Suka Suikoden? Maka Harus Mencoba Americana Dawn!

Seri Gensou Suikoden merupakan inspirasi banyak orang, khususnya bagi sang developer Americana Dawn. Dikembangkan oleh studio Amerika dan Jepang Bit Bonton, Americana Dawn merupakan game untuk PC Windows yang mengambil setting sejarah dari Amerika Serikat namun dengan mengambil style game JRPG ala Suikoden dari PlayStation. Pengembangnya sendiri mengakui akan bagaimana ia sangat terinspirasi seri yang juga populer di Indonesia dulu itu. Rencananya game ini akan dirilis untuk Steam. Berikut trailer menawan dari Americana Dawn.

Suka Suikoden? Maka Harus Mencoba Americana Dawn!

Menurut saya inilah penerus spritiual seri Gensou Suikoden klasik

Abaikan

Game ini sendiri mengambil sejarah yang terjadi selama 2 abad di benua Amerika Serikat. Tokoh utamanya merupakan makhluk astral dari laut bernama Foster. Penampilannya sangat kalem. Sang tokoh utama ini tersesat di Shenandoah Valley dan akhirnya setelah beberapa ratus tahun diketemukan dan juga direkrut sebagai seorang tentara sipil. Nah semenjak itu Foster akhirnya berpetualang dalam dua sejarah penting negara Amerika Serikat, yakni French & Indian War serta American Revolution. Mungkin bagi kalian penggila sejarah atau mungkin yang tertarik akan sejarah dibalik pembentukan negara Amerika Serikat, bisa mempersiapkan tabungan untuk membeli game keren yang satu ini.

steamworkshop_webupload_previewfile_343291594_preview_thumb

Kalau kalian sudah melihat trailernya, pasti teringat kembali dengan style pixel yang sama dengan yang ada di Gensou Suikoden II. Selain itu ternyata melalui halaman situs-nya, saya melihat beberapa style pertarungan ala JRPG yang sangat terinspirasi dari seri favorit saya tersebut. Kalau di Americana Dawn, mereka menyebutnya micro battle dan macro battle. Micro battle ini seperti kebanyakan JRPG, mengambil mekanisme turn-based. Sedangkan macro-battle seperti pada seri Suikoden, peperangan masal antara pasukan besar. Ah jadi kangen!

g3kzebtnni66bruxms8t

Game ini paling cepat akan dirilis untuk PC disekitaran tahun 2015 dengan dua bahasa sekaligus, Jepang dan Inggris. Belum ada kepastian mengenai kehadirannya untuk platform lain. Saya pribadi berharap sang developer bisa berbagi rahasia engine untuk mengembangkan game ini. Saya tertarik sekali bisa mengembangkan game dengan style yang sama dengan mereka.