Membedah Tuntas Teaser Perdana Star Wars: The Force Awakens!

cover-theforceawakens

Hari yang dinanti-nanti para penggemar Star Wars akhirnya tiba. Semalam, Disney akhirnya meluncurkan teaser resmi pertama dari Star Wars Episode VII yang saat ini sudah berubah judul menjadi Star Wars: The Force Awakens (baca: Star Wars Episode VII Akhirnya Dapatkan Judul Resmi!). Karena baru sebatas teaser, tidak banyak yang ditampilkan oleh Disney kali ini. Namun ada banyak hal menarik yang bisa kita bedah mengenai teaser sepanjang satu menit lebih sedikit ini. Bagi kamu yang ketinggalan belum sempat menonton teaser perdana dari film ini, silahkan disimak berikut ini!

star wars cinematic universe

Membedah Tuntas Teaser Perdana Star Wars: The Force Awakens!

Seperti apa plotnya? Siapa saja karakter yang muncul? Temukan jawabannya di sini!

Abaikan

Sebagian hal yang kita lihat di teaser di atas sedikit “memperjelas” rumor yang muncul dalam bocoran concept art sebelumnya (baca: Bocor! Puluhan Concept Art Berisi Plot Kisah dalam Star Wars Episode VII!). Namun teaser ini sendiri juga mengandung banyak teka-teki, apalagi hingga sampai saat ini Disney belum mengkonfirmasikan secara resmi seperti apa plot kisah yang akan mereka sajikan dalam film ini. Apa saja yang bisa kita dapat dari trailer perdana ini? Dan kira-kira seperti apakah plot film ini nantinya? Mari kita bedah setiap scene-nya!


1

Setting Star Wars Kembali ke Tatooine?


duniaku-forceawakens-1

Meskipun Disney belum mengkonfirmasikan secara resmi setting dari film ini, namun melihat planet berpasir yang muncul di awal trailer banyak yang berspekulasi bahwa setting The Force Awakens nanti salah satunya akan berada di Tatooine. Namun sebagian besar rumor lain menyebutkan, bahwa planet berpasir (dan juga satu planet baru yang dingin) adalah planet yang benar-benar baru dan bukan Tatooine. Jika bukan Tatooine, lantas mengapa sebelumnya sempat ada concept art yang seperti merujuk kepada Mos Eisley? Kita tunggu konfirmasi resmi dari Disney!

Mos Eisley?
Mos Eisley?

2

Mengapa John Boyega Mengenakan Kostum Stormtrooper?


duniaku-forceawakens-2

Selanjutnya, ada sosok berbaju trooper namun tanpa mengenakan helm, sehingga jelas terlihat bahwa dia adalah John Boyega. Lagi-lagi belum ada informasi dari Disney mengenai siapa yang akan diperankan oleh Boyega. Namun yang menjadi pertanyaan adalah mengapa dia mengenakan kostum trooper?

anewhope

Spekulasi pertama, mungkin Boyega adalah Rebel Alliance yang tengah dalam misi menyamar, persis seperti apa yang dilakukan Luke dan Han Solo dalam A New Hope lalu. Spekulasi ini didukung oleh scene selanjutnya yang memperlihatkan trooper tengah berbaris, dan trooper yang menjadi fokus scene tinggi badannya lebih rendah dibandingkan lainnya. Sepertinya, itu adalah Boyega yang tengah menjalankan misi penyamarannya..

duniaku-forceawakens-3
Sepertinya Boyega terlalu pendek untuk menjadi trooper

Spekulasi kedua, Boyega memang mantan trooper yang akhirnya menyeberang. Namun penulis sendiri lebih condong kepada spekulasi pertama.


3

Tunggangan Baru di Star Wars


duniaku-forceawakens-4

Daisy Ridley menjadi bintang di scene selanjutnya, yang menaiki sebuah speeder baru mirip sebuah flashdisk masih di planet berpasir tadi. Ridley dirumorkan menjadi karakter yang bernama Kira, dan sempat juga muncul dalam deretan concept art yang bocor sebelumnya. Spekulasi menyebutkan, bahwa Kira merupakan putri dari Han Solo dan Leia.

Dan satu lagi, planet berpasir tempat scene ini sendiri juga familiar, dan semakin memperkuat spekulasi bahwa ini MEMANG Tatooine. Bukan planet baru yang dirumorkan sebelumnya. Bagaimana menurut kalian?

duniaku-forceawakens-5

Fakta menarik: kaca mata yang dimiliki Ridley mirip dengan bentuk mata dari helm Stormtrooper. Sepertinya, dia mendapatkan kaca mata tersebut dari “sampah” Stormtrooper yang telah dikalahkan.


4

Oscar Isaac Jadi Anggota Rebel Alliance


duniaku-forceawakens-6

Ya, scene selanjutnya menunjukkan seorang pilot Rebel Alliance, dan dari wajahnya saja kita bisa mengetahui bahwa dia adalah Oscar Isaac. Yang menarik, simbol yang ada di helm bagian pipi dari Isaac sangat mirip dengan simbol di helm Biggs. Apakah ini merupakan tanda mereka satu skuad?

duniaku-forceawakens-7

Dan yang tidak kalah keren, X-Wing kembali akan muncul dalam film ini!

duniaku-forceawakens-8


5

Siapa Pria Bertudung Misterius Ini?


duniaku-forceawakens-9

Sangat mungkin dia adalah antagonis utama dalam film ini. Meskipun bagian wajah masih belum diperlihatkan, namun rumor santer beredar bahwa karakter ini akan diperankan oleh Adam Diver. Sang karakter misterius ini berjalan tertatih-tatih di sebuah planet gelap, dan memegang sebuah lightsaber berbentuk mirip salib (baca: Ngakak! Lightsaber Baru ini Rupanya Dapat Tanggapan Kocak dari Netizen).

Siapa dia sebenarnya? Apakah karakter misterius ini dan juga karakter mirip cyborg yang sempat muncul dalam bocoran concept art sebelumnya adalah orang yang sama?

Orang yang sama?
Orang yang sama?

6

Kembalinya Millenium Falcon!


duniaku-forceawakens-10

Yeah, salah satu pesawat paling ikonik dari Star Wars ini akhirnya kembali dengan beberapa upgrade seperti radar yang kini berbentuk persegi panjang. Tapi tunggu, siapa yang akan mengendalikannya? Harrison Ford kita tahu memang ikut serta dalam film ini dengan memerankan Han Solo. Namun sangat kecil kemungkinan di usia karakter Han Solo yang sudah tua, dia masih bisa mengendalikan Millenium Falcon dengan baik. Apakah mungkin Chewbacca dengan lengan bionik yang mengendalikannya?

duniaku-episodevii-26

Bukan hanya Millenium Falcon yang kembali, tetapi juga pesawat tempur ikonik Empire, TIE Fighter. Dan ada satu hal menarik dari teaser ini. Semua adegan pertempuran antar pesawat terjadi di planet, tidak lagi di luar angkasa seperti seri-seri sebelumnya.

Dan yang tidak kalah penting lagi, musik khas Star Wars yang dibuat oleh John Williams juga kembali menyemarakkan teaser ini!

Memang tidak banyak informasi yang bisa kita dapat dalam teaser ini. Namun ingat, ini baru sebatas teaser, dan sepertinya tidak lama lagi (mungkin tanggal 18 Desember besok untuk menandai awal countdown setahun sebelum rilis filmnya?) kita akan mendapatkan trailer yang lebih lama dan mungkin juga plot kisahnya akan terkuak.

Ada bagian trailer lain yang terlewat? Silahkan share di kolom komentar ya!


SHARE
Previous articleJames Gunn: Saya TIDAK INGIN Menggunakan Nova dalam Guardian of the Galaxy 2
Next articleKoleksi Mainan Lucu Doraemon dari KFC!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.