7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Overwatch

Overwatch
Overwatch

BlizzCon tahun ini bener – bener rame akan kabar gembira bagi Blizzard Fanboy maupun hardcore gamer (sedikit kabar gembira buat casual gamer tentang Hearthstone). Salah satu nya Overwatch yang Blizzard pertaruhkan masa depannya di IP game ini. Banyak latar belakang unik dari Overwatch ini yang perlu kamu ketahui sebelum game ini diluncurkan dan dimainkan.

1. Overwatch itu hasil dari desperate project Titan

Titan

Sekitar bulan September lalu Blizzard mengumumkan kalau proyek rahasia mereka, Titan, dinyatakan dihentikan setelah masa pengembangannya 7 tahun dengan harapan bisa menggantikan World of Warcraft yang suksesnya gila-gilaan selama bertahun – tahun (bahkan hingga kini!). Selama 7 tahun Blizzard terus menjaga kerahasiaan proyek Titan, dan selama 7 tahun itu tim pengembang Titan jungkir balik demi bisa membuat game fenomenal, selama itu pula banyak masukan dan kritikan dari sesama pengembang Blizzard. Dengan harapan bisa menghadirkan gameplay yang tidak biasa tapi bikin ketagihan dan membuat pemainnya baik pemula maupun hardcore tetap bisa bermain dengan senang, proyek Titan ini bagaikan mengejar kesempurnaan yang hingga akhirnya tersandung terjatuh, dan akhirnya harus dihentikan.

Tapi tidak berarti dengan dihentikannya Titan ini juga membuang semua pekerjaan yang telah dibangun dalam 7 tahun terakhir. Bagian PvP dari Titan inilah yang diangkat sebagai Overwatch.

2. Langkah Blizzard Mengejar Popularitas MOBA dan Shooting E-Sports

Jika sudah melihat dari gameplay Overwatch mungkin kalian sudah tahu ada semacam jurus-jurus dari setiap karakternya. Tapi jurus-jurus itupun tidak banyak untuk setiap karakter. Blizzard yang berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam E-Sports (Starcraft dan Warcraft) tidak tinggal diam dalam perkembangan terbaru dunia E-Sports, apalagi popularitas E-Sports Starcraft II atau game strategi umumnya mulai menurun beberapa tahun terakhir. Akhirnya di awal tahun ini muncullah Heroes of the Storm, MOBA unik dari MOBA umumnya yang diharap bisa membawa Blizzard ke kancah E-Sports MOBA, yang hingga sekarang masih tahap Technical Alpha. Lalu bagaimana dengan merambah E-Sports game shooting? Ya ini, lahirlah Overwatch yang menghadirkan mekanisme unik dalam game shooting, yang nantinya bisa melahirkan bermacam – macam meta game (tidak hanya strategi tim / shooting aja). Semacam cocokologi? ya, tapi mengingat Blizzard selalu berusaha membuat game yang bisa dimainkan secara turnamen maka cocokologi ini ada dasarnya loh :p

3. Character Role

Character Role

Ya, kalau sudah membaca Overwatch maka kalian sudah tahu bahwa ada 4 peran karakter dalam Overwatch, yaitu Offense, Defense, Tanks, dan Support. Dengan berbagai role ini diharapkan pemain bisa bermain dengan optimal sesuai dengan skill dan peran dalam timnya. Offense sebagai penyerang utama dengan DPS terbesar, Defense bertugas menjaga lokasi tertentu, Tanks bisa bertahan dari serbuan musuh sementara juga mengalihkan perhatian musuh dari rekan yang sedang menyerang, dan support mempunyai skill unik yang bisa membantu tim lebih baik. Memang Overwatch ini terinspirasi dari Team Fortress.

