Cara Root Samsung Galaxy Grand Prime, Android Selfie Pertama Dari Samsung

Galaxy-Grand-Prime-1

Setelah mendapatkan Android baru, ada beberapa “ritual” yang mungkin dilakukan seorang gadgeter. Biasanya, menguji seberapa kuat kinerja Android mereka dengan melakukan benchmark dalam kondisi standar. Selanjutnya, mencari cara untuk mendapatkan akses ROOT. Memang akses ROOT sangat berisiko bagi yang belum berpengalaman, dan tentu saja membatalkan garansi Android tersebut. Namun karena banyak pengguna Android yang biasanya bosan dan cenderung gonta-ganti Android perlu memindahkan data-data aplikasi atau game (yang belum mendukung cloud save-nya Play Games) mereka di Android yang baru, hanya akses ROOT solusi yang paling praktis.

Panduan ROOT lainnya: Cara Root Samsung Galaxy A5, Cara Root LG L Series III

Sayangnya, karena masalah fragmentasi Android yang begitu besar, cara untuk ROOT tidak selalu sama untuk setiap Android. Dan kali ini kami akan memberikan satu cara mudah untuk mendapatkan akses ROOT untuk salah satu Galaxy Samsung yang sudah dirilis akhir Oktober 2014 kemarin, dan juga sudah mendapat label khusus sebagai smartphone selfie karena kamera depannya yang cukup besar, yaitu Samsung SM-G530H Galaxy Grand Prime.

Galaxy-Grand-Prime-2


Spesifikasi Galaxy Grand Prime


Sekilas mengenai Grand Prime, Galaxy ini merupakan upgrade minor dari Galaxy Grand pertama, yang menitikberatkan pada pembaruan chipset dan sisi fotografi. Selain itu, seperti Galaxy Samsung lainnya yang muncul di tahun 2014 ini, sudah mendapatkan sentuhan elemen galaxy S5, seperti terlihat pada pengaturan tombolnya, karena kini di sisi kiri tombol Home, bukan lagi tombol Menu kalian dapati, melainkan tombol Recent Apps. Di Indonesia, Galaxy Grand Prime ini dibanderol Rp. 2,699,000, dan tersedia dalam pilihan warna White serta Black Grey.

Galaxy-Grand-Prime-6

Untuk spesifikasinya, Galaxy Grand Prime mengusung layar yang sama seperti sebelumnya, 5-inci TFT LCD dengan resolusi qHD (540×960-pixel) dengan kerapatan 220 ppi, chipset Qualcomm MSM8916 dengan prosesor Snapdragon 410 quad-core Cortex-A53 (lebih baik dari tipikal Cortex-A7) yang kecepatannya 1,2GHz, dipadukan dengan GPU Adreno 306 serta RAM 1GB, memori internal 8GB, dukungan microSD card hingga kapasitas 64GB serta baterai sebesar 2,600mAh. Ponsel yang juga menawarkan fitur dual-SIM dan sudah berjalan pada sistem operasi Android 4.4.2 KitKat. Jika bertanya sensor apa saja yang ada di tubuhnya, Samsung hanya membenamkan accelerometer, geomagnetic sensor, dan proximity sensor saja, tanpa ada gyroscope. 

Galaxy-Grand-Prime-3

Seperti ponsel selfie Sony Xperia C3 (baca: Sony Xperia C3 Didukung Kamera Depan Bercahaya, Android Dual-SIM Khusus Penggemar Selfie), Samsung Galaxy Grand Prime memiliki kamera depan sebesar 5-megapixel dengan sudut view-finder luas (mencapai 85 derajat). Terdapat juga kamera belakang 8-megapixel dengan dukungan flash LED, dan mampu untuk merekam video Full HD 1080p. Dimensi yang diusung Samsung Galaxy Grand Prime adalah 144,8 x 72,1 x 8,6 mm dan berat 156 gram.

Lanjut ke halaman 2 untuk panduan root-ing Galaxy Grand Prime…