Captain America: Civil War, Apakah Itu Civil War?

Spoiler Alert! Pembahasan singkat tentang Marvel's Civil War dan pengaruhnya terhadap Marvel Cinematic Universe

Captain America: Civil War, Apakah Itu Civil War?

Captain America: Civil War, Apakah Itu Civil War?

Sekitar dua minggu yang lalu, Kevin Feige, presiden Marvel Studios mengumumkan 9 judul film untuk Marvel Phase 3. Dari kesembilan judul tersebut, saya sudah pernah sedikit membahas beberapa diantaranya, seperti: spekulasi kemunculan (cameo) Black Panther dalam Avengers: Age of Ultron, The Inhumans, hingga alasan terjadinya Avengers: Infinity Wars.

Nah, kini saya akan membahas tentang Captain America: Civil War.

[WARNING! May Contain Spoiler]


[page_break no="1" title="Apakah Itu Civil War?"]


marvel-civil-war-marvel-is-building-up-to-civil-war-in-the-mcu-there-i-said-it Captain America vs Iron Man[/caption]

Civil War adalah salah satu komik crossover klasik yang dirilis pada tahun 2006-2007, ditulis oleh Mark Millar dan berjumlah tujuh volume. Civil War juga diceritakan dalam komik lainnya, mengambil sudut pandang dari superhero dalam komik tersebut dalam Civil War, seperti: Black Panther, New Avengers, The Amazing Spider-Man, Fantastic Four, X-Men, Captain America, dan Iron Man.

Inti cerita dari Civil War adalah "Superhuman Registration Act" (SRA), sebuah kebijakan dimana setiap manusia super harus mendaftar kepada pemerintah supaya dapat dimonitor tindak-tanduknya. Selain itu, para superhuman ini juga mendapatkan pelatihan dan menjadi semacam pegawai pemerintah. Kebijakan ini diputuskan setelah terjadinya insiden dimana Nitro, ketika melawan New Warriors, meledakkan diri dalam kota dan membunuh lebih dari 600 warga, termasuk menghancurkan sekolah dasar.

Tony Stark, yang sebelumnya kurang setuju dengan SRA, sekarang menjadi salah satu pendukung terkuat kebijakan tersebut. Spider-Man bahkan memihak kepadanya, mempublikasikan identitas rahasianya kepada publik. Dilain pihak, Captain America tidak setuju dengan SRA, dan membuat sebuah grup bernama The Secret Avengers. Ketika tensi mulai memanas, Captain America bertemu dengan Iron Man. Keduanya terlihat akan berdiskusi tentang masalah ini, tetapi selanjutnya mereka malah bertarung dan memulai 'perang sipil' antar superhero.

Yep, Captain America: Civil War akan menampilkan pertarungan Captain America vs Iron Man.


[page_break no="2" title="Bagaimana Implementasinya dalam Marvel Cinematic Universe?"]

Meski komik Civil War memiliki skala yang epik, merambah banyak sekali judul komik, kamu jangan terlalu berharap hal yang sama terjadi dalam Marvel Cinematic Universe. Contohnya saja seperti Avengers: Age of Ultron. Meskipun terdapat 'Age of Ultron' dalam judulnya, tetapi film-nya sendiri akan cukup berbeda dengan komik Age of Ultron. Kemungkinan besar, Captain America 3: Civil War, akan menjadi sebuah 'jembatan penghubung' yang memberikan pengaruh lumayan besar terhadap film-film Marvel selanjutnya.

Satu judul film yang akan sangat terkena pengaruh dari Captain America: Civil War tentu saja The Avengers: Infinity Gauntlet Part 1. Banyak rumor yang mengatakan bahwa line-up dari tim Avengers akan sangat berbeda dalam film ini. Kemungkinan sih, Captain America dan Iron Man tidak akan muncul dalam film ini. Oh, dan menurut saya, Thor juga bisa jadi tidak muncul dalam film ini -berkaitan tentang apa yang akan terjadi dalam Thor: Ragnarok. (Baca: [Spoiler Alert!] 8 Prediksi Tentang Thor: Ragnarok)


[page_break no="3" title="Akankah Captain America Mati?"]


Captain America V5 25 pg  18 Captain has been shot![/caption]

Cerita Civil War berakhir dengan kematian Captain America, tertembak oleh Crossbones dan Agent 13/Sharon Carter yang dihipnotis. Kematian Captain America kemudian diceritakan lebih lanjut dalam komik berjudul Fallen Son. Jadi, dalam Captain America: Civil War, akankah Captain America mati?

