Flashcart Sky3DS Bagai Mimpi Gamer Nintendo 3DS yang Menjadi Nyata!

Sky3DS-13

Memang sebelumnya tidak pernah terdengar namanya, namun sejak 27 Oktober 2014 lalu Sky3DS menggemparkan dunia game handheld karena menjadi alternatif flashcart selain Gateway 3DS untuk memainkan game-game 3DS. Apa yang menjadi satu kelebihannya sempat dianggap sebagai guyonan belaka, yaitu mampu menembus batas system firmware 4.5. Artinya, mereka yang memang ingin mencurangi Nintendo dengan main game bajakan tidak perlu susah-susah berburu 3DS yang firmware-nya masih berkepala 4 tersebut, yang pastinya sangat langka dan harganya juga di atas rata-rata. Dan secara tiba-tiba Sky3DS muncul dengan janji yang memang sesuai klaimnya, flashcart baru ini sukses memainkan ROM 3DS di sembarang 3DS, meskipun firmware-nya sudah diperbarui sampai ke digit 9.xx!

Sky3DS-14

Nama Sky3DS muncul sejak akhir Oktober, dan kemudian sepekan lalu mulai banyak laman yang terfokus pada perangkat modifikasi hardware mesin game menawarkannya. Tim yang berada di balik flashcart ini pun juga sudah merilis sebuah software yang diperlukan untuk menyalin ROM dari PC ke dalam memory micro SD dalam Sky3ds. Dan meskipun jelas laman resmi flashcart ini menyebutkan jika mereka mendukung micro SD dengan kapasitas hingga 128 GB, namun pihak pengembang memberi batasan yang seakan susah diterima siapa pun yang biasa bercengkerama dengan flashcart… kalian dibatasi hanya bisa memasukkan 10 ROM game saja, tidak lebih, dan tidak bisa dikurangi kembali (total 10 game juga dipengaruhi kapasitas microSD, karena ROM game 3DS bisa mencapai maksimal 8 GB). Untuk game ke-11 dan ke-20, sama artinya kalian harus membeli satu Sky3DS lagi, yang harganya mencapai Rp. 1 jutaan!

Memang sejauh ini batasan tersebut masih menjadi tanda tanya bagi mereka yang ingin mencoba berhemat, main game bajakan dengan bebas tanpa batasan firmware 3DS, dan semua versi handheld 3D Nintendo itu bisa digunakan. Toh jika mereka ingin memainkan lebih banyak ROM, membeli satu Sky3DS lagi, sama artinya flashcart ini sedikit lembut menerapkan sistem pembajakannya. Jika dihitung berdasarkan harganya, maka artinya sama saja kalian menghargai ROM / game bajakan yang di-inject ke dalam flashcart ini dengan harga sekitar Rp. 110 ribuan saja. Situasi yang menarik, nilai yang mahal untul sebuah pembajakan (karena namanya flashcart ya baru kali ini membatasi jumlah ROM yang bisa dikopi), namun sekaligus tetap sangat murah dibandingkan kalian membeli gamenya yang orisinal.

Sky3DS 3

Ini semacam cara praktis jika kalian yang sering mobile, ingin membawa serta 10 game yang paling sering dimainkan, tanpa ribet harus menyimpan cartridge gamenya sambil bepergian. Cukup satu flashcart saja, yang sudah di-inject 10 game sesuai format yang dikenali Sky3DS (mutlak memerlukan software yang diberikan pengembang untuk merubah file ROM ke format Sky3DS dan menyalinnya ke dalam memory Sky3DS melalui PC), membebaskan kalian dari kata ribet harus swap cartridge game ketika ingin ganti permainan. 

Sky3DS 5

Namun Sky3DS ini sekali lagi menerapkan standar lain lagi dalam dunia pembajakan melalui flashcart. Yang biasanya kita kenali bebas region, tidak mempedulikan ROM game dari versi mana saja bisa masuk, maka Sky3DS anti gane dari region berbeda. Kita memang tahu ada indikasi Nintendo membuka segel region (baca: Nintendo Akan Cabut Region Lock dari Wii U dan 3DS?), hanya saja untuk Sky3DS ini ROM dari region yang berbeda dengan 3DS yang kalian gunakan tidak bisa dikopi ke dalam memory-nya. Selain itu, batasan Sky3DS lainnya adalah tidak bisa menjalankan homebrew, dan pastinya menghalangi pengembangan software lainnya untuk 3DS melalui flashcart ini.

