Nintendo Direct 5 November Kembali Dipenuhi Fan Service

Nintendo-Direct-1

Nintendo menggelar presentasi online Nintendo Direct kemarin, dengan fokusnya adalan konfirmasi beberapa game baru serta update untuk game-game (serta konten DLC) yang bakal mereka rilis dalam waktu dekat ini untuk Wii U dan 3DS.

Menjadi yang paling mengejutkan adalah konfirmasi remake The Legend of Zelda: Majora’s Mask 3D untuk 3DS dengan rencana rilis kuartal pertama 2015. Dari trailer yang mereka berikan, secara visual sepertinya sama seperti versi aslinya yang dulu hadir untuk Nintendo 64. Namun siapa yang tahu apa yang disembunyikan Nintendo di balik layar, karena remake ini pun tetap mendapatkan perlakuan spesial, seperti Special Edition yang tersedia ketika gamenya dirilis nanti.

Broadcast Nintendo Direct tersebut juga mengungkapkan detail baru untuk game-gamenya Wii U, seperti Splatoon, Xenoblade Chronicles X, Kirby and the Rainbow Curse (Paintbrush di Eropa) dan Captain Toad: Treasure Tracker, sedangkan gamer 3DS kembali disuguhi trailer baru untuk Code Name: S.T.E.A.M. serta Monster Hunter 4 Ultimate.

Untuk melihat video Nintendo Direct keseluruhan, kalian bisa masuk ke nintendo.co.uk/nintendodirect atau memeriksa channel YouTube Nintendo UK YouTube untuk mendapatkan video lainnya sehubungan dengan presentasi online yang digelar kemarin.

Nintendo Direct 11.5.2014

Nintendo Direct 5 November Kembali Dipenuhi Fan Service

Nintendo akan tetap menjadi gudangnya game eksklusif!

Abaikan

Beberapa pengumuman penting yang ditampilkan melalui broadcast tersebut antara lain sebagai berikut:


Wii U


Mario-Kart-8-12

• Mario Kart 8 DLC: DLC pertama Mario Kart 8 diluncurkan 13 November dan menawarkan lintasan baru, kendaraan dan karakter dari game Nintendo lainnya seperti The Legend of Zelda, F-Zero dan Excitebike. (baca: Nintendo Konfirmasikan Fungsi Unik Figurine Amiibo Untuk Mario Kart 8)

• amiibo: Selain Super Smash Bros. for Wii U, beberapa game kompatibel dengan amiibo, seperti Mario Kart 8 dan Hyrule Warriors yang sudah dirilis tahun 2014 ini, dan juga Captain Toad: Treasure Tracker, Kirby and the Rainbow Paintbrush, Yoshi’s Woolly World, dan Mario Party 10 muncul tahun depan. (baca: “Mainan Hidup” Amiibo Menampakkan Wujudnya, Bersama Puluhan Game Eksklusif Nintendo!)

Mengikuti gelombang pertama figurine tersebut yang dirilis 28 November mendatang, kalian bisa mendapatkan fungsi amiibo melalui game berikut:

Mario-Kart-8-1

– Mario Kart 8: Ketika kalian menyentuhkan figurine amiibo Mario, Luigi, Peach, Yoshi, Donkey Kong, Link, Captain Falcon, Fox, Samus atau Kirby ke Wii U GamePad, maka kalian akan mendapatkan kostum racing Mii bertemakan figurine yang disentuhkan tadi. Karakter Mii bisa mengenakan kostum selama racing. (baca: Nintendo Konfirmasikan Fungsi Unik Figurine Amiibo Untuk Mario Kart 8)

– Hyrule Warriors: Amiibo Link memberi kalian senjata spesial bernama “Spinner”. Selain itu, setiap seri amiibo Super Smash Bros. memberi material terpilih secara random, senjata, atau rupee dalam game. (baca: Amiibo Membuat Link Tak Terkalahkan, Berikan Item Hebat Untuk Hyrule Warriors!)

Gelombang pertama amiibo dengan wujud karakter seperti Mario, Link dan Samus dirilis 28 November, di hari yang sama dengan Super Smash Bros. for Wii U, dengan gelombang keduanya ada enam karakter pada 19 Desember.

