Mau Tahu Tycoon Rasa Indonesia, Multishop Tycoon Jawabannya!

i

Maulidan Games, salah satu studio game berprestasi dari Surabaya telah merilis salah satu game andalan mereka untuk Android, Multishop Tycoon! Mungkin dari nama Tycoon sendiri citizen bisa menebak game bergenre apakah Multishop ini? Sebuah game simulasi mengenai bagaimana kalian mengelola toko-toko kaki lama ala Indonesia! Maulidan Games sudah seringkali menelurkan karya-karya mereka untuk platform Flash dan kali ini merupakan pertama mereka menembus playstore. Jadi seperti apakah Multishop Tycoon ini?

g

Sebelumnya perlu diketahui bahwa game ini sendiri bisa dimainkan melalui browser citizen disini. Jadi saya sendiri telah sedikit mencoba game asli Indonesia ini. Dengan grafis khas studio dari kota pahlawan ini, Multishop Tycoon menawarkan sesuatu yang terasa sekali konten lokalnya. Disini kalian akan berperan sebagai seorang manajer yang menentukan bagaimanakah barang-barang harus dijual. Kalian menentukan dimana kalian meletakkan stand kalian dari 5 jenis lingkungan yang berbeda, yakni Hill (perbukitan), Market (pertokoan), School (sekolah), Beach (pantai), dan Ship (kapal).  Yang membedakan dari kelimanya adalah jenis makanan yang lebih laris di beberapa tempat. Maulidan Games benar-benar memperhatikan detil kelarisan barang-barang seperti dunia nyata.

jk

Yang menarik lainnya adalah konten lokal yang terdapat dalam barang-barang yang dijual. Saya melihat ada lontong di salah satunya, makanan yang mungkin tidak bakal ditemukan kalau tidak ke Indonesia. Selain itu masih banyak jenis makanan lainnya, hingga 40 jenis bisa kalian pilih. Lalu kalian disuguhkan 12 level dengan terdiri dari 40 jenis quest yang harus ditempuh untuk melanggeng menang. Kustomisasi stand makanan dan penjual juga diperhatikan dalam game simulasi ini.

mn

Dan fitur yang lagi-lagi membuat saya mengingat kembali tentang lingkungan marketing di Indonesia adalah Office yang terdiri dari lima departemen. Kelima departemen yang bisa dilihat di gambar atas ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalnya Stand Management akan mengurusi bagaimana pengembangan dan kustomisasi stand makanan. Permission Department lebih ke perizinan untuk menjual lebih banyak macam makanan, berhubung makanan-makanan ini banyak yang perlu dibuka terlebih dahulu dengan uang dalam game. Stand equipment ini kebanyakan berisi barang-barang yang bisa mensupport penjualan, seperti x-banner, terdengar khas stand-stand toko Indonesia bukan? Human Resources berhubungan dengan perekrutan pegawai yang jauh lebih baik. Sedangkan Survey & Marketing bertugas untuk mempromosikan di berbagai media massa.

nb

Citizen yang menyukai game simulasi semacam tycoon setidaknya harus menjajal game buatan anak bangsa ini. Permainannya cukup mendalam, apalagi bagi yang tertarik akan hal-hal marketing. Setidaknya melalui game ini kita bisa tahu sedikit banyak mengenai bagaimanakah sistem penjualan sebuah perusahaan itu. Game yang direncanakan untuk rilis di Steam dan iOS ini bisa kalian unduh disini.


SHARE
Previous articleAksi Perampokan Bersenjata Warnai Perilisan GTA V
Next articleJudul Movie Dragon Ball Z: Fukkatsu no F Terinspirasi dari Lagu Heavy Metal
Penulis berbagai macam tema, mulai dari anime, game, kucing, Naruto, Dragon Ball, meme, netizen, dan banyak hal lainnya seputar itu.