10 Trik Rahasia Galaxy Note 4 yang Perlu Kalian Ketahui

Galaxy-Note-4-3

Saat ini Galaxy Note 4 sudah beredar di pasaran (baca: Galaxy Note 4 Memang Terlihat Seperti Galaxy S5 yang Membesar, dan kami juga sudah sering menunjukkan seperti apa fitur-fitur unggulannya (baca: Jangan Beli Galaxy Note 4 Sebelum Tahu Keunggulan S Pen-nya Ini!). Namun Samsung yakin jika pengguna phablet terbaru mereka itu masih melewatkan beberapa trik yang bisa dilakukan Galaxy terkuat tersebut, dan membeberkan apa saja 10 fitur tersembunyi Galaxy Note 4.

Akses melalui [Settings] – [S Pen] – [Air View]. Bisa menghemat waktu, karena hanya inti konten yang ditampilkan, minus iklan.
Akses melalui [Settings] – [S Pen] – [Air View]. Bisa menghemat waktu, karena hanya inti konten yang ditampilkan, minus iklan.

Seperti misalnya, kalian bisa menggunakan fitur Air View menggunakan S-Pen (diaktifkan dulu melalui setting) untuk mendapatkan preview melalui sebuah jendela pop-up sembarang tautan laman yang disorot ujung mata S-Pen, dan dikirimkan kepada pengguna melalui SMS atau layanan messaging lainnya. Kalian tidak perlu menggunakan S-Pen untuk mengklik tautan tersebut dan melihatnya melalui browser. Cukup arahkah mata pen di atas tautan tadi.

Akses dari [Settings] – [S Pen] – [Direct Pen Input]. Cukup goreskan “19:00-21:00 meeting @ IT centre” melalui S-Pen, otomatis akan masuk ke tanggal tersebut tanpa kalian perlu edit satu-per-satu.
Akses dari [Settings] – [S Pen] – [Direct Pen Input]. Di S Planner, sentuh dan tahan tanggal, lalu cukup goreskan “19:00-21:00 meeting @ IT centre” melalui S-Pen, otomatis akan masuk ke tanggal tersebut tanpa kalian perlu edit satu-per-satu.

Trik lainnya seperti menambahkan event atau schedule ke aplikasi S Planner menggunakan S Pen. Cukup aktifkan fitur Direct Pen Input dari S Pen, kemudian sentuh dan tahan menggunakan Pen tanggal dimana kalian ingin menambahkan event atau jadwal khusus, kemudian lanjutkan dengan menuliskan detail, termasuk waktu, lokasi dan isinya.

Fungsi perekam suaranya juga cerdas. Bahkan bisa menandai satu suara datang dari arah tertentu ketika file terekam itu diputar ulang. Lebih khusus lagi, kalian bisa putar ulang hanya suara dari aah tertentu saja (jika ada banyak sumber suara selama mode meeting) dengan cara memilih arah suara tersebut.
Fungsi perekam suaranya juga cerdas. Bahkan bisa menandai satu suara datang dari arah tertentu ketika file terekam itu diputar ulang. Lebih khusus lagi, kalian bisa putar ulang hanya suara dari arah tertentu saja (jika ada banyak sumber suara selama mode meeting) dengan cara memilih arah suara tersebut. Sepertinya akan sangat berguna bagi para jurnalis nih!

Ketika kalian berada di dalam ruang rapat, atau sedang di hadapan sebuah press conference dan ingin merekam dengan jelas apa yang dikatakan dari sumber suara, maka Meeting Mode dalam Galaxy Note 4 akan sangat membantu, karena mampu membedakan sumber suara dari delapan arah sekaligus.