• Splatoon: GAme shooter online multiplayer dengan empat pemain ini juga memiliki mode single-player, yang mengadu karakter kalian yang berwujud mirip cumi-cumi melawan sepasukan gurita yang dilengkapi persenjataan tinta. Splatoon dirilis untuk Wii U pada kuartal kedua 2015. (baca: Splatoon, Game Nintendo yang Bukan Remake, Juga Punya Mode Single-Player!)

Xenoblade-Chronicles-X-12

• Xenoblade Chronicles X: Dalam RPG baru Monolith Soft ini, kalian melakukan petualangan epic di sebuah dunia baru. Menggunakan kota New Los Angeles sebagai markas utama, kalian menjalankan misi, mengumpulkan item, dan memenuhi permintaan para penduduk. Xenoblade Chronicles X – yang memberikan setting dunia lebih besar dari Xenoblade Chronicles di Wii direncanakan rilis untuk Wii U pada 2015. (baca: Bukan Xenogears, Namun Xenoblade Chronicles X Ini Akan Menjadi Seri Xeno Terluas!).

• Kirby and the Rainbow Curse: Dalam game terbaru Kirby ini kalian mengendalikan si imut Kirby melali garis pelangi yang digambar melalui layar sentuh GamePad. Ada mode multiplayer empat pemain yang baru di sini, dengan satu pemain bertindak sebagai Kirby, dan lainnya mengendalikan trio karakter Waddle Dee yang bisa mengumpulkan item atau menggotong Kirby. Demikian kalian bisa bekerjasama secara co-op, memungkinkan pemain yang memegang Wii U GamePad terkonsentrasi menggambar garis pelangi. Kirby and the Rainbow Paintbrush dirilis untuk Wii U pada kuartal kedua 2015. (baca: Nintendo Konfirmasikan Mode Multiplayer dan Jadwal Rilis Kirby and the Rainbow Curse)

Captain-Toad-7

• Captain Toad: Treasure Tracker: Nintendo merilis trailer barunya selama Nintendo Direct, dan menampilkan sedikit bagian dari  70+ stage yang dikabarkan bisa kalian jelajahi dalam game. Juga dikonfirmasikan selama presentasi tersebut, game ini diluncurkan di seluruh Eropa pada 2 Januari 2015. (baca: 8 Hal Yang Buat Captain Toad Jadi Ikon Nintendo Paling Imut)

• Duck Hunt takes aim!: Melalui trailer barunya, Duck Hunt Duo dikonfirmasikan sebagai penantang baru dalam Super Smash Bros. for Wii U dan Super Smash Bros. for Nintendo 3DS. Juga di trailer yang sama, terungkap jika Duck Hunt bakal dirilis untuk Wii U Virtual Console. Detail lainnya akan diungkapkan lebih lanjut nantinya. (baca: Nintendo Kembali ke Tahun 90-an, Duck Hunt Resmi Hadir Untuk Super Smash Bros.)


Nintendo 3DS


Legend-of-Zelda-Major-3D-2

• The Legend of Zelda: Majora’s Mask 3D: Salah satu game klasik Zelda yang paling diminta remakenya ini akhirnya jadi dirilis untuk Nintendo 3DS. The Legend of Zelda: Majora’s Mask 3D membawa petualangan seram Link di dunia misterius Termina pertama kali untuk handheld dengan peningkatan di sisi visualnya, serta fitur baru agar kalian bisa menikmati gameplay-nya lebih mudah dengan kontrol portable. (baca: Nintendo Konfirmasikan The Legend of Zelda: Majora’s Mask 3D)

• Code Name: S.T.E.A.M.: Dari Intelligent Systems, pencipta serial Fire Emblem dan Advance Wars, adalah Code Name: S.T.E.A.M, game turn-based tactical action RPG dengan karakter seperti … Abraham Lincoln? Ya, Abraham Lincoln menugaskan agen rahasia S.T.E.A.M., yang bergerak dengan tenaga uap untuk mengentikan invasi alien. Dikenalkan selama presentasi adalah kemampuan spesial karakter yang disebut Overwatch, memungkinkan karakter menyimpan sebagian uap dan melancarkan serangan kejutan ke musuh selama giliran serangan mereka. Code Name: S.T.E.A.M. bakal dirilis untuk Nintendo 3DS pada bulan Mei 2015. (baca: Hanya di Code Name S.T.E.A.M. Abraham Lincoln Bisa Kerepotan Melawan Alien)

• Pokémon Omega Ruby and Pokémon Alpha Sapphire: Dua Pokémon baru ini bakal dirilis 28 November, baik secara individu, atau bundle dengan Nintendo 2DS Transparent Red + Pokémon Omega Ruby, dan Nintendo 2DS Transparent Blue + Pokémon Alpha Sapphire. Sedangkan mereka yang sudah memiliki Pokémon X atau Pokémon Y bakal menerima Mythical Diancie sehari selanjutnya. Menariknya, ketika mereka mentransfer Diancie ke dalam Pokémon Omega Ruby atau Pokémon Alpha Sapphire, mereka bisa mendapatkan Mega Stone yang memungkinkan Diancie Mega Evolve selama pertarungan.

