Yakuza Zero Ajarkan Bagaimana Kalian Bisa Menjadi Kaya Dengan Menjadi Agen Properti

Yakuza-Zero-17

Meskipun kemungkinan besar tidak ditranslasikan ke luar Jepang, Yakuza Zero yang akan dirilis 12 Maret 2015 mendatang untuk PS3 dan PS4 ini tetap menarik untuk diikuti. Apalagi banyak hal baru yang dimasukkan Sega ke dalamnya, dan memang sesuai dengan kenyataan kondisi Jepang pada masa dimana game ini berlangsung. Seperti yang kami ulas sebelumnya, salah satu karakter utama Yakuza Zero, Goro Majima, selain jago berantem melawan para preman jalanan, dia juga bertanggung jawab mengelola klub cabaret-nya sendiri, yang disebut Sunshine dalam sebuah mini-game (baca: Yakuza Zero Ajarkan Bagaimana Kalian Bisa Menjadi Manajer Para Gadis Virtual). Dan jika Majima sepertinya lebih beruntung dikelilingi gadis-gadis cantik, karakter kedua kalian, nasib Kazuma Kiryu, ditentukan dengan seberapa sukses dia mempertaruhkan hidup di tengah bisnis properti.

Yakuza-Zero-16

Sebelumnya kami sedikit menuliskan jika melalui Kiryu kalian akan merasakan aspek manajemen dalam game ini, ketika karakter kita yang baru berusia 20 tahun tersebut harus berkompetisi dalam eksistensi di pasar Kamurocho melawan lima gang miliarder, yang berusaha terus mempertahankan pengaruhnya di area tersebut (baca: Gulat Bikini, Club Hostess, Bahkan Adu Tamiya Pun Ada Dalam Yakuza Zero). Bagaimana Kiryu akhirnya bisa bergelut di tengah bidang real estate Jepang terjadi setelah dia terperangkap di tengah bisnis kotor Tojo Clan (baca: Ganasnya Jepang di Tahun 80-an Tergambar Pada Kisah Dua Yakuza Ini). Sembari menjalankan perusahaan properti tersebut, dia juga dipaksa bersaing dengan sekelompok pria yang dikenal sebagai “Five Kamurocho Billionaires,” terlibat dalam “permainan uang” dalam jumlah besar dengan harapan bisa mengendalikan Kamurocho dengan dukungan besarnya jumlah uang di rekening.

Yakuza-Zero-24

Seperti bagaimana Goro Majima berkesempatan mengendalikan klub kabaretnya sendiri, Kiryu dalam Yakuza Zero mendapatkan Kamurocho Money Island, sebuah mode game strategy di tengah game action adventure ini, mengambil setting Kamurocho, yang terbagi menjadi lima area berbeda yang masing-masing diperintah oleh setiap milyarder. Tugas Kiryu adalah membeli lokasi bisnis lokal, seperti restoran hingga toko penjual perlengkapan dewasa, sebagai bentuk investasi sekaligus untuk meningkatkan pengaruhnya di lingkungan sekitarnya. Plot cerita perlahan terungkap seiring dia lebih banyak mengendalikan Kamurocho, diselingi bertarung dengan para rivalnya, dan dibumbui oleh event dramatis yang sudah menjadi bagian serial Yakuza.

Kamurocho Money Island

Karena memang menjadi mode game yang berbeda, maka Kamurocho Money Island ini pun memiliki antar muka permainan tersendiri untuk mendukung aktivitas pengendalian real estate Kamurocho.


Menu Utama


Yakuza-Zero-11

Di sini kalian mendsapatkan resume singkat mengenai progress sejauh ini aktivitas selama menguasai lima area Kamurocho, yang terdiri dari Entertainment District, Electronics District, Adult District, Gambling District, dan Arts District. Variabel lainnya seperti faktor keamanan dan juga keuntungan yang dihasilkan setiap area juga diperlihatkan di menu utama ini.


Manajemen Aset


Yakuza-Zero-12

Membeli bisnis lokal hanya menjadi langkap awal, karena kalian juga perlu mengelola dan jika perlu juga berinvestasi di lokasi tersebut agar terus berkembang. Bahkan yang lebih penting, bisnis tersebut menghasilkan keuntungan yang bisa kalian tarik dalam interval tertentu, membuatnya ideal untuk memiliki sebanyak mungkin bisnis lokal yang masih bisa dikuasai, sekaligus juga menumbuhkan mereka sebaik-baiknya sehingga kalian mendapatkan hasil dari investasi tersebut.