Sky3DS terlihat seperti cartridge 3DS, dengan sedikit perbedaan. Di sisi atas cart ini ada slot microSD dan tombol kecil serta lampu indikator. Micro SD digunakan untuk menyimpan game (makin besar, makin banyak game yang bisa disimpan, namun tetap saja 10 judul untuk satu Sky3DS ini), tombol untuk memilih game yang tersimpan di dalamnya, dan lampu indiikator warna biru menandakan proses game sedang diganti ke game lain yang berada dalam microSD.
Sky3DS terlihat seperti cartridge 3DS, dengan sedikit perbedaan. Di sisi atas cart ini ada slot microSD dan tombol kecil serta lampu indikator. Micro SD digunakan untuk menyimpan game (makin besar, makin banyak game yang bisa disimpan, namun tetap saja 10 judul untuk satu Sky3DS ini), tombol untuk memilih game yang tersimpan di dalamnya, dan lampu indiikator warna biru menandakan proses game sedang diganti ke game lain yang berada dalam microSD.
Tidak ada batasan firmware. Sky3DS tetap bisa berjalan di firmware 3DS hingga 9.2. Tidak perlu ada proses hack, karena tinggal plug-and-play.
Tidak ada batasan firmware. Sky3DS tetap bisa berjalan di firmware 3DS hingga 9.2. Tidak perlu ada proses hack, karena tinggal plug-and-play.
Jika ada lebih dari satu ROM game di micro SD, tinggal tekan tombol di flashcart ini, maka lampu indikator akan mulai menyala, kemudian berkedip, menandakan game sudah berganti. Semua sumber kami tidak melaporkan ada masalah pada data save game masing-masing dari proses switch tersebut.
Jika ada lebih dari satu ROM game di micro SD, tinggal tekan tombol di flashcart ini, maka lampu indikator akan mulai menyala, kemudian berkedip, menandakan game sudah berganti. Semua sumber kami tidak melaporkan ada masalah pada data save game masing-masing dari proses switch tersebut, karena setiap game mmeiliki file save tersendiri yang di-embed ke dalam ROM yang di-flash ke dalam microSD selama proses melalui diskwritter.

Sejauh ini game untuk Sky3DS tidak bisa dikopi langsung ke microSD menggunakan PC. Namun ada software diskwritter khusus yang disediakan pengembang, dan panduan lengkapnya bisa kalian cek di laman resmi Sky3DS di tautan berikut ini. Kalian perlu rajin mengecek tautan tersebut, karena jika ada update (periksa di sini), maka itu termasuk dengan tambahan dukungan game yang bisa dijalankan melalui Sky3DS ini. Ketika kalian menghubungkan kartu microSd yang sudah diformat agar bisa berjalan sesuai dengan sistem Sky3DS ke PC, tidak bisa dilihat bagaimana isinya (justru meminta kalian memformatnya), atau bagaimana aplikasi dari pengembang flashcart ini memasukkan ROM tersebut ke dalam memory microSD. Benar-benar misterius ya… pengembang Sky3DS ini sangat jeli menutupi jejaknya.


Membandingkannya Dengan Gateway 3DS


Gateway-3DS-vs-Sky3DS

Bagaimana Sky3DS ini dibandingkan dengan flashcart perintis Gateway 3DS? Ya, memang Sky3DS menjadi flashcart pertama yang menembus batas firmware 4.5, namun bukan berarti kita melewatkan Gateway 3DS. Flashcart tersebut mulai tenar setahun belakangan sebagai solusi memainkan game kopian untuk 3DS. Bahkan tak terhitung banyak kloningnya bermunculan, termasuk nama lain seperti R4i Gold 3DS Deluxe, 3DS Link Orange, 3DS MT-Card. Yang paling parah kloningannya, karena rencan membuat 3DS nge-brick (well, ada harga ada kualitas, yang asli dan mahal biasanya memang lebih aman). Namun ketika menyinggung masalah harga, memang ada pengorbanan ketika kita ingin berhemat main game 3DS, dan kedua flashcart di bawah ini tidak murah. Karena itulah kit perlu tahu apa kelebihan dan kekurangannya:

Sky3DS Pros

+ Kompatibel dengan firmware terbaru hingga saat ini (9.2.0-20 baik region U/E/J), atau firmware lama. Sedangkan Gateway 3DS mutlak memerlukan 3DS lama yang belum diupdate firmware lebih dari 4.5
+ Mendukung permainan online tanpa masalah, memainkan game online eShop
+ Tidak memerlukan flashcart DS Mode untuk install, booting melalui System secara normal
+ Plug and Play, tidak perlu adanya proses menjalankan exploit
+ Ada status LED menandakan jika flashcart ini sibuk
+ Dipastikan bisa bekerja untuk New N3DS, dan juga 3DS LL & XL bahkan versi budget 2DS. Sedangkan Gateway 3DS hanya bekerja untuk 3DS lama dengan firmware 4.5 yang pasti sangat langka dan harganya “gila.”

Sky3DS 6

Cons
– Hanya disediakan 10 slot yang tidak bisa diganti lagi untuk game, dan jika ingin memainkan lebih banyak game melalui ROM, kalian perlu membeli lagi cartridge Sky3DS.
– Tidak mendukung homebrew, tidak ada cheat (setidaknya untuk saat ini, menurut pengembang), dan game lintas region
– Tidak ada antar muka selama pengoperasiannya
– Harga yang relatif mahal

Gateway-3DS-Game-Select-Menu

Gateway 3DS Pros

*EmuNAND 9.2.0-20 jika ingin mendapatkan dukungan fitur firmware baru Nintendo melalui Gateway versi 2.6, atau…. kabar terbaru dari Gateway, mereka mengatakan benar-benar bisa menembus proteksi firmware baru Nintendo (belum ada buktinya).
*Mendukung HomeBrew, dan Cheat. Menjalankan 3rd party unsigned code pada 3DS.
*Tidak ada batasan ROM (mau dikopi berapa pun, asal microSD-nya cukup), dan game bisa dipilih dengan antar muka yang lebih menarik, bukan sekadar tekan tombol
*Bebas batasan region

Cons
*Hanya bisa bekerja dengan 3DS dan firmware-nya juga harus versi 4.1 ~4.5.
*Perlu proses preload exploit setiap kali menyalaman 3DS

Peerbandingan Harga 

Sky3DS ditawarkan dengan harga berkisar Rp. 1 – 1,5 jutaan!
Gateway 3DS ditawarkan dengan harga berkisar Rp. 900 – 1 jutaan!

Mungkin memang Sky3DS sedikit lebih mahal dari Gateway, namun jika kalian menghitung harga cartridge orisinal yang berkisar Rp. 350 – 600 ribuan, dan meskipun Sky3DS membatasi hanya 10 ROM game saja yang bisa diterimanya, itu tetap menghemat pengeluaran kalian untuk memainkan game orisinal. Kecuali, kalian ini hobi beli, main dan jual kembali cartridge orisinal. Selain itu, ini juga tak kalah penting, menghemat waktu dan dana lebih untuk memburu 3DS yang masih memiliki firmware antara 4.1 hingga 4.5, yang biasanya pemiliknya belagu dan menjualnya dengan mahal. Terlebih lagi, Sky3DS juga sudah dipastikan mampu menembus segel proteksi New Nintendo 3DS.

Namun jika kalian beruntung masih menyimpan 3DS dengan firmware v4.5 atau lebih rendah, maka 3DS tetap menjadi flashcart terbaik. Ada banyak fitur yang dimilikinya, seperti memainkan semua game 3DS, termasuk yang terbaru (dukungan pengembangnya sangat cepat), kalian juga bisa memainkannya online melalui fitur EmuNAND,juga fitur lain seperti NAND back, mainkan emulator 3DS dan banyak lagi fitur yang tidak dimiliki Sky3DS.

Flashcart Sky3DS Bagai Mimpi Gamer Nintendo 3DS yang Menjadi Nyata!

Bagaimana perbandingannya dengan Gateway 3DS?

