Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014

Semua yang perlu kalian ketahui dari Anime Festival Asia Singapore 2014.

Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014

Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014

Event Anime Festival Asia Singapore 2014 yang berlangsung di Singapore, 5-7 Desember 2014 kemarin berakhirlah sudah. Event anime yang disebut sebagai anime convention terbesar se Asia Tenggara ini sangat ramai dikunjungi setiap harinya. Acara yang dibuka dari hari Jumat jam 9 pagi ini langsung ramai diserbu pengunjung bahkan sebelum pintu event dibuka sekalipun. Dengan semangat mereka berbaris antri dari lantai 3 sampai dengan lantai 4 Suntec Convention Center, tempat event ini diadakan. Begitu pintu dibuka, para pengunjung langsung berlarian menyerbu booth incaran masing-masing.

Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014 Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014

Banyak hal menarik yang bisa ditemukan di event ini. Mulai dari showcase Bandai yang menampilkan Gunpla terbaru mereka, terutama dari seri Gundam Build Fighter Try dan Gundam G Recoquista yang saat ini sedang tayang, dan juga seri Tamashii Nation Bandai yang memajang berbagai jenis SHF mulai dari Kamen Rider Drive yang terbaru, sampai dengan Sailor Moon series. Yang paling unik, di booth Bandai juga kalian bisa menemukan lemari pajangan yang berisikan Gundam RX-78, namun masing-masing dicat ulang dengan motif-motif Gundam lain seperti Build Strike Gundam, Astray Red Frame dan Blue Frame, Hyaku Shiki, dan sebagainya. Memperingati 35 tahun Gundam, merchandise-nya seperti kaos dan gantungan kunci juga dijual di AFA Shop.

Lanjut ke halaman 2...

Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014 Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014

Yang paling mencolok mungkin juga ada booth Idolm@ster, yang bisa kalian temukan langsung setelah masuk. Booth yang memajang character board dari member 765 Pro All-Star ini cukup unik dengan memajang juga baju yang para karakter gunakan ketika tampil di stage. Ada juga booth Good Smile Company, yang menjual berbagai nendoroid limited dengan harga yang cukup terjangkau, dan event mereka yang cukup interaktif, yaitu kalian bisa menggambar faceplate nendoroid sendiri. Hanya dengan membayar 1 SGD atau setara 9400 Rupiah, kamu bisa mendapatkan faceplate kosong yang bisa langsung digambar di tempat dengan berbagai spidol yang sudah disediakan.

Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014 Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014 Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014

Selain itu, banyak booth lain yang bisa kalian temukan di event ini, seperti Megahouse yang memajang koleksi terbarunya, booth Culture Japan yang menjual berbagai merchandise termasuk Smart Doll yang sold out, serta booth agensi seperti Horipro, Starchild, atau Sony Music yang menjual CD dan merchandise para artis, di mana kalian juga berkesempatan untuk mendapatkan autograph dari artis tertentu dengan membeli sesuai dengan jumlah yang sudah ditetapkan. Di booth Asia Anisong Singer Audition, kalian juga bisa menonton orang-orang yang ingin berkaraoke dengan lagu-lagu anime favorit. Juga booth Aniplex, yang menjual merchandise dari anime Sword Art Online dan Fate Stay Night Unlimited Blade Works, dan menawarkan autograph Kawasumi Ayako (seiyuu dari Saber) dan Yoshitsugu Matsuoka (seiyuu Kirito) dengan pembelanjaan 80 SGD.

Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014

Seperti biasa, booth trading card game juga sangat banyak, mulai dari Bushiroad, Wixoss, Force of Will, dan Yu-Gi-Oh. Booth seperti Wixoss dan Force of Will menawarkan banyak promo card menarik dengan mengikuti tutorial mereka, jika kamu tertarik memainkan game tersebut namun tidak tahu caranya. Sedangkan booth seperti Bushiroad yang kali ini membagi area-nya menjadi 3, area turnamen, area merchandise, dan area stage, juga menawarkan autograph dari Love Live dan Idolm@ster untuk pembelian jumlah tertentu, selain menjual trading card game. Di area stage, kalian bisa mendengarkan pengumuman Bushiroad mengenai rilisan-rilisan mereka selanjutnya.

Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014 Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014 Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014 Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014

Yang paling menarik, berbeda, dan untuk pertama kalinya hadir di event Anime Festival Asia ini, adalah area Nico Nico Kunikaigi. Mengapa saya bilang menarik? Karena di area ini, sangat-sangat interaktif, Jika kamu biasanya hanya mengunjungi booth-booth untuk membeli merchandise, di area ini, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Seperti misalnya saja, mencoba Oculus Rift x Sword Art Online, di mana kamu bisa merasakan dive menggunakan nervegear seperti yang Kirito dkk lakukan di animenya, kamu merasakan bagaimana bermain game tersebut dengan pandangan first-person, yang pandangan yang kamu lihat juga akan berubah ketika kamu menoleh ke kanan dan ke kiri, seperti real time. Sangat luar biasa. Hal menarik lainnya adalah Shingeki no Kyojin 3D Manuver Gear Training Ground, di mana kamu bisa mencoba menyeimbangkan diri latihan memakai 3D Manuver Gear seperti di animenya, lengkap dengan helm pengaman dan jaketnya.

Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014 Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014 Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014

Selain itu, juga ada Miku Miku Dance Planetarium, dance stage, solo karaoke room yang bisa dikomentari secara live lewat situs Nico Nico Douga, grafiti wall di mana kamu bisa menulis apapun yang kamu mau, dan yang tidak kalah seru, bisa memainkan game fighting yang cukup favorit di kalangan pencinta anime, Dengeki Bunko Fighting Climax, dan bertanding dengan orang lain. Booth lain yang tidak kalah seru adalah booth PlayStation, yang memajang PS4 limited 20th Anniversary mereka, dan juga berbagai game PS4 dan PSVita yang bisa dicoba di sana, seperti Gundam Breaker 2. Tidak kalah menarik, kalian juga bisa memainkan game-game klasik seperti Metal Slug, Puzzle Fighter dan Street Fighter HD Turbo di booth tersebut.

Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014 Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014 Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014 Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014

Di booth Aniplus yang tampilan utamanya adalah Psycho Pass, kalian juga bisa mencoba hal-hal menarik. Seperti adanya patung lifesize 1:1 dari ketiga karakter seri pertamanya, yaitu Tsunemori Akane, Shinya Kogami, dan Makishima Shogo. Lalu melihat character secret file lewat Oculus Rift yang disediakan, dan yang mungkin paling menarik bagi para penggemar Psycho Pass, adalah adanya replika dari Dominator. Para pengunjung pun berlomba-lomba memegang Dominator tersebut dan berfoto, termasuk saya sendiri yang cukup kagum dengan replika Dominator yang cukup detail tersebut, lengkap dengan LED dan suara dari Sibyl System.

Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014 Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014 Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014 Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014 Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014

AFA yang kali ini bekerja sama dengan Lantis Festival, turut menghadirkan booth-nya. Lantis Festival yang akan diadakan di Singapura bulan Maret 2015 mendatang juga mengumumkan line-up mereka di event tersebut. Segera setelah line-up diumumkan, penjualan tiket pun dibuka, dan cukup banyak diserbu oleh pengunjung, karena dengan membeli tiket di event tersebut, juga bisa mendapatkan autograph dari Hiroshi Kitadani (member JAM Project) dan Azusa Tadokoro. Di sini juga, Hiroshi Kitadani sempat tampil, dan ada juga full screening dari konser Lantis Festival yang sebelumnya. Booth yang cukup mencolok lainnya adalah Volks, yang menjual dollfie dan resin. Cukup jarang bisa mendapatkan dollfie tanpa harus menunggu lama, sehingga meski harganya dipatok sekitar 820 SGD, beberapa dollfie pun tetap ludes.

Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014 Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014 Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014

Creator Hub, bagian di mana kalian menjual karya sendiri juga ada seperti biasa, dan cukup ramai dikunjungi. Ini merupakan bukti bahwa tidak hanya karya dari Jepang, namun cukup banyak orang dari berbagai negara, termasuk Indonesia yang karyanya cukup bagus dan cukup diminati. Di area AFA Future Entertainment yang cukup besar, kalian juga bisa berfoto dengan berbagai macam background yang disediakan oleh Canon, dan langsung dicetak saat itu juga. Tidak hanya itu, tapi ada juga mini stage, di mana beberapa artis seperti Azusa Tadokoro, Ayaka Ohashi, May'n, dan cosplayer seperti Aza Miyuko, Angie, Kaname, dan sebagainya tampil. Juga ada workshop fotografi yang cukup berguna jika kamu ingin membuat foto yang kamu buat terlihat lebih bagus.

Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014 Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014

Secara keseluruhan, menurut saya Anime Festival Asia Singapore 2014 yang paling bagus dan menarik dari event AFA yang sebelumnya pernah ada, jauh lebih menarik, karena adanya banyak hal interaktif seperti di area Nico Nico Kunikaigi dan yang terbesar, karena memakai semua hall yang ada di lantai 4. Sampai dengan hari terakhir, banyak barang yang sold out. Setelah event, malamnya dilanjutkan dengan konser I love Anisong selama 3 hari, yang menampilkan berbagai artis dan seiyuu yang cukup ternama, seperti DJ Kazu, Angela, Yui Horie, Eri Kitamura, fripSide, LiSA, The Idolm@ster, yanaginagi, May'n, Flow, Aoi Eir, Root Five, dan Garnidelia. Konser hari Sabtu untuk semua tier sold out, yang disebabkan oleh tampilnya The Idolm@ster, meski tidak dengan full-team.

Liputan Lengkap Anime Festival Asia Singapore 2014

Untuk impresi konser, akan dibahas di artikel selanjutnya. Untuk tahun 2015 sendiri, pihak Sozo sudah memberi konfirmasi, bahwa selain ada Anime Festival Asia Thailand 2015 x Bangkok Comic Con 2015 pada tanggal 30 April-30 Mei 2015, nantinya juga akan diadakan Anime Festival Asia Indonesia 2015 x Jakarta Comic Con 2015.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU