Mighty Morphin Power Rangers, Apa Kabarmu Kini?

20 tahun lalu, mereka adalah jagoanmu. Sekarang apa kabarnya?

Mighty Morphin Power Rangers, Apa Kabarmu Kini?

Apakah kamu fans serial Mighty Morphin Power Rangers? Jika iya, berarti kamu sudah tua! Hahaha. Betul, seri super sentai Amrik ini tayang pertama kali di Indonesia di tahun 1994. Dan itu artinya 20 tahun yang lalu.

Khas super sentai, lima remaja (akhirnya jadi enam setelah Ranger Hijau datang) diberi tugas melindungi Bumi dari kejahatan yang dilakuan Rita Repulsa dan anak buahnya. Power Rangers ini begitu beken di jamannya, bahkan sampai pernah dibuatkan film layar lebarnya, yang tampaknya bakal segera di-remake Hollywood (baca: Lionsgate Usung Power Rangers ke Layar Lebar).

Sejujurnya, saya pribadi tidak pernah terlalu menggandrungi Power Rangers. Malahan bagi saya, serial ini terlalu rasis! Kenapa pula Ranger Hitam diperankan oleh orang hitam dan Ranger Kuning diperankan oleh asia (kuning?). Tapi tidak bisa dipungkiri, di jamannya dulu, Power Rangers punya fans kuat. Megazord-nya itu luar biasa keren! Bahkan mendengarkan lagunya openingnya, kita bisa dibuat berjingkrak-jingkrak.

[youtube id="XO5JLcz6Qic"]

Terinspirasi dari artikel Amy Jo Johnson, si Power Ranger Pink Ngamen di Pinggir Jalan. Ada Apa?! dan diskusi seru di Hits From The 80s & 90s, saya jadi penasaran juga dengan para pemeran Power Rangers lainnya. Apa kabarnya mereka?

Mari kita telusuri bersama...

Mighty Morphin Power Rangers, Apa Kabarmu Kini?

Austin St. John (Jason Lee Scott/Ranger Merah)

Jason Lee Scott alias si Ranger Merah adalah jagoan utama Mighty Morphin Power Rangers di season pertama, sebelum digantikan oleh Tommy Oliver si Ranger Putih. Ternyata Ranger Merah ini tak lagi muncul di season kedua karena ada perselisihan soal kontrak. Sejak saat itu Austin St. John tak lagi berkecimpung di layar kaca dan mulai menyibukkan diri bekerja sebagai pemadam kebakaran di Washington DC. Dia juga sempat menulis buku manual bela diri, yang berjudul Karate Warrior: A Beginner's Guide to Martial Arts. Hebat, ternyata si Ranger Merah tetap menjadi pahlawan penyelamat, ya!

Mighty Morphin Power Rangers, Apa Kabarmu Kini?

Walter Emanuel Jones (Zack Taylor/Ranger Hitam)

Seperti halnya Austin St. John, aktor lain yang mengundurkan diri karena perselisihan soal kontrak adalah Walter Emmanuel Jones, pemeran Zack Taylor alias si Ranger Hitam. Setelah mundur dari Mighty Morphin Power Rangers, dia mendapat peran di serial Malibu Shores dan Buffy the Vampire Slayer. Walter juga mendapat peran kecil di sejumlah film layar lebar, termasuk di The Fast and the Furious: Tokyo Drift dan menjadi zombie di House of the Dead 2.

Mighty Morphin Power Rangers, Apa Kabarmu Kini?

Thuy Trang (Trini Kwan/Ranger Kuning)

Trini Kwan si Ranger Kuning ini diperankan oleh Thuy Trang. Ke manakah dia sekarang? Sungguh sedih, ternyata aktris berdarah Vietnam ini sudah meninggal. Trang meninggal karena kecelakaan mobil tragis pada tanggal 3 September 2001 di San Fransisco. Usianya saat itu baru 27 tahun. Sebelumnya dia pernah mendapat peran antagonis di The Crow: City of Angels dan mendapat peran kecil di Spy Hard. Semoga dia tenang di sana, ya.

Mighty Morphin Power Rangers, Apa Kabarmu Kini?

David Yost (Billy Cranston/Ranger Biru)

Si ahli teknologi di tim Power Ranger adalah Billy Cranston si Ranger Biru. Diperankan oleh David Yost, Ranger Biru ini adalah anggota paling lama yang bertahan di serial Might Morphin Power Rangers, termasuk di spin-off-nya, yaitu Power Rangers Zeo. Karena selalu jadi bahan bully para aktor dan kru akibat pengakuannya sebagai homoseksual, bahkan hingga depresi, Yost akhirnya mengundurkan diri dari serial ini. Setelah menyembuhkan depresinya, ia kembali bekerja di layar kaca, memproduksi film-film dokumenter dan reality show seperti The Real Housewives of Beverley Hills.

Mighty Morphin Power Rangers, Apa Kabarmu Kini?

Amy Jo Johnson (Kimberly Ann Hart/Ranger Pink)

Kimberly Ann Hart alias Ranger Pink adalah ranger yang paling banyak penggemarnya di masa jaya serial ini. Kebanyakan adalah cowok-cowok labil yang mengalami 'cinta pertama' saat melihatnya beraksi membasmi kejahatan. Kini Amy Jo Johnson adalah salah satu alumni Power Rangers yang masih menggeluti akting. Ia berperan di sejumlah serial televisi seperti Felicity, The Division, dan Flashpoint. Belakangan AmyJo juga terlihat mengamen di pinggir jalan. Ada apa? (baca: Amy Jo Johnson, si Power Ranger Pink Ngamen di Pinggir Jalan. Ada Apa?!)

Mighty Morphin Power Rangers, Apa Kabarmu Kini?

Jason David Frank (Tommy Oliver/Ranger Hijau)

Awalnya Tommy Oliver si Ranger Hijau adalah karakter antagonis. Dia adalah hasil cuci otak Rita Repulsa untuk mengkhianati rekan-rekan Power Rangers. Setelah bebas dari jampi-jampi Rita, Ranger Hijau berjuang bersama Power Rangers lainnya. Yang menarik, di season selanjutnya Ranger Hijau ini berubah menjadi Ranger Putih. Kegiatan yang dilakukan pemeran Tommy, Jason David Frank (JDF), kini tak jauh berbeda dengan saat ia masih menjadi Power Rangers. Profesinya saat ini adalah atlet bela diri mixed martial arts (MMA). Dia juga menyabet rekor Guiness World Record saat terjun bebas dari pesawat dan mematahkan tujuh papan kayu di tahun 2013.

Berikut adalah video debut JDF di arena MMA:

[youtube id="-_xTibNUftE"]

Not bad, Tommy. Not bad at all!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU