Kemenkominfo Siap Mendukung Penuh Pelaksanaan GDG 2014!

duniaku-gdg-1

Dalam penyelenggaraan yang keenamnya tahun ini, Game Developer Gathering (GDG) 2014 juga mendapatkan apresiasi dan dukungan penuh dari pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Mengenai keikutsertaan Kemenkominfo dalam mensukseskan acara ini, Duniaku berhasil mewawancarai Luat Sihombing, Kepala Seksi Pengembangan Produk Industri Konten Multimedia, Unit Kerja Direktorat Pemberdayaan Industri Informatika dari Kemenkominfo. Sebagai permulaan, Luat mengungkapkan pandangannya mengenai perkembangan developer game di Indonesia. “Kami melihat perkembangan game developer di Indonesia secara kuantitas dan kualitas mulai berkembang cepat. Hal ini dapat dilihat dari komunitas-komunitas yang ada di media sosial serta produk-produk Indonesia yang ada di online store seperti Play Store dan App Store,” ungkap Luat membuka diskusi. “Jika diukur dari jumlah produk-produk Indonesia yang ada di online store, menunjukkan bahwa industri game menjadi industri yang menarik dari sisi ekonomi sehingga menarik minat banyak orang untuk menjadi game developer,” tambahnya.

Luat sendiri mengungkapkan ada beberapa hal yang mendasari Kemenkominfo, utamanya Direktorat Pemberdayaan Industri Informatika untuk mendukung suksesnya acara ini. “Kami wajib mengikuti dan mengetahui perkembangan Industri Game di Indonesia secara langsung dari Game Developer. Kebutuhan data mengenai game Developer yang ada di Indonesia dapat dengan cepat dan tepat dihasilkan dari event-event seperti GDG,” ungkapnya. “Pemerintah juga dapat dengan langsung dekat dengan para game developer dan mendengar kebutuhan-kebutuhan mereka yang dapat di-support oleh pemerintah,” lanjutnya. Mendengarkan kebutuhan dari para pelaku industri ini penting bagi pemerintah karena menurutnya bisa membantu pemerintah untuk merumuskan kebijakan-kebijakan yang benar-benar bisa meningkatkan industri itu sendiri.

Luat Sihombing (kiri)
Luat Sihombing (kiri)

Kemenkominfo sendiri, menurut Luat merasakan kekecewaan karena tidak bisa mendukung acara ini tahun-tahun sebelumnya. “Sayang sekali, Kemenkominfo belum terlibat langsung di event ini di tahun-tahun sebelumnya. Kami berpendapat bahwa event ini adalah event yang harus dipertahankan untuk tetap memperkuat jejaring para game developer di Indonesia dan dapat mengembangkan kapasitas para game developer melalui sharing knowledge dan pengalaman yang dilaksanakan pada GDG 2014,” ungkapnya.

Luat berharap, ke depannya game developer bisa berkomunikasi secara aktif dengan pemerintah agar pemerintah juga bisa memberikan dukungan sesuai dengan yang dibutuhkan. Selain itu, dia juga mengungkapkan harapannya untuk GDG agar bisa terus dilaksanakan setiap tahun di daerah yang berbeda-beda. ” GDG diharapkan tetap menjadi event yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun dan bisa dilaksanakan di daerah-daerah yang berbeda tiap tahunnya. Selain itu, kami berharap GDG menjadi ajang yang lebih besar dan sekaligus dilirik oleh para investor Indonesia,” harapnya.

Selain memberikan harapannya untuk GDG, Luat juga menyampaikan harapannya untuk game developer Indonesia. “Kami berharap game developer Indonesia dapat menciptakan produk-produk yang secara kualitas dan kuantitas dapat diterima oleh pengguna di Indonesia maupun luar negeri. Selain itu, semoga game developer Indonesia tumbuh menjadi industri yang mandiri, bisa bersaing dengan semakin derasnya para game developer Internasional dan produk-produknya yang telah memasuki pasar Indonesia. Untuk itu, game developer Indonesia harus dapat menyediakan produk-produk yang dominan di pasar Indonesia dan tumbuh menjadi perusahaan-perusahaan yang sustain,” pungkasnya.

Bersama para pembicara dalam FIKTIF Sptember lalu
Luat Sihombing (paling kiri) Bersama para pembicara dalam FIKTIF Sptember lalu

GDG 2014 akan digelar di Kampus Universitas Multimedia Nusantara, Jl. Scientia Boulevard, Summarecon Gading Serpong, Tangerang pada tanggal 6 Desember 2014 mendatang. Bagi kamu yang belum mendaftarkan diri, entah itu sebagai peserta, showcase ataupun Digital Showcase, kamu bisa mendaftarkan dirimu dan karyamu melalui halaman ini gratis!