Gara-gara Assassin’s Creed Unity Banyak Masalah, Gamer PC Ngamuk (Lagi) ke Ubisoft!

duniaku-acunity

Awal minggu kedua November ini seharusnya menjadi waktu pembuktian bagi Ubisoft. Ya, di saat banyaknya gamer PC yang marah karena tingginya spesifikasi PC yang dibutuhkan untuk memainkan Assassin’s Creed (AC) Unity (baca: Gara-gara Spesifikasi PC AC Unity Terlalu Tinggi, Gamer PC Ngamuk ke Ubisoft), seharusnya Ubisoft menjawab semua kritik tersebut dengan menampilkan performa maksimal dari game ini saat dirilis. Namun nyatanya tidak. Seperti yang ditakutkan oleh banyak gamer PC, ternyata memang benar, banyak masalah yang menghinggapi versi PC dari game ini.

Tak ayal, game yang penuh masalah dan performa yang sangat mengecewakan ini membuat para gamer PC marah (lagi) kepada Ubisoft. Setidaknya terlihat dari banyaknya komentar “pedas” dari review yang diberikan oleh gamer PC terhadap game ini di halaman Steam resminya. Bahkan jika dijumlah, justru review negatif dari game ini lebih banyak dibandingkan review positifnya. Sampai artikel ini ditulis, sudah ada lebih dari 500 review negatif yang diterima game ini, berbanding sekitar 400 review positif yang diberikan. Sebenarnya banyak komentar positif mengenai gameplay maupun kisah dari game ini. Hanya saja, banyaknya masalah teknis inilah yang membuat mereka memberikan review negatif.

1

Mayoritas gamer PC mempermasalahkan framerate yang turun sangat drastis dibandingkan apa yang sudah dijanjikan oleh Ubisoft. Beberapa gamer lain bahkan mengeluhkan game ini crash saat dimainkan, atau bahkan tidak bisa dimainkan sama sekali. Padahal, spesifikasi PC yang mereka gunakan sudah melebihi spesifikasi minimum yang diberikan oleh Ubisoft.

2

3

5

Tidak sedikit juga gamer PC yang mengeluarkan berbagai “sumpah serapah” dan bahkan meminta Ubisoft mengembalikan uang mereka jika tidak segera memperbaiki masalah ini.

4

6

9

10

Ubisoft sendiri cukup tanggap dalam merespon masalah ini. Hanya berselang sehari setelah perilisan game ini dan juga banyaknya komentar pedas yang masuk, mereka memberikan pernyataan bahwa sebagian besar masalah ternyata melanda para pengguna CPU dan GPU dari AMD. Ubisoft juga mengungkapkan bahwa saat ini mereka tengah bekerja sama dengan AMD untuk mencari akar permasalahan dan memberikan solusinya. Berikut ini adalah pernyataan lengkap dari Ubisoft seperti dikutip dari forum resminya.

We are aware that the graphics performance of Assassin’s Creed Unity on PC may be adversely affected by certain AMD CPU and GPU configurations. This should not affect the vast majority of PC players, but rest assured that AMD and Ubisoft are continuing to work together closely to resolve the issue, and will provide more information as soon as it is available.

Jadi, bagi para pemilik PC (utamanya yang menggunakan CPU dan GPU AMD) mungkin akan lebih baik untuk bersabar sedikit sembari menunggu Ubisoft memperbaiki masalah ini sebelum kamu membeli AC Unity ini ya.

Bagi gamer PC yang sudah terlanjur membeli, bagaimana komentar kalian? Apakah kalian juga mengalami masalah serupa?

[Sumber: Steam/Ubisoft Forum]