Dalam wawancaranya dengan Blizzard, mereka mengatakan bahwa “the game is designed so you’re encouraged to swap roles as often as needed” Blizzard tidak ingin pemain yang sudah memilih karakter akan terpaku dengan peran dari karakter tersebut. Dengan kebebasan role ini kamu bisa membuat berbagai build/strategi, sehingga akan lebih banyak hal yang perlu dicoba untuk apa yang cocok dalam setiap keadaan permainan, dan akan membuat berbagai meta game dan melihat game lebih menarik.

4. Pixar’s Cinematic

Overwatch

7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Overwatch

BlizzCon tahun ini bener - bener rame akan kabar gembira bagi Blizzard Fanboy maupun hardcore gamer (sedikit kabar gembira buat casual gamer tentang Hearthstone)

Abaikan

Sejak dulu, game – game nya Blizzard selalu menghadirkan cinematik bagus dan keren. Movie clip dalam game nya selalu menawan dan tampak realistis. Tapi kali ini tidak untuk Overwatch. Overwatch dibuat mirip sinematiknya Pixar, yang cukup imut dan casual. Coba saja bandingkan dengan cinematic game Blizzard yang lain.

World of Warcraft: World of Draenor

Overwatch

7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Overwatch

BlizzCon tahun ini bener - bener rame akan kabar gembira bagi Blizzard Fanboy maupun hardcore gamer (sedikit kabar gembira buat casual gamer tentang Hearthstone)

Abaikan

Starcraft II: Hearth of The Swarm

Overwatch

7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Overwatch

BlizzCon tahun ini bener - bener rame akan kabar gembira bagi Blizzard Fanboy maupun hardcore gamer (sedikit kabar gembira buat casual gamer tentang Hearthstone)

Abaikan

5. Beta di Tahun 2015

Blizzard Beta Profile
Blizzard Beta Profile

Tahun depan Blizzard akan membuka peluang bagi para fansnya untuk memainkan Overwatch dalam versi beta. Tentu dalam tahap beta ini tidak semua orang bisa memainkannya, melainkan Blizzard akan mengirimkan invitation bagi para pendaftar Beta tester. Bagi yang sudah memiliki account di Battle.net bisa mendaftar di Beta Profile. Blizzard sudah terbiasa dengan mekanisme ini sehingga tidak mengejutkan bagi yang sudah mengikuti perkembangan game – gamenya.

6. 6 Adalah Angka Ajaib Blizzard Untuk Overwatch

Hingga kini turnamen shooting dan MOBA selalu diikuti dengan tim yang berisi 5 pemain di dalamnya. Tapi di Overwatch, Blizzard mengatakan bahwa 6 pemain adalah jumlah pemain yang sangat pas untuk permainan ini. Mereka mengaku telah bereksperimen dan mensimulasikan dengan berbagai kombinasi dan akhirnya mendapatkan angka 6 ini. Dengan 6 vs 6 ini kamu bisa sebagai noob di dalam game ini tanpa merasa memberi cuka pada luka tim mu (tidak terlalu signifikan pengaruhnya).

7. Overwatch Ini Langkah Blizzard Membalas Valve?

Oke – oke ini hanya sekedar opini, banyak pendapat dari pemerhati game yang bilang Overwatch ini adalah langkah Blizzard bersaing dengan Valve. Ada yang beranggapan “Jika Valve telah merebut DoTA dan sukses, maka Blizzard membuat tandingan Team Fortress dan ingin membuatnya lebih sukses lagi”. Ini bisa jadi benar. Hei persaingan itu adalah bagian dari bisnis! Sebagai Blizzard fanboy, penulis harap semoga game ini nanti bisa sukses dan meramaikan kancah E-Sports dunia, dan yang paling penting penulis bisa ikut bermain.


SHARE
Previous articleKumpulan Meme Naruto Tamat yang Pasti Bikin Ngakak!
Next articleInilah Wajah Para Pengisi Suara Karakter Big Hero 6
Menghabiskan waktu lebih banyak dengan menulis untuk membuat program daripada untuk manusia. Pengguna Linux/Ubuntu untuk bekerja cukup lama, dan kini juga untuk bermain game. Blizzards Fanboy here