Galaxy S4 Sudah Mendapatkan Update Android 5.0 Lollipop

Android-5.0-Galaxy-S4-1

Di tengah kesibukannya menyiapkan Galaxy S6, yang ditargetkan akan mengembalikan kinerja Samsung setelah akhir tahun ini keuntungan mereka merosot (baca: 6 Fakta Terbaru Samsung Galaxy S6 yang Perlu Kalian Ketahui), Samsung juga menjadi produsen Android yang paling ditunggu pengumuman kepastian jadwal update Android 5.0. Sementara itu jika melihat pengalaman mereka sebelumnya, biasanya membutuhkan waktu 2 – 3 bulan memberikan update setelah pengumuman resmi OS baru Google. Kita juga sudah mengetahui jika Galaxy S5 Google Play Edition yang dipastikan mendapatkannya lebih awal (baca: Android 5.0 Lollipop Bakal Membuat Smartphone Berikut Ini Terasa Lebih Manis!).

Android-5.0-Galaxy-S4-2

Menyusul kemudian, tentu saja tetap Galaxy S5 versi TouchWiz, atau varian yang juga beredar resmi di Indonesia menjadi yang pertama merasakan manisnya lollipop. Smartphone yang mengunggulkan kumpulan aplikasi kesehatan melalui banyak sensor di tubuhnya itu dipastikan bakal mendapatkan update Lollipop awal Desember 2014 mendatang (baca: Inilah Samsung Galaxy yang Segera Kebagian Android Lollipop). Selain itu, kami juga sudah menyebutkan perkiraan kapan Galaxy lainnya bakal mendapatkan update Androir 5.0. Untuk flagship mereka dari tahun lalu, Galaxy S4, sejatinya baru (diprediksi) mendapatkannya pada pertengahan tahun depan. Namun bocoran dari build awal Android 5.0 untuk Galaxy S4 ternyata sudah ada, dan ini menandakan Samsung juga sudah menyiapkan update tersebut dari awal.

Galaxy S4 Sudah Mendapatkan Update Android 5.0 Lollipop

Masih build awalnya, belum tahu kapan yang final dirilis...

Abaikan

Video tersebut menunjukkan bagaimana perpaduan tampilan Android 5.0 Lollipop dan TouchWiz melalui beberapa bagian antar mukanya. Memang tidak semua aspek Lollipop diadopsi Samsung, seperti warna background untuk kolom notifikasi, masih terpisah dengan warna interface di bawahnya seperti pada Android 4.4, namun ketika menggeser kolom notifikasi ke bawah, dan melihat slider toggle dan brightness ternyata kini sudah menjadi satu, tidak seperti pada Galaxy S4 yang terpisah antara toggle dan slider kecerahan layar tersebut. Sentuhan Lollipop lainnya, seperti tampilan recent apps yang kini dianimasikan dengan deretan kartu yang beranimasi. Efek bayangan ala Material Design juga banyak terlihat pada latar belakang beberapa aplikasi.

Android-5.0-Galaxy-S4-3

Android 5.0 untuk Galaxy S4 yang diuji tersebut memang masih dalam tahap awal saja, jadi masih banyak bug di sana yang perlu pengembangan lebih lanjut. Dan kami juga yakin Samsung tidak akan merilis update ini dalam waktu depat. Setidaknya setelah Galaxy S5 dan Galaxy Note 4, baru Galaxy S4 akan mendapatkan gilirannya. Galaxy S4 masih masuk dalam batasan 18 bulan sejak Google merilis update untuk OS default Galaxy S4, yang saat itu masih mejalankan OS Jelly Bean 4.2, dan sejauh ini sudah mendapatkan update ke 4.3, 4.4 dan terakhir 5.0 Lollipop.

Sumber: SamMobile