Sumber Daya Manusia


Yakuza-Zero-13

Tentu saja dengan luasnya cakupan bisnis yang dikelola, Kiryu tidak bisa melakukannya seorang diri. Kamu harus mencari orang-orang baru yang paling cocok untuk menangani setiap operasi bisnis yang sudah dikelola. Untuk yang satu ini, kalian harus memilih orang yang tepat, sehingga makin banyak duit yang bisa didapatkan dari setiap investasinya. Ada tiga tipe posisi yang bisa kalian cati dan bergabung:

  • Manajer: Posisi ini mengawasi keseluruhan area untuk Kiryu, bertanggung jawab melindungi bisnis Kiryu dari pengambil alihan para rivalnya, dan sekaligus juga bertugas untuk mempengaruhi secara keseluruhan lingkungan sekkitarnya.
  • Penjaga: Mereka ini bawahan Kiryu yang bertugas menjaga ketenangan di setiap area dengan mengurangi peluang munculnya masalah, yang berpotensi mengurangi atau bahkan menghentikan aliran keuntungan dari semua bisnis lokal yang dikelola Kiryu. Lebih jauh lagi, makin aman suatu area, musuh di sekitarnya pun akan makin lemah.
  • Penasehat: Hanya mereka ini yang perlu didatangi Kiryu jika ingin mengembangkan aset Kiryu. Tentu saja tidak gratis, namun sebagai gantinya mereka dengan senang hati memberi saran dan bantuan untuk meningkatkan aset kalian.

Yakuza-Zero-14

Orang-orang yang bisa mengisi human resource tersebut kalian dapatkan melalui menyelesaikan Sub-Missions, sekaligus juga dengan mengalahkan rival dalam pertarungan, dan dengan mereka yang sebelumnya juga menduduki posisi yang sama di tempat rival, terbukti adalah orang yang paling tepat menduduki posisi mereka. Bahkan orang terbaik pun tidak dapat bekerja sexara efektif seandainya kalian memaksanya melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan keahliannya. Jadi manajemen sumber daya manusia ini pun juga menjadi kunci penting sukses Kiryu di Kamurocho.


Mengambil Alih Aset


Yakuza-Zero-15

Pembelian properti bisa dilakukan selama gameplay seiring Kiryu menjelajahi mota. Sementara banyak bisnis lokal bisa kalian kuasai dengan cara membelinya begitu saja (jika duitnya tersedia), ada juga yang lain tidak bisa dengan mudah dibeli, dsan memerlukan Kiryu terlebih dahulu harus membina hubungan dekat dengan pemiliknya sebelum bisa diambil alih. Jika kedua cara tersebut masih mental, hanya metode terakhir, menggunakan kekerasan, yang memang pertarungan sudah jamak dilakukan di tengah serial Yakuza, juga berperan penting dalam membantu Kiryu mendapatkan properti yang nilainya tinggi.


Pertarungan Melawan Rival


Entertainment Kingpin ini menjadi penguasa Entertainment District, dan merupakan Billionaires pertama yang bakal dihadapi Kiryu. Dia bisa mencapai posisinya saat ini berkat usaha pachinko parlor.
Entertainment Kingpin ini menjadi penguasa Entertainment District, dan merupakan Billionaires pertama yang bakal dihadapi Kiryu. Dia bisa mencapai posisinya saat ini berkat usaha pachinko parlor.

Usaha menggapai puncak penguasai real estate Kamurocho bukan tanpa rintangan, dan untuk Kiryu rintangan itu berwujud Five Billionaires. Melalui tipu muslihatnya, mereka mampu mengumpulkan kekayaan yang sangat banyak, namun itu pun juga harus dibayar oleh para penduduk yang menjadi korban. Kini hanya Kiryu saja yang bisa membebaskan semua area Kamurocho dari teror para Billionaires.

Yakuza-Zero-19
Gambling Kingpin merupakan mantan yakuza yang meningkat kedudukannya berkat mengelola bisnis perjudian. Dia juga dikenal memiliki banyak aset. Dia juga dikenal karena keterlibatannya sebagai investor dan juga pengembangan semikonduktor dan elektronik, dan bahkan juga Arts and Adult Entertainment Kingpin yang misterius.

Dengan mengalahkan setiap Billionaires tersebut, memungkinkan Kiryu mendapatkan kendali penuh atas area mereka, sekaligus juga memberinya gerakan bertarung baru, membuat Kiryu tidak hanya makin kuat secara fiskal saja, namun juga secara fisik.


Arcade Center


Yakuza-Zero-20

Dalam artikel sebelumnya (baca: Yakuza Zero Ajarkan Bagaimana Kalian Bisa Menjadi Manajer Para Gadis Virtual) kami sedikit menyinggung mengenai adanya kabinet arcade yang bisa kalian temui selama memainkan game ini, dan kemudian permainannya bisa distreamingkan secara remote melalui PS Vita. Game-game tersebut akan kalian temui di dalam arcade center, dan di sana kalian bisa memainkan beragam mini-game. Kali ini yang bisa dipilih seperti game klasik Sega, Space Harrier, OutRun, Fantasy Zone, dan Hang-On.

Yakuza-Zero-21 Yakuza-Zero-22 Yakuza-Zero-23


SHARE
Previous articleHanya Naruto Ini Yang Berani Buka Celana di Tempat Umum
Next articlePara Ninja Seksi Dead or Alive 5 Last Round Ini Bisa Bikin Kalian Mabuk Kepayang
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.