Gara-gara Iklan PS Vita-nya Salah Sasaran, Sony Dikecam Netizen!

Kalian percaya wanita / dokter ini seorang gamer?
Kalian percaya wanita / dokter ini seorang gamer?

Sony segera menonaktifkan salah satu video iklan YouTube-nya yang penuh berisi sindiran dari channel YouTube PlayStation Eropa, dan kemungkinan besar hal itu dikarenakan banyak kata-kata seksi digunakan selama video tersebut.

Video yang pertama kali online pada 21 November lalu itu kini menghilang dari channel mereka, namun masih banyak bertebaran dimana-mana dan bebas kita lihat. Seperti bisa kalian lihat di bagian bawah tulisan ini, menampilkan seorang dokter cantik, yang dari kata-katanya bisa saja diartikan menjurus pada sebuah “aktivitas seksual,” yang kemudian dipertegas dengan kalimat seperti:

“I bet you’ve already done it today. Or are you afraid you’re doing it too often? In your bedroom under the blankets? Or perhaps you prefer the kitchen or the toilet? Or do you like it in the garden?”

Sony mengajak kita berfantasi dengan sang dokter...
Sony mengajak kita berfantasi dengan sang dokter…

Namun di akhir video baru kita sadar jika kata-kata yang terucap dari mulut dokter seksi di video tersebut ternyata bukan untuk menggoda pemirsanya secara seksual, namun dia berbicara mengenai fitur Remote Play pada PlayStation 4 yang memungkinkan gamer memainkan game dimana saja, melalui PS Vita keluarga smartphone Xperia Z (baca: Dengan Xperia Z3, Kamu Bisa Main PS4 Sambil Mandi! Ah, Masa?).

Jika tujuan Sony adalah membuktikan jika siapa pun (termasuk wanita cantik seperti dalam video mereka) bisa menjadi gamer, maka mereka justru melakukan kesalahan di sini. Video tersebut jelas memperlihatkan PS Vita, gadget yang mewakili komunitas gamer, dan bagaimana cara dokter cantik ini berbicara dengan vulgar dan bahasa tubuhnya justru mengarahkan pada pemikiran jika gamer itu adalah sekumpulan remaja yang haus akan seks, dan melihat wanita sekadar sebagai obyek seksual saja. Atau, hanya wanita secantik dokter tersebut yang pantas masuk dibicarakan oleh para gamer.

Cukup dengan gambar seperti ini kita juga paham apa itu Remote Play...
Cukup dengan gambar seperti ini kita juga paham apa itu Remote Play…

Video tersebut dengan cepat memicu perdebatan, baik di kolom komentarnya, atau di laman lain yang tidak setuju jika seksualitas diuhubungkan dengan gamer. Tidak heran Sony dengan cepat langsung menghapus video iklan PS Vita berjudul The PlayStation Doctor tersebut. 

Video di bawah ini memang aneh, lucu, sekaligus vulgar. Lihat saja sendiri, dan bagaimana menurut pendapat kalian, apakah memang perlu video semacam ini hanya untuk mengundang lebih banyak viewer yang sekaligus efektif mengenalkan fitur Remote Play-nya PS Vita dan Xperia Z dengan PS4?

Gara-gara Iklan PS Vita-nya Salah Sasaran, Sony Dikecam Netizen!

Pelajaran, jangan pernah hubungkan game dan gamer dengan segala hal yang bernuansa seksual...

Abaikan

Netizen banyak mengangkat topikm video tersebut di media sosial, bahkan ada yang membuat parodi tandingannya di YouTube:

Gara-gara Iklan PS Vita-nya Salah Sasaran, Sony Dikecam Netizen!

Pelajaran, jangan pernah hubungkan game dan gamer dengan segala hal yang bernuansa seksual...

Abaikan

Dan berikut komentar melalui Twitter:

Ya, bukan hanya Sony saja ternyata yang menggunakan video iklan semacam itu. Microsoft pada tahun 2010 lalu untuk Xbox 360 mereka juga memiliki video yang menggambarkan bagaimana respon seseorang ketika melakukan aktivitas seksual, yang kenyataannya pria tua dalam iklan tersebut justru membicarakan mengenai bagaimana tingkat laku seseorang ketika memainkan “Call of Duty.”

Gara-gara Iklan PS Vita-nya Salah Sasaran, Sony Dikecam Netizen!

Pelajaran, jangan pernah hubungkan game dan gamer dengan segala hal yang bernuansa seksual...

Abaikan

Menurut Sony, PS Vita itu seperti gambar iklan di atas... terserah bagaimana kalian menerjemahkan kata-kata kenikmatan lebih dari dua sisi.
Menurut Sony, PS Vita itu seperti gambar iklan di atas… terserah bagaimana kalian menerjemahkan kata-kata kenikmatan lebih dari dua sisi.

Bukan kali ini saja Sony menerapkan visual iklan yang menggoda untuk mempromosikan handheld mereka. Jika kalian masih ingat, beberapa tahun lalu juga ada iklan PS Vita yang menampilkan seorang wanita dengan payudara di kedua sisi tubuhnya, dengan kata-kata yang juga tidak kalah menggoda, sentuh di kedua sisinya untuk kenikmatan lebih, yang secara tidak langsung mengatakan jika PS Vita memiliki dua bidang yang bisa disentuh di tubuhnya.


SHARE
Previous articleIni Dia Daftar Pemenang GBWC 2014!
Next articleTerungkap! Cheat Baru GTA V dengan Menggunakan Smartphone!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.