Gangnam Style Hancurkan Penyimpanan Data Youtube!

Video asal Korea Selatan ini telah ditonton lebih dari yang Youtube bisa tampung

Gangnam Style Hancurkan Penyimpanan Data Youtube!

Gangnam Style Hancurkan Penyimpanan Data Youtube!

Whoops! Sepertinya PSY bisa berbangga nih. Video-nya yang sudah berumur dua tahun, Gangnam Style, telah ditonton oleh banyak orang, hingga 2 milyar lebih. Bahkan penghitung jumlah viewer di Youtube sampai tidak mampu menampung lagi angka tersebut dan membuat pihak Youtube harus memperbarui situs mereka. Baca pernyataan resmi dari pihak Youtube mengenai hal ini.

Gangnam Style Hancurkan Penyimpanan Data Youtube!

Jadi terus kenapa kalau ditonton lebih dari 2   kali? Mungkimilyarn bagi teman-teman yang belum pernah belajar mengenai bahasa pemgrograman akan terasa bingung. Bisa jadi pula meskipun teman-teman tahu pemrograman, tidak akan menyadari hal ini. Dalam pemrograman, untuk menyimpan data seperti angka yang menunjukkan jumlah viewer, Youtube menggunakan jenis integer 32-bit. Maksudnya adalah memory bisa menyimpan angka dari −2,147,483,648 to 2,147,483,647. Artinya Youtube bisa menghitung jumlah penonton hingga batas maksimum 2,147,483,647. Nah saat saya konfirmasi video yang bersangkutan, ternyata Gangnam Style tercatat 2,154,611,892 kali ditonton.

[youtube_embed id="9bZkp7q19f0"]

Berkat ini Youtube akhirnya harus memperbarui website mereka dengan penyimpanan data jenis integer 64-bit. Mau tahu berapa jumlah data yang bisa disimpan dalam 64-bit? 9,223,372,036,854,775,807! Jumlah yang terlewat besar, mungkin kalau dalam game hanya bisa disaingi Disgaea kali ya. Butuh berapa tahun lagi Gangnam Style berikutnya untuk menembus angka tersebut? Tidak ada yang tahu. Game-game playstation aja mau menembus angka satu juta kesusahan.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU