Liputan ITGCC 2014: Didominasi oleh Marvel

IMG_5634

Pada tanggal 22-23 November yang lalu, event Indonesia Toys, Game, and Comic Convention diadakan di JIExpo. Event yang bertaraf internasional dan mendatangkan beberapa guest dari luar ini menawarkan beberapa hal yang menarik untuk dilihat. Misalnya saja yang menarik, adalah display statue beberapa karakter Marvel dari Imaginarium Art, terutama Iron Man. Di booth ini, kamu bisa melihat berbagai statue Iron Man dalam berbagai macam tipe kostumnya dalam ukuran yang cukup besar dan detail. Tidak hanya Iron Man, namun juga ada beberapa karakter Marvel lainnya seperti Thor, Loki, Spiderman, Captain America, dan Robocop. Untuk Iron Man, tidak hanya berupa statue, namun juga ada helm-nya dalam ukuran 1:1 yang bisa kamu beli. Harga barang di sini cukup berat buat orang yang bukan kolektor, yaitu sekitar 300-1800 Singapore Dollar.

IMG_5636

Berpindah ke tempat lain, juga ada booth Good Smile Company yang kali ini membawa Nendoroid Miku Halloween yang cukup limited, dan dijual dengan harga yang cukup murah, yaitu 500 ribu Rupiah. Mereka juga men-display beberapa Nendoroid yang belum rilis, seperti Nendoroid Petit Kancolle. Untuk di booth Bandai sendiri, mereka men-display statue limited-nya, Tokusatsu Live Bima X, yang juga bisa di pre-order di event ini. Statue yang ditujukan untuk para kolektor ini terlihat memiliki detail yang cukup baik, dan cukup menggiurkan jika kamu adalah penggemar Bima X. Tidak hanya berjualan, Bandai, dengan lini Tamashii Nation-nya juga men-display beberapa SHF dan Figuart Zero, seperti dari One Piece, Gundam, Dragon Ball, Kamen Rider Gaim, dan juga Sailor Moon.

IMG_5648

IMG_5651

IMG_5627

Di booth lain seperti Victory Toys, kamu juga bisa melihat beberapa statue yang menarik, untuk penggemar Attack on Titan misalnya, ada statue Eren dan juga Eren dalam versi Titan. Masih berupa prototype yang belum berwarna, tapi detail-nya tampak sangat bagus. Juga ada Anubis dari Zone of Enders. Di event ini sendiri, lebih banyak didominasi oleh mainan dari US. Misalnya display statue karakter Marvel tadi, dan juga stand Hot Toys. Selain itu juga ada showcase premium dari salah satu sponsor acara ini, XM Studios. Dalam showcase ini, kamu bisa melihat beberapa statue karakter Marvel yang cukup keren, misalnya dari Iron Man, Antman, Captain America, dan sebagainya. Booth Komunitas Marvel Indonesia juga ada di event ini, di mana kamu juga bisa membeli beberapa pernak pernik di sana.

1

Selain booth-booth yang didominasi oleh karakter Marvel tersebut, masih ada beberapa booth mainan lain. seperti Hot Wheel, di mana anak-anak bisa bermain di track yang disediakan dengan Hot Wheel yang dimilikinya, dan juga LEGO. Selain booth mainan, masih ada hal lain yang bisa kamu temukan di event ini, seperti Artist Alley. Di sini kamu bisa membeli berbagai karya dari artis lokal maupun internasional. Beberapa booth artis lokal yang cukup terkenal ada di sini, seperti Caravan Studio dan Stellar Labs. Tidak lupa juga juga booth Re:ON yang menjual buku kompilasi komik dari komikus lokal, turut meramaikan event ini.

IMG_5659

IMG_5672

Di panggung sendiri, juga ada acara-acara yang menarik untuk disimak, seperti talkshow dengan para guest, cosplay competition, dan DJ Night, dengan tiga DJ dari Jepang, yaitu Hige Driver, Baker, dan Yuyoyuppe. Di DJ Night sendiri, awalnya para penonton tampak malu-malu untuk melompat, namun semakin malam, semakin lepaslah mereka menikmati suasana.

IMG_5679

Keseluruhan sendiri, menurut saya event seperti ini cukup bagus, namun sayang terlihat sedikit sepi, yang mungkin disebabkan oleh tiket masuk yang harganya cukup mahal, yaitu 90 ribu Rupiah. Barang-barang yang ada di dalamnya kebanyakan ditujukan untuk para kolektor karena harganya yang cukup di luar jangkauan, sehingga kebanyakan orang ke sana hanya untuk melihat-lihat saja. Untuk sebuah event yang mengusung tema Toys, Game, dan Comic, menurut saya bagian Game-nya sangatlah kurang, dan kebayakan didominasi oleh Toys. Namun harus saya akui, kualitas cosplay yang ada di event ini semuanya cukup berkualitas, meskipun memang hanya sedikit yang ber-cosplay. Dibandingkan dengan event STGCC, saya rasa event ini masih kalah lumayan jauh. Mungkin hal ini disebabkan event ini lebih didominasi oleh guest dari barat, berbeda dengan STGCC yang menampilkan cukup banyak guest terkenal dari Jepang, seperti illustrator terkenal, Redjuice, dan composer vocaloid terkenal, Livetune. Bukan karena barat lebih jelek, sama sekali bukan, namun lebih ke pasar toys dan comic di Indonesia yang menurut saya sebagian besar masih sangat menggandrungi hal-hal yang berbau Jepang. Ditambah dengan tiket masuk yang lumayan mahal. Jika tahun depan event ini diadakan lagi, saya harap semoga acaranya akan lebih menarik lagi, sehingga lebih banyak orang yang akan berkunjung.

IMG_5653


SHARE
Previous article[ITGCC 2014] C.B. Cebulski: Impikan Crossover Evangelion x Iron Man!
Next articleJanaka, Komunitas Pop-Culture Jepang di Politeknik Negeri No.1 Se-Indonesia
Merupakan penggemar anime sejak SMP, dan terus berlanjut hingga sekarang bekerja. Belakangan ini suka memperhatikan dan ikut dalam konser-konser dari artis Jepang favorit. Saat ini bekerja sebagai Graphic Designer, yang menurutnya cukup asik dilakukan karena seperti bekerja sambil bermain. Kairi juga seorang gamer dan genre favoritnya adalah RPG. Sebagai salah satu kontributor untuk majalah Zigma dan Omega, menulis merupakan caranya membagi informasi kepada orang lain tentang hal-hal yang disukainya dengan lebih informatif, dari segi pandang seorang penggemar.