dalam wujud 3D sebelum mulai memutuskan untuk melangkah.

Captain-Toad-13

Dan karena settingnya (kami yakin) masih di Mushroom Kingdom, banyak wajah musuh familiar (seperti Walleye, Goomba, Piranha Plant dan Para-Biddybud) yang akan menghalangi usaha pencarian harta karun Captain Toad, sambil melalui level yang dipenuhi puzzle dan juga tantangan platforming. Sedangkan musuh barunya yang kami temui seperti Flaptor, burung berwarna merah; Piranha Sprout, musuh yang memuntahkan benih ke karakter; hingga Mud Trooper, musuh tipe zombie yang mengejar karakter secara bergerombol. Oh ya, selain Toadette, selama permainan kalian juga menjumpai toad lain sebagai karakter pendukung, seperti Blue Toad, Yellow Toad dan Green Toad.


8

Cute-Stylish Puzzle Platformer


Captain-Toad-14

Melalui demo pertamanya, kami melihat betapa Nintendo bisa menggabungkan banyak unsur platformer dalam game ini. Seperti salah satu level, Captain Toad bertarung dengan boss bernama King of Pyropuff Peak, naga berukuran besar di tengah area penuh lava. Dia perlu berjalan dan menaiki platform ke atas sambil menghindari tembakan proyektil bola api dari naga tersebut. Beberapa rintangan disediakan bisa digunakan Toad untuk berlindung. Di level lainnya, dia menaiki kereta tambang, dan bergerak di atas rel. Layar TV berperan memberi tampilan third-person, sedangkan di layar GamePad kamu melihatnya dengan tampilan first-person. Dari dalam kereta, Toad bisa melempar lobaknya ke musuh, atau ke gem untuk mengumpulkannya.

Visual yang menarik, karakter yang menggemaskan dan gameplay yang sederhana namun kompleks. Kalian para gamer Wii U jangan sampai melewatkan salah satu spin-off terbaik serial Mario ini ketika dirilis nanti.

Captain-Toad-20 Captain-Toad-19 Captain-Toad-18 Captain-Toad-17 Captain-Toad-16 Captain-Toad-15


SHARE
Previous articleSebentar Lagi S.O.S Resmi Menjadi Brand Ambassador Gemscool
Next articleSPOILER Berat Bab Terakhir Manga Naruto
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.