Sebentar Lagi, Bandung Bakal Punya Bus Khusus untuk Main Game!

Konsep dari PlayBus yang diambil dari akun Instagram Ridwan Kamil
Konsep dari PlayBus yang diambil dari akun media sosial Ridwan Kamil

Kabar gembira untuk warga Bandung dan juga developer game Indonesia. Walikota Bandung, Ridwan Kamil bersama dengan beberapa developer seperti Kummara, Logika Interaktif dan Manikmaya Games saat ini menggagas sebuah bus khusus game yang akan berkeliling kota Bandung! Ya, namanya juga bus khusus untuk game, yang artinya di dalam bus ini nantinya para warga Bandung bisa bermain game, utamanya game-game yang dikembangkan oleh developer dalam negeri!

“Inisiasi konsep bus game bergerak (codename sementara PlayBus ya) berasal dari tantangan Kang Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil) untuk membuat taman tematik game di Bandung,” ungkap Andre Dubari dari Manikmaya Games selaku salah satu konseptor dari PlayBus ini kepada Duniaku. “Dalam proses diskusi yang berlangsung antara tim konseptor, calon sponsor dan warga masyarakat memang akhirnya konsep taman tematik game sepertinya harus dicarikan alternatifnya. Dan dari diskusi tersebutlah akhirnya tim konseptor kemudian memunculkan konsep PlayBus yang sedikit banyaknya terinspirasi dengan CatanBus di Jerman,” urainya.

Andre juga mengungkapkan bahwa PlayBus ini nantinya akan berisi game-game buatan developer game Indonesia, sehingga bisa langsung dicoba dan dimainkan oleh masyarakat yang dikunjungi oleh bus ini. “Jadinya PlayBus ini ibarat showcase berjalan industri game Indonesia yang langsung menjemput calon penggunanya, yaitu masyarakat langsung,” ungkap Andre. Bukan hanya game digital dan board game, nantinya PlayBus ini juga akan membawa beberapa perangkat bermain lain yang aman dimainkan di ruang terbuka. “Selain itu juga rencananya PlayBus juga akan membawakan beberapa perangkat bermain yang harapannya bisa menstimulasi aktivitas fisik sebut sajalah seperti frisbee dan bumerang. Tentu yang tetap bersifat aman untuk dimainkan di taman-taman atau ruang-ruang terbuka publik,” lanjutnya.

Andre Dubari (kiri) bersama Ridwan Kamil (tengah) dalam sebuah kesempatan
Dari kiri ke kanan: Andre Dubari (Manikmaya Games), Ridwan Kamil (Walikota Bandung) dan Bullitt Sesariza (co-founder Logika Interaktif) dalam sebuah kesempatan

Selain sebagai media showcase bagi para developer game Indonesia, PlayBus ini juga memiliki tujuan untuk memperkenalkan kembali kultur bermain yang baik bagi Indonesia. “Kami percaya bahwa pernah ada masanya kita belajar begitu banyak dari bermain, dan hal tersebut seiring perubahan zaman pun harus tetap dijaga. Namun di saat yang sama, menjadi showcase berjalan bagi industri game Indonesia, sehingga produk-produk yang dikembangkan game dev lokal pun bisa langsung bertemu calon penggunanya,” lanjut Andre. 

Andre mengungkapkan bahwa PlayBus ini rencananya akan mulai direalisasikan dan berkeliling kota Bandung mulai kuartal awal 2015 yang akan datang. Namun tidak menutup kemungkinan, konsep ini bisa direplikasi untuk diterapkan di kota-kota lainnya. “Mudah-mudahan di kuartal pertama 2015 bisa terealisasi, mohon doa dan dukungannya ya,” tutup Andre.

Salut untuk pak Ridwan Kamil dan para konseptor PlayBus! Kira-kira, adakah kota lain yang ingin mengimplementasikan proyek ini?


SHARE
Previous articleTales From the Borderlands Resmi Dirilis, Baca Ini Dulu Sebelum Memainkannya!
Next articlePeanuts, Buat Kamu yang Kangen Snoopy dan Charlie Brown!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.