Hanya di Code Name S.T.E.A.M. Abraham Lincoln Bisa Kerepotan Melawan Alien

Code-Name-STEAM-8

Selama E3 2014 lalu Nintendo mengumumkan sebuah IP baru berjudul Code Name S.T.E.A.M. Sebuah game turn-based strategy untuk 3DS, yang mengambil setting era dimana mesin uap masih jamak ditemui di London, dan mengajakmu mengendalikan karakter yang tergabung di tengah pasukan elit bernama STEAM yang dibentuk oleh Abraham Lincoln untuk bertarung menghadapi invasi alien. Kabar terbarunya, selama Nintendo Direct Code Name: STEAM bakalan dirilis untuk Nintendo 3DS musim panas 2015 mendatang, atau setidaknya di akhir kuartal pertama 2015, dan di Eropa akan dirilis Mei 2015 mendatang. Berikut trailer terbarunya yang muncul selama Nintendo Direct.

Nintendo 3DS – Code Name S.T.E.A.M. Trailer

Hanya di Code Name S.T.E.A.M. Abraham Lincoln Bisa Kerepotan Melawan Alien

Dan melawan alien bukan sebuah pencitraan lho ya!

Abaikan

Code Name S.T.E.A.M. ini dikembangkan oleh Intelligent Systems, developer first-party Nintendo yang dikenal melalui franchise game strategi seperti Fire Emblem dan Wars (Famicom Wars hingga Advance Wars). Nama yang berada di balik tim developernya seperti Hitoshi Yamagami, yang sebelumnya menangani Xenoblade Chronicles, serta serial Fire Emblem dan Pokémon.

Henry Fleming, pemimpin tim, dan juga karakter yang seimbang. Jiwa patriot membentuknya memiliki obsesi aneh terhadap elang. Bukan hanya riflenya bersenjata elang, namun juga gerakan spesialnya menampilkan elang yang juga meledak-ledak.
Henry Fleming, pemimpin tim, dan juga karakter yang seimbang. Jiwa patriot membentuknya memiliki obsesi aneh terhadap elang. Bukan hanya riflenya bersenjata elang, namun juga gerakan spesialnya menampilkan elang yang juga meledak-ledak.

Game ini mengambil setting versi fantasi steampunk dari kota London, dimana mesin bertenaga uap menjadi satu hal yang lumrah saat itu. Karakter utamanya, seorang pria bernama Captain Fleming; yang juga anggota Unit S.T.E.A.M. yang didirikan oleh versi fiksi dari Abraham Lincoln. Sebagian besar anggotanya yang playable berbasiskan pada karakter fiksi ikonik dari literatur Amerika, seperti Cowardly Lion dari The Wizard of Oz, Tiger Lily dari Peter Pan, dan Tom Sawyer dari The Adventures of Tom Sawyer.

Code-Name-STEAM-6

Meskipun dibuat sebagai game turn-based strategy, namun mekanisnya lebih mirip game action dan shooter, karena melibatkan karakter yang bisa bergerak dan menembak dengan arah bidikan yang kita kendalikan (semacam Valkyria Chronicles). ​Konsepnya sendiri adalah membuat sebuah game strategi turn-based menjadi lebih luas target pasarnya, serta menurunkan sudut pandang kamera hingga level individu agar memberi kesan yang lebih dekat pada mereka. Unit yang kamu kendalikan selama pertarungan ada empat orang, bakal ada beberapa elemen eksplorasi, dan kamu juga bisa men-swap antara karakter berbeda dalam sudut pandang first-person.

Seperti kebanyakan game 3DS lainnya, Code Name: S.T.E.A.M. akan terlihat lebih menarik selama karakter beraksi. Pastikan saja kalian tidak kehabisan uap sebelum bertarung dengan mereka, karena menjelajahi setiap level (seperti memilih tempat yang pas selama menunggu para alien keluar) juga membutuhkan uap.
Seperti kebanyakan game 3DS lainnya, Code Name: S.T.E.A.M. akan terlihat lebih menarik selama karakter beraksi. Pastikan saja kalian tidak kehabisan uap sebelum bertarung dengan mereka, karena menjelajahi setiap level (seperti memilih tempat yang pas selama menunggu para alien keluar) juga membutuhkan uap.

Kemudian juga membedakannya dibandingkan strategi lainnya, tidak ada overhead map, karena semua aksi disorot melalui sudut pandang unitmu. Kemudian menurut para desainernya, game ini tidak akan sama ketika dimainkan kedua kalinya, meskipun begitu tidak ada permanen death seperti tipikal game dengan procedural level generation, tidak ada permainan online (namun akan ada multiplayer yang bisa online), beberapa mode permainan, serta kamu bisa kumpulkan medal sepanjang permainan (atau dijatuhkan musuh yang tewas) untuk memulihkan health dan steam karakter yang terluka – menggunakan medal hanya bisa dilakukan di checkpoint (tiang berputar berwarna hijau dan emas) yang ditempatkan di seriap area. Akan tetapi menggunakan banyak medal bisa mencegahmu mendapatkan banyak senjata yang lebih kuat nantinya.

Code-Name-STEAM-3

Satu mekanis yang kami ketahui disebut Overwatch, sebuah sistem yang pasti dikenali penggemar strategi, dan tentu saja dengan beberapa ciri khas tersendiri di sini. Kumpulkan cukup uap di ketel karakter selama giliran kalian, maka kamu bisa menembak ketika musuh mulai gilirannya, dan berada di jangkauan tembakan karakter. Trik ini bisa dilakukan dengan satu karakter memancing musuh untuk disergap. Efek yang ditambahkan dari Overwatch, ada keempatan musuh bisa ter-stun (ditandai ada bintang di kepala mereka). Semua tembakan dengan keadaan alien seperti itu, efek damage-nya lebih besar.

Code-Name-STEAM-5

Menjadi game dari studio dibalik Fire Emblem dan Advance Wars, yang kini mencoba memasukkan mekanis third-person shooter ber-setting era steampunk, membuat kami berpikir ini seperti X-COM namun dengan artwork yang terinspirasi dari buku komik Silver Age… bagaimana menurut kalian, apakah IP baru yang unik ini bakal membuat nama Nintendo lebih dikenal.

Code-Name-STEAM-7


SHARE
Previous articleNintendo Konfirmasikan Fungsi Unik Figurine Amiibo Untuk Mario Kart 8
Next articlePerlu Tiga Manga Baru Untuk Menggantikan Naruto!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.