Abaikan


Gateway Mendukung System Firmware 9.0.0-20


Gateway-3DS

Kabar baik ini juga muncul mengiringi suksesnya Sky3DS menghebohkan komunitas 3DS. Menurut tim pengembang Gateway, mereka sedang dalam proses menyelesaikan dukungan untuk 3DS yang menjalankan System Firmware 9.0.0-20 / 9.1.0-20J / 9.2.0-20 secara natif, yang artinya Gateway 3DS juga bisa bekerja di 3DS v9.0.0 hingga 9.2.0, dan itu termasuk juga akan bekerja pada 2DS dan New Nintendo 3DS! Karena masih belum ada kabar lanjutan, maka sebagai persiapan kami sarankan, jika kalian masih bertahan di System Firmare 4.5, maka jangan update dulu. Atau jika kalian memiliki 3DS terbaru dengan System Firmware 5.0 atau lebih, update saja ke 9.0.0-20, 9.1.0-20J atau 9.2.0-20, dan tetap bertahan di versi tersebut. Selanjutnya, kita tunggu saja kabar baik dari Gateway, dan solusi mereka membuat kita move on dari firmware 4.5, serta menghentikan perburuan 3DS dengan firmware jadul itu yang makin langka.

Baca juga: Gateway 3DS, Flashcard 3DS Pertama di Dunia yang Bisa Berfungsi?Gateway 3DS, Flash Card Satu-satunya untuk 3DS Siap Dipesan! dan Gateway 3DS, Flashcard Pertama 3DS yang Sanggup Menembus Tembok Region.


R5sdhc, Pesaing Sky3DS?


R5sdhc-Flashcart

Baru saja Sky3DS muncul di pasaran, sudah ada rival (atau kloning?) yang membayanginya. Disebut R5sdhc,  flashcart ini fungsinya mirip dengan Sky3DS. Mendukung semua varian 3DS, game eShop dan bermain online. Fitur yang diklaim pengembangnya sebagai berikut:

1. Support all 3D Games .
2. Support all Version/Region of 3DS console, including the New 3DS.
3. Support all system version up to latest v9.2.0-20 (update 2014-10-30)
4. Just plug and play, no more 2 card swapping operation.
5. No waiting for any firmware update against to system update.
6. Support multi-rom function.
7. 10 games slot limited for a R5SDHC.
8. Compatible with Micro SD up to 64G.
9. eShop and playing game online supported.

Dari daftar fitur tersebut, yang menarik adalah batasan 10 game yang bisa disimpan di memory flashcart ini, sama seperti Sky3DS. Hanya saja R5sdhc menjelaskannya lebih gamblang. Jadi misalnya kalian memiliki beberapa microSD dengan kapasitas berbeda, ada 1 microSD diisi 3 game, lainnya 4 game, dan sisanya 3 game, dengan total 10 game, ketiganya bisa dikenali flashcart ini. Tidak harus satu microSD berpasitas besar. Namun tetap saja, memory utama R5sdhc hanya akan mengenali 10 game pertama saja yang mereka catat dari ROM yang tersimpan di beberapa microSD tersebut. R5sdhc juga sudah banyak yang menjual, dan harganya pun lebih murah dari Sky3DS. Berikut beberapa video yang menunjukkan cara kerja R5sdhc (ya, mirip dengan Sky3DS, ada proses menulis game melalui diskwritter). Kalian bisa juga masuk ke laman resminya untuk mengetahui lebih lanjut apa saja fiturnya.

Flashcart Sky3DS Bagai Mimpi Gamer Nintendo 3DS yang Menjadi Nyata!

Bagaimana perbandingannya dengan Gateway 3DS?

Abaikan

Flashcart Sky3DS Bagai Mimpi Gamer Nintendo 3DS yang Menjadi Nyata!

Bagaimana perbandingannya dengan Gateway 3DS?

Abaikan

Flashcart Sky3DS Bagai Mimpi Gamer Nintendo 3DS yang Menjadi Nyata!

Bagaimana perbandingannya dengan Gateway 3DS?

Abaikan

Sumber: GBATemp, Official Site


SHARE
Previous articleBagaimana Interstellar Meramalkan Kematian Agama
Next articleCaptain America: Civil War, Apakah Itu Civil War?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.