Samsung Gear VR Mulai Dijual, Ubah Galaxy Note 4 Menjadi Perangkat Virtual

duniaku-gearvr-2

Kita sudah mengetahuinya jika virtual reality akan menjadi salah satu yang besar di industri game di masa datang (baca: Tren Video Game: Virtual Reality, Nikmati Game Melalui “Mata yang Baru”), dan satu nama yang mempopulerkannya adalah headset VR Oculus Rift. Kemudian kita juga sempat memergoki ketika Samsung rupanya terlibat dalam pengembangan perangkat virtual tersebut (baca: Membongkar Rahasia Virtual Reality, Oculus Rift Terbukti Gunakan Layar Samsung Galaxy Note 3), dan mereka ternyata juga menyiapkan perangkat yang sama, khusus untuk smartphone Galaxy Note 4. Meskipun Oculus Rift lahir lebih awal, namun Samsung lebih cepat.

Samsung-Gear-VR-1

Kemarin mereka mulai menjual headset VR khusus game mobile tersebut di Amerika, sesuai dengan prediksi sebelumnya sebelum tahun 2014 berakhir (baca: Developer Monument Valley Perlihatkan Wujud Virtual Reality Dalam Samsung Gear VR). Harga yang dipatok pun juga sesuai dengan rumor sebelumnya. Samsung Gear VR Innovator Edition (sebutan untuk varian awal Gear VR yang dijual ini) ditawarkan dengan harga US $199.99, atau sekitar Rp. 2,5 jutaan. Tambahkan dengan harga  Galaxy Note 4 yang resmi dibanderol Rp. 9,499,000 di Indonesia (baca: Cari Tahu Di Sini, Mana yang Beri Cashback Terbesar Untuk Galaxy Note 4!), maka seharusnya kalian membutuhkan dana setidaknya Rp. 12 juta untuk bisa merasakan sensasi VR melalui perangkat mobile. Dan beberapa game diantaranya yang sudah dipastikan masuk Samsung Gear VR bisa kalian baca di sini: Siapkan Duit Rp. 12 Juta Untuk Mainkan Game Virtual Reality Eksklusif Dari Samsung.

Samsung-Gear-VR-2

Meskipun dengan harga setara Oculus Rift, namun Samsung Gear VR ini sebenarnya sekadar “kacamata canggih,” karena seluruh kekuatan proses menghasilkan visual yang terproyeksi melalui layar di headset tersebut dilakukan oleh Galaxy Note 4. Dan sejauh ini, hanya phablet itu saja yang kompatibel, karena Samsung memang menyiapkan dudukannya khusus untuk ukuran Galaxy Note Kabarnya, Samsung juga akan menyiapkan Gear VR untuk smartphone mereka lainnya. Membuat kami heram, kenapa mereka tidak membuat satu Gear VR saja, namun dengan opsi fleksibel mengganti dudukannya agar bisa kompatibel dengan Galaxy lain, seperti yang dilakukan Zeiss VR One ini (baca: Carl Menonjok Muka Samsung Menggunakan Zeiss VR One!).

Samsung-Gear-VR-3

Gear VR Innovator Edition yang memiliki banyak konten bagi para early adopter ini ditawarkan melalui Samsung.com dan operator ATT.com. Keduanya dipatok dengan harga yang sama. Developer yang membelinya juga bisa mengunduh Oculus Mobile SDK untuk membantunya mengembangkan game virtual untuk headset tersebut. Dirilisnya Gear VR di Amerika, sepertinya akan membuka peluang lebih cepat perangkat virtual ini masuk ke wilayah lain, termasuk Indonesia.


SHARE
Previous articlePak Jokowi dan Pak Ahok Muncul di Komik Volt!
Next articleThe Simpsons Semarakkan Natal ala Disney Frozen
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.