12 Pokemon Ini Juga Ada di Dunia Nyata, Ini Buktinya!

Pokémon-Omega-Ruby-8

Kita pasti tahu, bahwa ada beberapa Pokemon yang terinspirasi dari berbagai hewan di dunia nyata dalam hal bentuknya. Seperti contohnya Squirtle, yang jelas merupakan perwujudan dari seekor kura-kura. Namun yang menarik, rupanya ada beberapa Pokemon yang bukan hanya terinspirasi dari bentuk tubuh luar saja, melainkan terinspirasi secara keseluruhan dari hewan atau tumbuhan, mulai dari bentuk tubuh, hingga spesies tertentu.

Nah, mumpung saat ini lagi hangat-hangatnya game Pokemon berkat dua game yang dirilis minggu lalu, Pokemon Omega Ruby dan Alpha Sapphire, kali ini Duniaku mengajakmu untuk melihat para Pokemon di dunia nyata, alias spesies makhluk hidup yang mungkin menginspirasi terbentuknya beberapa Pokemon yang kita kenal selama ini. Siapkan pokeball dan gotta catch ’em all!


1

Poliwag = Translucent Tadpole


duniaku-pokemon-1

Semua penggemar Pokemon pasti menyadari, bahwa Poliwag terinspirasi dari kecebong, namun dengan motif spiral di perutnya. Tapi ternyata, motif spiral di perut ini bukan hanya imajinasi pembuatnya saja lho! Ternyata, di dunia ini ada kecebong dengan tubuh transparan (atau translucent tadpole) sehingga ususnya yang berbentuk spiral terlihat dari luar!


2

Caterpie = Eastern Tiger Swallowtail Caterpillar


duniaku-pokemon-2

Yap, Caterpie memang terinspirasi dari ulat (caterpillar). Namun ternyata, desain spesifik dari Caterpie sendiri ternyata terinspirasi dari spesies ulat yang spesifik dengan nama yang cukup panjang ini. Fakta menarik lagi, bulatan besar di kepala ulat ini ternyata bukan mata, melainkan hanya sebuah pola di kulit penanda khusus spesies ini!


3

Gorebyss = Forehead Genitalia


duniaku-pokemon-3

Gorebyss sangat mirip dengan ikan berhidung panjang ini. Meskipun dua-duanya tampak memiliki wajah yang “tidak berdosa”, namun jangan salah. Forehead Genitalia ini merupakan salah satu ikan paling menyeramkan di laut dengan kemampuannya untuk menyelam hingga 2600 meter.


4

Mudkip = Axolotl


duniaku-pokemon-4

Melihat bentuk Mudkip, sepertinya mustahil ada hewan di dunia nyata yang mirip dengannya. Tapi coba tengok Axolotl, yang juga sering disebut dengan Mudpuppy ini. Mirip dengan Mudkip kan?


5

Luvdisc = Kissing Gourami


duniaku-pokemon-5

Melihat foto di atas, mungkin kamu tahu apa alasannya menamai salah satu spesies yang masih satu keluarga dengan Gurami dengan nama seperti itu. Ya, ikan ini banyak ditemukan di Asia Tenggara, dimana paling banyak dibudidayakan di Thailand dan Indonesia. Kebanyakan, Kissing Gourami ini dijadikan ikan hias di dalam akuarium.


6

Krookodile = Gharial


duniaku-pokemon-6

Salah satu hal yang ikonik dari Krookodile adalah moncong panjang dan rampingnya, yang sepertinya jauh dari anggapan bahwa dia seekor buaya. Tetapi jangan salah, ternyata ada juga buaya bermoncong seperti Krookodile di dunia nyata, yang bernama Gharial ini!


7

Vileplume = Rafflesia arnoldii


duniaku-pokemon-7

Tidak mengherankan jika Vileplume memang terinspirasi dari Rafflesia arnoldii, karena memang bunga ini merupakan bunga terbesar yang pernah ada di muka bumi. Dan pastinya kamu sudah tahu, kalau bunga ini menjadi salah satu bunga nasional Indonesia, yang memiliki nama lain Padma Raksasa karena pertama kali ditemukan di Indonesia.


8

Chatots = Agapornis personatus


duniaku-pokemon-8

Meskipun keduanya tidak benar-benar mirip (terutama bentuk not balok di kepala Chatot!), namun Agapornis personatus atau yellow-collared lovebird dianggap sebagai representasi Chatot di dunia nyata. Salah satunya adalah bagian sklera (putih mata) keduanya yang mirip!


9

Drowzee = Tapir Malaya


duniaku-pokemon-9

Meskipun Drowzee memiliki hidung mirip belalai gajah, namun rupanya secara keseluruhan dia merupakan perwujudan dari Tapir Malaya, mulai dari hidung hingga telinganya. Semoga saja tapir ini tidak bisa menghipnotis manusia saat dewasa layaknya Drowzee ya…


10

Sandlash = Pangolin


duniaku-pokemon-10

Pangolin atau yang kita kenal sebagai trenggiling menjadi inspirasi bagi Sandlash. Di Indonesia sendiri, trenggiling bisa dikatakan sebagai salah satu hewan langka, dan banyak ditemukan di pulau Kalimantan.


11

Victreebel = Pitcher


duniaku-pokemon-11

Pitcher atau yang memiliki nama biologi Nepenthes pervelli sangat mirip dengan Victreebel. Keduanya sama-sama berbahaya di alam, dimana Nepenthes seringkali menjadikan beberapa serangga hingga tikus kecil sebagai “makanannya”. Namun ada yang membedakan keduanya, yaitu tanaman Pitcher asli tidak memiliki gigi taring layaknya Victreebel!


12

Shellos = Chromodoris lochi


duniaku-pokemon-12

Shellos sangat mungkin terinspirasi dari siput laut yang tidak memiliki cangkang. Namun ternyata ada spesies siput laut yang benar-benar mirip dengan Shellos, yaitu Chromodoris lochi. Lihat saja kesamaan tubuhnya yang bergelombang dan juga bentuk antenanya!

Ada Pokemon dunia nyata lain yang tertinggal? Silahkan share di kolom komentar ya!