Lumia 535 Mulai Dijual di Indonesia, Windows Phone Pertama Microsoft Siap Menantang Android!

Microsoft-Lumia-535-2

Nokia dan brand Lumia mereka memang sudah menjadi milik Microsoft (baca: Nokia Resmi Milik Microsoft Mulai 25 April, Namanya Berubah Menjadi Microsoft Mobile Oy), namun beberapa tipe Lumia baru yang dijual resmi di Indonesia, ternyata masih menggunakan identitas aslinya, Nokia, seperti pada Lumia 930, dan dua tipe Lumia dengan OS Windows Phone 8.1 yang memiliki slot dual SIM, yaitu Lumia 630 dan Lumia 730 (baca: Nokia Mulai Menjual Flagship Lumia 930 dan dual-SIM Lumia 630). Baru melalui Lumia 535, nama Lumia mulai berganti merknya menjadi Microsoft.

Microsoft sepertinya paham fitur dual-SIM masih menjadi primadona di pasar negara-negara berkembang. Dan Lumia 630 serta Lumia 730 terbukti lumayan laku di pasaran. Tidak heran kini mereka mengajukan Lumia 535, yang tidak lagi menggunakan identitas Nokia, namun Microsoft. Demikian Lumia 535 adalah smartphone Lumia pertama dari Microsoft. Smartphone dengan OS Windows Phone 8.1 ini baru dikonfirmasikan 2 minggu lalu, dan diposisikan untuk kelas terbawah diantara Lumia lainnya, dengan harga yang sangat terjangkau. Meskipun duduk di kelas bawah, namun spesifikasinya tidak terlalu mengecewakan.

Microsoft-Lumia-535-3

Yang paling diandalkan adalah kombinasi tiga angka 5. Mulai layarnya, LCD IPS berukuran 5-inchi, kamera depan 5-megapixel (lensa wide-angle yang sama seperti pada Lumia 730 dan Lumia 735), dan kamera belakang juga 5-megapixel plus LED flash, ukuran sensor 1/4 inch, dan aperture f/2.4. Layarnya memang tidak terlalu spesial, namun resolusinya justru lebih tinggi dari kakaknya Lumia 630, yaitu pada resolusi qHD 540 x 960-pixel. Untuk prosesornya, ada penurunan dibandingkan Lumia 630 yang menggnakan Snapdragon 400. Di sini Microsoft masih memilih chipset dari Qualcomm, namun prosesornya hanya Snapdragon 200, dengan empat core prosesor berkecepatan 1.2 GHz. Yang melegakan justru RAM-nya lebih lega dari Lumia 630-nya Nokia, yaitu 1 GB, atau 2x lebih besar, dan kalian tidak perlu takut ada program yang terhenti di background karena kekuarangan memory seperti pada Lumia 630.

Internal storage-nya sama, 8 GB, masih bisa diperbesar melalui microSD hingga 128 GB (plus cloud storage gratisan dengan kapasitas 15 GB). Menariknya, seperti Lumia ber-Windows Phone 8.1 lainnya, aplikasi dan game bisa kalian simpan di memory eksternal agar tidak menjejali internalnya yang tersisa hanya sekitar 3 GB-an saja. Oh ya, kapasitas baterainya juga sedikit lebih besar dari Lumia 630, pada 1905-mAh (vs 1830-mAh). Dengan manajemen daya baterai yang sangat baik dalam OS Windows Phone 8.1, penulis tetap yakin Lumia 535 ini dengan dua slot kartu SIM ON, koneksi data internet aktif, dan digunakan untuk meng-update beberapa sosial media, akan sanggup bertahan hingga 2 harian (figur tersebut penulis dapatkan menggunakan Lumia 630).

Lumia-535-1

Fasilitas standar Microsoft juga kalian dapatkan untuk smartphone dengan dimensi 140.2 x 72.4 x 8.8 mm dan berat 146 gram ini, seperti aplikasi produktivitas dari Microsoft (Office, OneNote, OneDrive, Skype, dan asisten pribadi untuk Windows Phone 8.1, Cortana). Kemudian ada fitur khusus Lumia, seperti casing belakang yang bebas digonta-ganti dengan warna lain, atau gimmick software seperti Double-tap to wake (sentuh dua kali layar untuk aktifkan), yang membuatnya seperti tipikal Android dari LG dan Oppo.

Microsoft-Lumia-535-4

Spesifikasinya sudah cukup menarik untuk ukuran Windows Phone 8.1 kelas bawah. Apalagi harganya. Melalui retailer online Blibli.com, Microsoft membuka pemesanan awal Lumia 535. Periode pemesanan dibuka pada 28 November – 11 Desember 2014, dengan berbagai iming-iming hadiah menarik. Seperti Diskon 50%, diskon 25%, voucher Blibli Rp500.000, voucher Blibli Rp250.000, powerbank Vivan 5.600 mAh seharga Rp49 ribu, dan Logitech Mobile Wireless Speaker seharga Rp99 ribu. Harga termurahnya untuk pre-order kali ini adalah Rp 1,299,000, dari harga normal Rp 1,699,000 (lebih rendah dari Lumia 630 yang masih ditawarkan dengan harga Rp. 1,8 jutaan), dan itu harga untuk varian dual-SIM (sepertinya yang single-SIM tidak dijual di Indonesia). Selain Blibli.com, retailer online lainnya yang membuka pemesanan awal Lumia 535 adalah Lazada.com, Erafone.com, SentraPonsel, Oke.com dan Dinomarket.com

Introduction to the Microsoft Lumia 535

Lumia 535 Mulai Dijual di Indonesia, Windows Phone Pertama Microsoft Siap Menantang Android!

Lumpia pertama rasa Microsoft....

Abaikan

Microsoft Lumia 535 Dual SIM – Big on experience

Lumia 535 Mulai Dijual di Indonesia, Windows Phone Pertama Microsoft Siap Menantang Android!

Lumpia pertama rasa Microsoft....

Abaikan

Sumber: Blibli, Microsoft


SHARE
Previous articleSalah Sasaran, GTA V Dituduh Ajari Anak-anak Berbuat Zina!
Next articleRagnarok Online 2 Menghadirkan New War Of Emperium Morroc dan Combo Reward
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.