Mangaka One Piece Ini Juga Mengucapkan Selamat Jalan Kepada Naruto

naruto_evolution-t2Setelah 15 tahun malang melintang dalam dunia manga, akhirnya manga Naruto pun tamat. Selama itu pula Naruto telah menjadi salah satu manga yang paling populer diseluruh dunia. Tidak berlebihan memang jika saya mengatakan bahwa berita tamatnya Naruto ini membuat seluruh dunia, terutama fans manga-nya, gempar. Masih banyak yang tidak rela jika manga yang bercerita tentang bocah bengal berambut kuning ini berakhir. Tapi tenang saja, karena manga Naruto masih akan ada lanjutannya (Baca: Spoiler Berat Bab Terakhir Manga Naruto).

Peringatan: Artikel selanjutnya mengandung spoiler. Jika kalian tidak ingin mendapatkan bocoran sebelum membaca manga-nya, maka jangan lanjutkan membaca.

Nah, karena manga Naruto ini sangatlah spesial maka bab terakhirnya, Chapter 700, pun dibuat berwarna dari awal dari akhir. Akan tetapi, tahukah kamu kalau dalam salah satu halamannya, terdapat sesuatu yang ‘tersembunyi’? Berikut ini adalah panel dalam halaman yang saya maksudkan:

Patung kepala Hokage dicorat-coret oleh anak Naruto sendiri, Boruto (Bolt)
Patung kepala Hokage dicorat-coret oleh anak Naruto sendiri, Boruto (Bolt)

Sudah tahu? Ya, didahi Naruto terdapat lambang tengkorak yang merupakan lambang tengkorak bajak laut. Tentu saja, bajak laut yang dimaksud disini adalah kelompok topi jerami (Straw Hat Pirate) yang dipimpin oleh Luffy dalam manga One Piece. Sepertinya ini adalah bentuk salam perpisahan dari Masashi Kishimoto kepada salah satu mangaka-nya, Eichiro Oda sang kreator One Piece.

Seakan tidak mau kalah, Eichiro Oda  pun membalasnya dalam kover One Piece Bab 766.

Pesan tersembunyi dari Eichiro Oda
Pesan tersembunyi dari Eichiro Oda

 Terdapat tulisan jepang yang dilingkari garis merah, yang jika diurutkan akan berbunyi: “Naruto, Otsukaresan deshita” atau dalam bahasa Indonesia berarti “Naruto, terima kasih atas kerja kerasnya”. Selain tulisan tersebut, jika kalian perhatikan lebih teliti maka kalian akan menemukan hal-hal berikut ini:

  1. Dibelakang Nami ada Naruto sedang memakan daging dan Luffy yg sedang makan Ramen (daging adalah makanan favorit Luffy sementara ramen adalah makanan kesukaan Naruto)
  2. Nami mengenakan baju dengan motif konoha
  3. Dibagian bawah, terdapat seekor rubah (melambangkan Kyuubi yang juga sama-sama rubah) dengan lambang keluarga Uzumaki dipunggungnya.
  4. Huruf ‘O’ dalam One Piece diganti menjadi lambang Konoha.
  5. Terdapat sebuah shuriken di ujung huruf ‘E’ dalam One Piece.
  6. Huruf ‘I’ yang biasanya bergambar Luffy digantikan oleh Naruto.

Hmm… Eichiro Oda benar-benar teman seperjuangan yang baik mau memberikan tribute kepada Naruto. Selain Eiichiro Oda, ternyata mangaka lain juga ikut mengucapkan salam perpisahan kepada Naruto, lho! (Baca: Manga Naruto Banjir Ucapan Selamat Dari Mangaka Lainnya). Mulai dari Tite Kubo, mangaka BLEACH, hingga Hideaki Sorachi, mangaka Gintama.

Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan bagi saya adalah: “Kapan One Piece TAMAT?”


SHARE
Previous articleKingsoft Mengandeng Unipin untuk Game Android Terbaru Mereka
Next articleBukan Xenogears, Namun Xenoblade Chronicles X Ini Akan Menjadi Seri Xeno Terluas!
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.