Mungkin tidak. Bahkan dalam komik, Captain America tidak benar-benar mati (seperti kebanyakan superhero lainnya). Peluru yang ditembakkan Sharon Carter sebenarnya hanya 'membekukan' Captain America sebelum kematiannya. Dia seperti semacam kembali ke masa lalu dan kemudian... Argh, terlalu rumit untuk dijelaskan! Dan sepertinya Marvel tidak akan menggunakan alasan seperti ini dalam filmnya. Kemungkinan besar sih, Captain America akan menghilang dalam akhir film.

Saat pertarungan terakhir Captain America vs Iron Man, Captain America akhirnya menyerah ketika menyadari kerusakan yang ditimbulkan oleh pertarungan tersebut. Mungkin saja setelah itu, dia ditangkap dan kemudian menghilang, melewati The Avengers: Infinity Wars Part I, dan kemudian kembali lagi dalam film pemungkas The Avengers: Infinity Wars Part II.


[page_break no="4" title="Apa Pengaruhnya Terhadap Thanos dan Cerita Infinity Wars?"]


Kemungkinan besar, Civil War akan memberikan efek comeback yang epik saat tim Avengers melawan Thanos. Civil War akan menunjukan bahwa Avengers adalah sebuah tim yang sangat rapuh, bukan sebuah tim yang 'super'. Anggota-anggotanya merupakan sahabat dalam awal The Avengers: Age of Ultron, tetapi persahabatan tersebut akan diuji dalam film tersebut dan dihancurkan dalam Captain America: Civil War. Lalu, ketika Thanos mulai bergerak, seluruh superhero ini akan kembali bergabung untuk melawannya dalam The Avengers: Infinity Wars Part II. Jadi, seperti yang saya utarakan sebelumnya, Captain America: Civil War akan menjadi jembatan penghubung menuju akhir film.


[page_break no="5" title="Bukankah Spider-Man Memainkan Peran Penting dalam Civil War?"]


Civil War 02 - page 23 Spider-Man membuka topengnya di depan umum dalam komik Civil War[/caption]

Pertanyaan yang bagus. YA, dia akan berperan penting dalam Civil War. Spider-Man akan berpihak pada Iron Man dan menjadi superhero pertama yang mempublikasikan identitas aslinya ke depan publik setelah sekian lama merahasiakannya. Bahkan, Spider-Man nantinya juga akan berpindah menuju tim Captain America, setelah salah satu superhero secara 'tidak sengaja' terbunuh dalam perang sipil ini.

Masih ingatkah kamu akan rumor Spider-Man yang akan muncul dalam Avengers?. Rumor tersebut ditampik oleh Kevin Feige, presiden Marvel Studios, secara tidak langsung. Sepertinya Spidey benar-benar akan di-reboot atau dibuatkan spin off-nya ya?.

UPDATE: Spider-Man Bergabung dengan Marvel!

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/02/10/official-spider-man-kembali-ke-marvel/" title="OFFICIAL: Spider-Man KEMBALI ke Marvel"]


[page_break no="6" title="Kemanakah Hulk Saat Civil War Berlangsung?"]


Captain America: Civil War, Apakah Itu Civil War? Planet Hulk[/caption]

Jika kamu membaca komiknya, pasti kamu akan bertanya-tanya: kemanakah Hulk?

Jawab: Planet Hulk.

Salah satu alasan lain dicanangkannya kebijakan SRA dalam Civil War adalah ketika Hulk mengamuk dan menghancurkan Las Vegas. Untuk menghentikan Hulk, Tony Stark dan Mr. Fantastic memancing Hulk menuju satelit dan mengirimkannya melalui wormhole menuju planet yang letaknya sangat jauh dari bumi. Jadi, ketika Civil War terjadi, Hulk akan menjadi gladiator di planet Sakaar.

Meskipun sebelumnya banyak rumor yang muncul tentang Planet Hulk, tetapi dalam sembilan judul yang diumumkan oleh Marvel, tidak ada satupun yang menyebutkan Planet Hulk. Sepertinya Planet Hulk memang tidak akan dibuat.

Jadi, kemungkinan besar The Avengers: Age of Ultron akan menjadi alasan munculnya SRA dan menjelaskan akan kemana perginya Hulk nanti.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2014/11/24/spoiler-alert-8-prediksi-tentang-thor-ragnarok/" title="Spoiler Alert! 8 Prediksi Tentang Thor: Ragnarok"]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU