Penuh Masalah, HelloFest 2014 Disinyalir Sebagai Yang TERBURUK! Ini Tanggapan Dari Panitia Hellofest

HelloFest-10-2014-2

Dalam seminggu ini, ada 3 event besar yang meramaikan liburan kita: ITGCC, Pasar Seni ITB, dan HelloFest10. (Baca: 3 Event Besar Ramaikan Minggu Ini! Pilih Yang Mana Ya?, Re: On 10 Rilis Event Sekaligus Kedatangan Komik Ini). Tentu saja, karena ketiga berjalan secara bersamaan, panitia pelaksana ingin membuat event-nya menjadi yang paling ramai dikunjungi, paling heboh, dan paling’gokil’. Namun sayangnya, ada yang terlalu ingin menjadi paling gokil, sampai-sampai mendapatkan banyak komplain dari pengunjungnya: HelloFest 2014.

HelloFest 2014 atau HelloFest 10 Anima Expo pada tanggal 22-23 November 2014 lalu telah berakhir. Event pop culture KostuMasa (Massa Berkostum), bazar action figure dan juga ajang adu kebolehan film-film indie ini tampak ramai, meriah dan asyik dari luar. (Baca: Ketika Eka Gustiwana Ikut Beraksi di HelloFestAnima Expo 2014) Namun, ternyata jika dilihat lebih detil lagi, tidak sedikit yang kecewa dengan acara yang diadakan di Tennis Indoor Senayan ini. Bahkan, salah satu user kaskus, memberikan nilai -10/10 (minus sepuluh dari sepuluh) kepada acara ini. Tidak hanya sampai disitu, banyak komentar dalam thread tersebut yang menyatakan bersyukur karena telah datang menuju ITGCC dan bukannya HelloFest 2014. (Baca: Liputan ITGCC 2014: Didominasi oleh Marvel, [ITGCC 2014] C.B. Cebulski: Impikan Crossover Evangelion x Iron Man!)

Komplain banyak dilayangkan kepada pihak panitia HelloFest 2014, terutama dari kalangan cosplayer yang mendapatkan banyak sekali pengalaman enggak enak. Kami sudah berusaha menghubungi pihak panitia dan hingga saat tulisan ini dibuat belum ada respon dari mereka -kecuali respon dari admin dalam page mereka. Berikut ini beberapa permasalahan yang bikin banyak pengunjung HelloFest 2014 kecewa telah datang ke event ini dan juga tanggapan admin page Hellofest:


1

Sistem E-Cash Yang Carut Marut


status-update-hellofest-perihal-sistem-cashless

Tanggal 20 November adalah H-2 sebelum event berlangsung. Bayangkan, bagaimana paniknya orang-orang yang akan pergi ke HelloFest ketika mengetahui bahwa segala transaksi tidak menggunakan uang cash.

keterangan-sistem-cashless-hellofest-2014

Dan masalahnya tidak hanya sampai disitu. Tidak adanya sinyal membuat transaksi jadi terhambat, belum lagi beberapa penjaga stand yang tida dapat mengoperasikan alat ini, dan juga pencairan dana yang pastinya bakalan lama (pada dasarnya seorang artist alley butuh uang cepat/cash).

e-money

Kembalilah pengunjung menggunakan uang cash (setelah repot-repot membeli e-money).e-money

Sampai saat ini, belum ada jawaban terang dari panitia HelloFest mengenai keputusan E-Money ini.


2

Neraka Bagi Cosplayer


Banyak cosplayer yang komplain bahwa mereka diperlakukan buruk baik oleh beberapa panitia dan sekuriti. Belum lagi tempat ganti cosplay yang harus rebutan dengan ‘tamu VIP’.

neraka cosplay

neraka cosp

cosplay

Bahkan ada panitia yang katanya ‘mesum’ masuk-masuk ke dalam ruang ganti cewek.

mesum

Pihak panitia HelloFest mengatakan kalau mereka kurang koordinasi untuk masalah ini. Dan untuk mereka juga menyatakan bahwa panita yang masuk-masuk ke kamar ganti cewek bukanlah bagian panitia mereka.

jawaban cosplayer


3

Tenda Sauna Super Panas


mendung
Langit mendung di sabtu siang

Langit mendung pada Sabtu siang. Cuaca yang cukup bersahabat bagi para exhibitor yang mendapat tempat di area outdoor. Namun lain halnya dengan puluhan exhibitor yang menghuni satu tenda besar. Karena meskipun besar, pengunjungnya tidak kalah banyak. Dan semakin sore, semakin sore, penuh dan sesak. Panas!!

booth-indoor-polar-a-hellofest-2014booth-indoor-indie-pop-hellofest-2014

Sempat ada yang menyarankan untuk indoor dan pindah tempat ke balai kartini. Tetapi pihak panitia HelloFest menjawab kalau mereka tidak kuat membayar sewa, sementara balai kartini tidak cukup untuk menampung jumlah pengunjung.

panas


4

Toilet Yang Nggak Tenang


toiletPercaya atau tidak, banyak pengunjung yang mengeluh tidak dapat buang air dengan tenang di toilet yang disediakan panitia HelloFest 2014. Banyak yang mengeluhkan karena pintunya tidak memiliki gagang hingga tidak bisa ditutup.


5

Security dan Kru Yang Super Sadis


Nah, dari sekian banyak hal, inilah yang paling banyak dikomplain oleh pengunjung dan cosplayer yang hadir di HelloFest 2014. Sekurity kurang ramah (atau mungkin sama sekali tidak ramah). Mempermasalahkan pengusiran di tempat ruang ganti cosplay, hingga senjata tajam yang ‘cuma’ replika.

securi

security

security2

Intinya, setelah kejadian ini panitia HelloFest juga kecewa dengan security dan  mereka menyatakan tidak akan menggunakan badan penyedia security itu lagi dan mencari yang lebih profesional untuk kedepannya.

alasan_2

Setelah banyaknya komplain tersebut, ketua panitia HelloFest menyatakan permintaan maafnya.

maaf

Yah, bukan berarti HelloFest 2014 benar-benar buruk. Beberapa pengunjung bahkan ada yang memberikan pujian kepada acara ini. Dan saya sendiri secara pribadi yakin, kalau panitia dan kru HelloFest 2014 telah berusaha sebaik mungkin yang mereka bisa, dan mereka sebisa mungkin tidak menginginkan banyak hal ini terjadi. Pesan saya kepada panitia HelloFest 2014 sih gunakan kejadian ini sebagai pengalaman dan pelajaran supaya kedepannya bisa jauh lebih baik lagi.

hellofest-2014-sayangnya-dinodai-oleh-carut-marut-sistem-cashless-dan-tenda-sauna-fi

Sumber: HelloFest, DreamKiddy, Kaskus