Pertama, aktifkan dari sini [Settings] – [Calls] – [Show Caller Information]. Fitur ini bisa membantu para jombloer yang sedang dalam misi memburu gebetan. Selama kalian nelpon gebetam, dan kehabisan topik, bisa langsung akses detail kontak tersebut, seperti apa aktivitas terakhirnya yang diunggap ke jejaring sosial, atau catatan terakhir kalian dengannya (seperti komunikasi SMS), dalam bentuk kartu bersusun vertikal, yang bisa diamati sembari pembicaraan berlangsung untuk membantu mencari topik lanjutan!
Pertama, aktifkan dari sini [Settings] – [Calls] – [Show Caller Information]. Fitur ini sepertinya akan sangat membantu para jombloers yang sedang dalam misi memburu gebetan. Selama kalian nelpon gebetam, dan kehabisan topik, bisa langsung akses detail kontak tersebut, seperti apa aktivitas terakhirnya yang diunggah ke jejaring sosial, atau catatan terakhir kalian dengannya (seperti komunikasi SMS), dalam bentuk kartu bersusun vertikal, yang bisa diamati sembari pembicaraan berlangsung untuk membantu mencari topik lanjutan!

Fungsi lain memang sekadar gimmick software, namun bisa sangat berguna bagi siapa saja. Seperti ketika kalian berbicara dengan seseorang di telepon, dan ingin diingatkan apa yang sudah dibicarakan sebelumnya melalui SMS atau untuk detail lainnya, hal itu mungkin dengan mengaktifkan Show Caller Information.

Untuk terapkan auto focus dan auto exposure, cukup setuh dan tahan bagian yang ingin dapatkan AF dan AE tersebut. Fitur AE sendiri diklaim Samsung baru diterapkan pada Galaxy Note 4, dan bisa membantu menghasilkan gambar yang lebih jelas.
Untuk terapkan auto focus dan auto exposure, cukup setuh dan tahan bagian yang ingin dapatkan AF dan AE tersebut. Fitur AE sendiri diklaim Samsung baru diterapkan pada Galaxy Note 4, dan bisa membantu menghasilkan gambar yang lebih jernih.

Kemudian Samsung juga mengingatkan kita keunggulan fotografi phabletnya ini, bahwa Galaxy Note 4 memiliki fungsi auto focus dan auto exposure (pertama kali untuk Galaxy Samsung) untuk kamera utamanya, sedangkan kamera depannya memiliki anti-shake untuk mendapatkan foto selfie yang lebih baik — dengan cara menganalisa detak jantung kalian, ketika jari diletakkan di sensor heart rate di sisi belakang ketika akan berfoto selfie.

Fungsi anti shake-nya unik, karena memanfaatkan sensor detak jantung untuk otomatis mengambil foto selfie. Sepertinya selfie di kondisi yang terburu-buru akan susah terwujud nih...
Fungsi anti shake-nya unik, karena memanfaatkan sensor detak jantung untuk otomatis mengambil foto selfie. Sepertinya selfie di kondisi yang terburu-buru akan susah terwujud nih…

Bahkan detail seperti ketika kita menggunakan earphone tidak ditinggalkan Samsung. Ada opsi Sound Detector, yang akan membantu mengingatkan kita selama menggunakan earphone, agar tetap tidak melewatkan sesuatu yang terjadi di sekitar. Misalnya, suara bel pintu, atau tangisan bayi, akan membuat phablet ini bergetar. Penulis sendiri menyarankan kalian coba trik yang mengajarkan bagaimana menggunakan Galaxy Note 4 dengan sebelah tangan, karena terbukti sangat berguna, terutama ketika menggunakan phablet ini sambil berada di kendaraan umum atau sedang mobile.

