Ini Lho Daftar Anime ‘Tengah Malam’ di 2015 Nanti!

Semuanya ditayangkan oleh blok program khusus tengah malam, NoitaminA. Target dewasa.

Sudah tahu NoitaminA ? Nama ini bukanlah sebuah studio pemroduksi anime maupun studio pengembangan game. NoitaminA merupakan sebuah blok program dari Fuji Television di Jepang sana yang didedikasikan untuk anime. Menariknya saat saya cari tahu, ternyata NoitaminA memiliki jam efektif penayangan di Selasa malam pukul 24.45 hingga 1.45. Ini bukan lagi film anak-anak, tetapi sejenis dengan Liga Champion Eropa yang ditayangkan di dini hari! Lalu apa yang membuat NoitaminA tayang di jam segitu? Alasannya ternyata sederhana, mereka ingin memperluas demografis penonton anime yang biasanya didominasi laki-laki muda. Jadi jelas ternyata, Jepang juga punya target umur yang bisa menikmati anime-anime yang lebih ‘dewasa’.

b3cxodocyae6vja.jpg-large

Punchline

Berbicara tentang tayangan NoitaminA, mereka ternyata telah mempersiapkan tahun 2015 ini dengan berbagai tayangan yang tidak kalah menarik dengan ganteng-ganteng serigala. Oke, kali ini saya bercanda. Demografis penonton Indonesia berbeda dengan Jepang. Kembali ke rencana NoitaminA, blok program yang pernah menayangkan Guilty Crown dan AnoHana ini kembali dengan dua film yang juga digarap oleh beberapa orang yang pernah berkepentingan dalam dua judul yang saya sebut tersebut.

[youtube id=”QyZVPDFPUiQ”]

Pertama yakni sebuah film layar lebar yang judulnya belum dipastikan namun digarap oleh beberapa orang dari tim AnoHana seperti director Tatsuyuki Nagai, penulis Mari Okada, dan desainer karakter Masayoshi Tanaka dan A-1 Picture. Jadi kalau NoitaminA itu blok program di televisi, kenapa mereka ikut mengurusi film layar lebar? Apa maksudnya setelah tayang di bioskop, film akan tayang di jam malam milik NoitaminA?

[youtube id=”ISqphupoPuk”]

Kedua, yakni film dari studio animasi yang pernah mengembangkan Attack on Titan, Wit Studio. Studio yang dipimpin oleh George Wada ini akan mengerjakan The Empire of Corpses, sebuah karya yang dibasiskan karya Project Itoh. Film ini mengisahkan John Watson, seorang siswa kedokteran yang terkenal dari seri Sherlock Holmes, dimana ia kali ini sedang meneliti sebuah teknologi pembangkitan mayat dari Dr. Frankenstein. Cukup menjanjikan. Apalagi disini redjuice yang terkenal sebagai ilustrator novel Guilty Crown ternyata ikut ambil bagian. Nama dan style gambar redjuice melambung tinggi setelah mengerjakannya.58617cd65ebdc836ac05817011753e4e1406830227_full

[youtube id=”R4PuTwT9jfI”]

Berikutnya masih karya Project Itoh, adalah Harmony. Judul ini dipimpin dua orang langsung, Takashi Nakamura yang terkenal berkat tugasnya sebagai desainer karakter Akira, dan Michael Arias yang pernah menggarap Tekkon Kinkreet di tahun 2006. Mereka berdua bakal memimpin STUDIO4 ℃. Lalu ada Genocidal Organ dari studio manglobe, studio yang mengerjakan Samurai Champloo dan Ergo Proxy.

Game of Laplace

Game of Laplace

[youtube id=”j7op0bEjjvM”]

Lalu program berikutnya yakni Ranpo Kitan: Game of Laplace yang dikerjakan oleh Studio Lerche, studio animasi yang juga sedang mempersiapkan penayangan Assassination Classroom, adaptasi dari judul manga yang sedang naik daun di Jepang sana. Judul ini ditulis oleh Makoto Uezu, ia pula yang bertanggung jawab di anime Akame ga Kill. Lalu ada Subete ga F ni Naru yang banyak dikenal pula dengan nama Perfect Insider. Karya ini dibuat oleh Mamoru Kanbe dan ia akan berkolaborasi dengan A-1 Pictures, studio yang namanya melambung di dunia berkat Sword Art Online. Terakhir di trailer diatas paragraf ini yakni dari director yang sama dengan Attack on Titan, Kotetsujo no Kabaneri. Kalau kalian pernah menonton keepikan cerita Code Geass, maka seharusnya menonton ini karena penulisnya sama, Ichiro Okouchi. Ditambah lagi ini Wit Studio.

[youtube id=”tLIppl9GlX4″]

Lalu masih ada dari studio Mappa, berjudul Punchline. Entah kenapa yang satu ini katanya bakal banyak berhubungan dengan musik, tetapi lihat trailer diatas, kenapa banyak panty-shoot bertebaran dimana-mana. Sekali lagi, anime ini tidak untuk konsumsi anak-anak. Slogan Punchline-nya sudah menggambarkan ‘ketidaksenonohan’ anime ini, “Once he sees underwear, humanity is destroyed!?”

Saenai Heroine no Sodatekata

Saenai Heroine no Sodatekata

[youtube id=”zgWdPse6dSc”]
Sedangkan di waktu dekat ini, NoitaminA akan menayangkan hasil dari studionya SAO yang merupakan adaptasi dari sebuah light novel laris di Jepang berjudul Saenai Heroine no Sodatekata atau bisa diartikan menjadi “Bagaimana Mendidik Heroine yang Tidak Menarik”. Sepertinya ini anime harem, saya tidak akan menganjurkan untuk memilih anime ini.

[youtube id=”Baj4-fhA4Jk”]
Dan yang paling ramai saat ini adalah proyek layar lebar Psycho Pass. Film yang diangkat dari anime ini akan menugaskan kembali Gen Urobuchi, spesialis pembunuh karakter utama, setelah sebelumnya di season dua ternyata penulisnya bukanlah beliau. Kalian suka genre cyberpunk, maka Psycho Pass saya sarankan.

Psycho Pass

Psycho Pass

Share this article

TENTANG PENULIS
Hiccun

Penulis berbagai macam tema, mulai dari anime, game, kucing, Naruto, Dragon Ball, meme, netizen, dan banyak hal lainnya seputar itu.