• Monster Hunter 4 Ultimate: Dirilis untuk Nintendo 3DS di awal 2015, dan update kali ini hanya menyinggung kolaborasi dengan bintangnya kostum Mario dan Luigi untuk karakter felyne kalian dalam game.

• Sonic Boom: Shattered Crystal: Muncul bersama Sonic Boom: Rise of Lyric untuk Wii U, Sonic Boom: Shattered Crystal untuk Nintendo 3DS dirilis di Eropa 21 November. Dan mulai kemarin, 5 November, demo gratis Sonic Boom: Shattered Crystal bisa diakses melalui Nintendo eShop untuk Nintendo 3DS.

• Ultimate NES Remix: NES Remix juga muncul untuk Nintendo 3DS, menggabungkan judul terbaik dari NES Remix dan NES Remix 2. Famicom Remix Mode menawarkan tantangan tambahan dari versi Jepang NES Remix, dan dalam Speed Mario Bros., kalian bisa bermain melalii stage asli Super Mario Bros. klasik, namun dengan ritme permainan yang lebih cepat. Ultimate NES Remix juga memiliki online leaderboard, memungkinkan kalian membandingkan score dalam challenge dengan yang lain. Game nostalgia ini akan dirilis untuk Nintendo 3DS pada 7 November besok, namun sudah tersedia juga melalui Nintendo eShop untuk Nintendo 3DS mulai kemarin.

Persona Q: Shadow of the Labyrinth: Penampilan perdana seri Persona untuk Nintendo 3DS ini mengajak kalian menjelajahi dungeon dengan tampilan first-person RPG, lengkap dengan labirin yang luas untuk dijelajahi dan monster untuk dilawan melalui pertarungan dengan sistem Persona. Game Atlus ini dirilis untuk Nintendo 3DS secara retail dan Nintendo eShop untuk Nintendo 3DS mulai 28 November mendatang.


Wii U & Nintendo 3DS


• Shovel Knight: Kalian bisa menggali kembali game action platformer bergaya 8-bit ini, karena gamenya sudah dirilis mulai kemarin di Nintendo eShop untuk Wii U dan Nintendo 3DS. Mereka yang tertarik memiliki Shovel Knight di kedua sistem, dan sudah membeli gamenya entah di Wii U atau Nintendo 3DS, bisa diuntungkan dengan diskon membeli lagi game ini di sistem yang lain. Selain itu, adaShovel Knight Theme untuk Nintendo 3DS HOME Menu tersedia untuk user yang sudah membeli Shovel Knight untuk Nintendo 3DS sebelum 13 November 2014.

• Indie games!: Nintendo mendukung indie developer, dan diperlihatkan banyak game indie masuk Wii U dan Nintendo 3DS, termasik di sana SteamWorld Heist dan Shantae and the Pirate’s Curse. Trailer baru Indie Winter Highlights juga dirilis mulai kemarin, sekaligus juga menggoda penggemar indie untuk mencoba Swords & Soldiers 2 dan Affordable Space Adventures untuk Wii U, dan Azure Striker Gunvolt serta Gunman Clive 2 untuk Nintendo 3DS.

• Pikmin Short Movies: Bulan lalu, Shigeru Miyamoto mengenalkan PIKMIN Short Movies, seri film animasi singkat yang dia sutradarai dan mengambil setting dunia Pikmin. Dan kemarin, film tersebut mulai bisa diunduh (berbayar tentunya) melalui Nintendo eShop Wii U dan Nintendo 3DS, baik dalam format HD dan 3D. Selain film singkat, kalian juga mendapatkan versi demo Pikmin 3 yang bisa ditemukan di saat yang sama.


SHARE
Previous articleBebas Dari Noda Cat Dengan Mainin Model Kit Melalui Monzo
Next articleNintendo Konfirmasikan The Legend of Zelda Majora’s Mask 3D
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.