Sebenarnya ini fitur yang masuk di bagian accessibility, dan sejatinya untuk pengguna yang memiliki (maaf) keterbatasan fisik. Namun kalian yang sedang menggunakan Note 4 dengan earphone bisa diingatkan jika misalnya, bel pintu bunyi, atau bayimu menangis...
Sebenarnya ini fitur yang masuk di bagian accessibility, dan sejatinya untuk pengguna yang memiliki (maaf) keterbatasan fisik. Namun kalian yang sedang menggunakan Note 4 dengan earphone bisa diingatkan jika misalnya, bel pintu bunyi, atau bayimu menangis…

Di tengah opsi [Settings] Galaxy Note 4, kalian juga bisa mendapati adanya Quick Setting di ujung teratas. Bisa diedit, tinggal sentuh tombol (+), dan kalian bisa tambahkan maksimal hingga 9 item berada di kolom [Quick Settings]. Mempermudah dan mempercepat akses.
Di tengah opsi [Settings] Galaxy Note 4, kalian juga bisa mendapati adanya Quick Setting di ujung teratas. Bisa diedit, tinggal sentuh tombol (+), dan kalian bisa tambahkan maksimal hingga 9 item berada di kolom [Quick Settings]. Mempermudah dan mempercepat akses.
Galaxy Note 4 juga mungkinkan pengguna  Note 4 lainnya, terhubung ke Note 4 yang memiliki akses internet melalui WiFi, tanpa perlu mengetikkan lagi password-nya. Penguna yang terhubug hotspot tinggal buka [Quick Connect] dengan sapukan jari pada panel Notification di sisi atas layar, temukan perangkat yang ingin dibagikan koneksi Wi-Fi-nya, dan pilih ‘Share Wi-Fi’. Fungsi ini hanya untuk sesama pengguna Note 4 saja.
Galaxy Note 4 juga mungkinkan pengguna Note 4 lainnya, terhubung ke Note 4 yang memiliki akses internet melalui WiFi, tanpa perlu mengetikkan lagi password-nya. Penguna yang terhubug hotspot tinggal buka [Quick Connect] dengan sapukan jari pada panel Notification di sisi atas layar, temukan perangkat yang ingin dibagikan koneksi Wi-Fi-nya, dan pilih ‘Share Wi-Fi’. Fungsi ini hanya untuk sesama pengguna Note 4 saja.
Yang paling kami sukai, One Handed Operation. Untuk mengaktifkan fitur ini memang agak ribet. Sama seperti pada Galaxy Note 3, kalian sapukan jari ke tengah lalu kembali ke pinggir, bisa dilakukan di sisi kiri atau kanan.
Yang paling kami sukai, One Handed Operation. Untuk mengaktifkan fitur ini memang agak ribet. Sama seperti pada Galaxy Note 3, kalian sapukan jari ke tengah lalu kembali ke pinggir, bisa dilakukan di sisi kiri atau kanan. Sebelumnya juga perlu dicek di [Settings] – [Display and wallpaper] – [One-handed Operation] – [Reduce Screen Size]

Begitu interface layarnya mengecil, kalian bisa memperbesar dan memperkecil ukurannya lagi sesuai keinginan, dan mulai mengetik lebih mudah dengan sebelah tangan. Yang disayangkan, seperti Note 3, deretan tombol virtual di sisi bawah interface-nya yang mengecil itu belum juga memberikan akses untuk memunculkan panel notification.
Begitu interface layarnya mengecil, kalian bisa memperbesar dan memperkecil ukurannya lagi sesuai keinginan, dan mulai mengetik lebih mudah dengan sebelah tangan. Yang disayangkan, seperti Note 3, deretan tombol virtual di sisi bawah interface-nya yang mengecil itu belum juga memberikan akses untuk memunculkan panel notification.

Untuk trik Galaxy Note 4 lainnya, kalian bisa membaca mengenai cara dapatkan akses root (baca: Cara Mudah Dapatkan Akses Root Untuk Samsung Galaxy Note 4), fitur baru S-Pen yang kami rangkum di artikel ini: Jangan Beli Galaxy Note 4 Sebelum Tahu Keunggulan S Pen-nya Ini!, dan jika belum cukup masih ada fitur lainnya untuk yang hobi scrapbooking (baca: Dua Fitur Ini Membuat Galaxy Note 4 Makin Keren!)

Sumber: Samsung