Sega dan Sony Bekerjasama Memboyong Yakuza 5 ke Barat

Yakuza-5-5

Yakuza Zero memang keren. Selain menghajar para preman jalanan, ada aktivitas menarik seperti melihat gulat wanita berkostum bikini (baca: Gulat Bikini, Club Hostess, Bahkan Adu Tamiya Pun Ada Dalam Yakuza Zero), menjadi manager para gadis penjaga klub kabaret (baca: Yakuza Zero Ajarkan Bagaimana Kalian Bisa Menjadi Manajer Para Gadis Virtual), hingga tutorial gratis sukses di bisnis properti (baca: Yakuza Zero Ajarkan Bagaimana Kalian Bisa Menjadi Kaya Dengan Menjadi Agen Properti).

Namun game produksi Sega tersebut, yang juga sering mendapat julukan Grand Theft Auto dari Jepang, mengalami satu kendala krusial agar bisa lebih dikenal luas. Kecil kemungkinan ditranslasikan. Awalnya, kami berpiki Yakuza Zero nasibnya juga sama, akan mendapat label eksklusif Jepang saja. Namun sepertinya Sony tidak ingin itu terjadi. “PlayStation Experience” akan diberikan ke semua region, dan Yakuza Zero bisa saja ditranslasikan nantinya, karena selama event PlayStation Experience, dikonfirmasikan jika Yakuza 5 yang dirilis di Jepang sejak 6 Desember 2012 lalu untuk PS3, akan mendapatkan versi translasi, dengan rencana kemunculan di Barat kuartal ketiga 2015 mendatang, dalam bentuk digital.

Yakuza-5-3

Sega dan Sony Computer Entertainment America bekerjasama bukan hanya untuk Yakuza 5 saja, melainkan selama keynote Sony, serial Yakuza akan dibawa ke Barat. Seperti Yakuza 4 dan Yakuza: Dead Souls (keduanya sebelumnya hanya tersedia secara retail dalam bentuk fisik untuk PS3) mengawalinya dirilis secara digital untuk PSN. Sementara itu Yakuza 5 versi bahasa Inggris nantinya akan diterbitkan oleh Atlus. Tidak mengherankan, mengingat Sega tahun lalu membeli Index, induk perusahaan Atlus, dan Atlus umumnya akan menerbitkan judul-judul yang niche seperti serial Yakuza (dan semoga saja membawanya ke Barat sekaligus menaikkan levelnya menjadi mainstream).

Yakuza 5 – Announcement Trailer | PS3

Sega dan Sony Bekerjasama Memboyong Yakuza 5 ke Barat

Semoga saja Yakuza Zero juga ditranslasikan nantinya!

Abaikan

Baca juga:


SHARE
Previous articleBehind the Scene: Yuk Intip Video Diary Pendekar Tongkat Emas
Next articleHanya di Game Dev Gathering 2014, Kamu Bisa Dapat Ilmu Gratis dari Para Ahli!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.