Prediksi Game Unggulan Sony yang Muncul Selama PlayStation Experience

PlayStation-Experience-1

Kami salah berpikir Gamescom, Penny Arcade eXpo dan TGS 2014 sudah cukup untuk menjadi rujukan publisher mengkonfirmasikan game mereka. Ternyata diluar dugaan, Sony menggelar event mereka sendiri, PlayStation Experience 2014 6-7 Desember 2014 besok, dan sepertinya Sony berhasil membangun antusiasme publik akan event ini, seiring makin banyaknya informasi muncul ke permukaan mengenai developer dan game mereka yang akan ambil bagian (baca: Sony Buat Geger di Awal Desember, Pamer Game Eksklusif Setahun Kedepan!).

Seperti Dissident Logic yang akan datang membawa game indie Paperbound, dengan rencana rilis 2015 mendatang untuk PS4 dan Steam. Game tersebut playable untuk PS4 selama event.

Developer versi konsol untuk Minecraft, 4J studio juga ada di sana, meskipun belum jelas kehadiran mereka hanya sekadar menampilkan Minecraft untuk PS4 atau PS Vita, atau ada suatu hal yang lain, karena menurut daftar panel yang ada di laman resmi Sony, nama developer tersebut tidak ada dalam daftar.

Berlanjut ke yang lebih khusus developer baru Willy Chyr juga sudah menggoda kita dengan menampilkan layout kontroler PS4 untuk demo Relativity yang juga bakal playable di Las Vegas. Yang penasaran dengan game indie Relativity, game yang tidak lagi mempedulikan aturan gravitasi, memungkinkan karakter bisa berjalan di atap dan dinding, juga bakal memainkan game PS4 dan PC tersebut pertama kalinya selama event khusus Sony ini.

Daftar game kami sebelumnya menuliskan Mortal Kombat X menjadi salah satu yang didemokan. Namun melalui post sang kreator, diketahui jika mereka tidak hadir selama event.

The-Last-Guardian

Sedangkan beberapa rumor yang berkembang, selain dari daftar game yang sudah kami dapatkan, ada dugaan jika The Last Guardian-nya Team Ico (baca: Top Games Yang Batal dan Tertunda Perilisannya) akan diperlihatkan selama event ini. Game ini terakhir diperlihatkan selama E3 2009, dan sejak saat itu gamer sudah terpesona dengan game yang dikembangkan Team Ico tersebut, selalu menanti kehadirannya di setiap event game. Namun sayangnya, kepercayaan gamer jika Sony akan membangkitkan proyek tersebut dan menunjukkan ke khalayak selalu pupus. Last Guardian ini seperti judulnya, seakan menjadi pertahanan terakhir Sony saat mereka sudah kehabisan amunisi, sehingga mungkin masih disimpan untuk kesempatan yang paling tepat. Namun semoga saja dugaan kali ini benar, akan muncul informasinya meskipun sedikit selama PlayStation Experience.

PlayStation-Experience-2

Kita juga mengetahui jika Uncharted 4 dipastikan muncul selama event. Game ini pertama kali diperlihatkan teaser-nya November 2013 lalu (tentu saja, sebagai godaan agar kalian membeli PS4), kemudian berlanjut melalui real-time trailer selama E3 (baca: Sony Konfirmasikan Uncharted 4: A Thief’s End, Eksklusif untuk PS4), yang sangat singkat dan tidak menunjukkan banyak mengenai game ini. Setelah itu kita tidak mendapatkan update baru game garapan Naughty Dog ini. Namun selama PlayStation Experience, banyak harapan jika petualangan terakhir Nathan Drake hadir bukan sekadar trailer saja, melainkan sudah dalam bentuk demo playable. Toh target rilisnya masih tetap 2015, meskipun belum ada tanggal pastinya.

Killzone-RPG

Rumor lainnya yang santer terdengar, adalah Guerrilla Games, kreator serial Killzone, sebelumnya dikabarkan sedang mengembangkan IP baru yang tidak biasa, dan jauh dari kesan sebuah game shooter. Bisa jadi sebuah RPG, karena juga ada kabar mereka tengah mengembangkan satu RPG dengan konsep dunia open world dan kode nama “horizon” sejak lama (satu concept art-nya memperlihatkan robot berbentuk dinosaurus). Apakah proyek baru mereka ini juga akan muncul selama PlayStatiob Experience? Ada kemungkinan, dan semoga saja benar RPG, sudah jenuh ketika FPS eksklusif Sony ini selalu dirivalkan dengan Halo-nya Microsoft…

Infamous-Second-Son-6

PS Vita tentu berhak mendapatkan momen khusus selama event, meskipun ketika melihat daftar game yang dipastikan muncul, ternyata tidak ada satupun gamenya PS Vita. Sedih rasanya, walaupun kami tetap yakin dengan handheld dengan ratusan game ini (baca: PS Vita Mati? Kata Siapa?! Nih +150 Game Baru Untuk PS Vita!). Dan bicara PS Vita, sudah lama juga ada rumor jika handheld seksi ini (baca: Gara-gara Iklan PS Vita-nya Salah Sasaran, Sony Dikecam Netizen!) bakal mendapatkan game Infamous, setelah Nate Fox, sutradara di Sucker Punch yang memberi petunjuk jika akan ada Infamous untuk PS Vita dalam sebuah wawancara. Sayangnya, Sony juga sudah sering memberi petunjuk, jika PS Vita beralih fokus dari sistem yang mengajukan game kelas atas, menjadi game-game indie saja (atau port dan remake). 

god-of-war-ascension-image-3

Banyak studio first party-nya Sony yang gameya dipamerkan selama event. Seperti Media Molecule, yang menyiapkan Tearaway Unfolded, game remake dari versi PS Vita, mengajukan storyline yang lebih panjang, memaksimalkan bidang sentuh DualShock 4, dan juga visual dengan kualitas Full HD 1080p serta 60 frame per detik. Selain itu, juga ada dugaan lain jika Sony Bend Studio (dikenal melalui serial Syphon Filter) yang sudah tertidur lama (terakhir 3 tahun yang lalu mereka merilis Uncharted: Golden Abyss), akan muncul mengenalkan game baru. Markas mereka di Bend, Oregon juga tidak terlalu jauh dari lokasi PlayStation Experience, jadi tidak ada alasan mereka absen, terutama ketika sudah diketahui mengerjakan sebuah proyek untuk PS4, yang sampai saat ini belum diungkapkan.


SHARE
Previous articleFrozen 2 Kini Sedang Dalam Proses Pembuatan!
Next articleRumor: Galaxy S6 Akan Cukup Disebut Sebagai Samsung S6, Gunakan Layar Melengkung
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.